3 Kelebihan TKI yang Jadi Favorit di Luar Negeri

kelebihan TKI

Banyak warga negara Indonesia yang memilih untuk bekerja menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Namun, dahulu profesi TKI menjadi pekerjaan yang selalu diremehkan oleh segelintir orang dengan anggapan bahwa menjadi TKI adalah pekerjaan yang buruh dan rendah. Namun saat ini anggapan tersebut sudah berbeda, profesi sebagai TKI justru sangat disukai oleh banyak orang Indonesia. Beberapa negara juga membutuhkan TKI yang ingin bersungguh-sungguh untuk bekerja di negaranya, terutama di negara Malaysia dan Singapura. Fakta ini dapat dilihat dari banyaknya penerimaan tenaga kerja Indonesia di kedua negara tersebut. Tingginya angka penerimaan TKI di luar negeri terutama di Malaysia menjadi kelebihan TKI yang harus ditanggapi secara positif.

Selain negara Malaysia yang memiliki minat dengan para TKI karena kelebihannya. Dari sisi TKI sendiri banyak yang memilih bekerja atau merantau ke Malaysia karena jarak yang tidak terlalu jauh. Sehingga para tenaga kerja tersebut tetap bisa memantau keadaan keluarga mereka.

Tentunya negara Malaysia dan Singapura tersebut mempunyai alasan tertentu mengapa memilih TKI untuk bekerja di negaranya. Hal ini dapat diketahui dari jajaran pemerintah, pengusaha bahkan masyarakat dari negara tersebut yang mengakui akan kehebatan TKI. Hal ini juga berlaku di semua sektor pekerjaan. Tidak hanya bekerja menjadi asisten rumah tangga, melainkan di perusahaan. Banyak perusahaan yang lebih mengutamakan orang Indonesia untuk bekerja. Berikut kelebihan TKI yang disukai ketika bekerja dari luar negeri.

Beberapa Kelebihan TKI yang Bekerja di Luar Negeri

TKI Lebih Rajin dan Tekun 

TKI rajin - 3 Kelebihan TKI yang Jadi Favorit di Luar Negeri

Dengan sikap yang dimiliki tekun oleh TKI, membuat negara tujuan seperti Malaysia menyukai keberadaan mereka dibanding pekerja dari negara lain. Selain itu, orang Indonesia memiliki mental yang kuat. Sehingga dengan banyaknya pekerjaan yang diberikan para TKI jarang sekali mengeluh. Satu hal lagi yang paling disukai adalah orang Indonesia dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Perilaku sopan santun yang selalu dibawa ke manapun dan di manapun mereka berada merupakan kelebihan TKI yang sangat disukai oleh negara tujuan mereka bekerja.

Memiliki Kemiripan Bahasa

bahasa - 3 Kelebihan TKI yang Jadi Favorit di Luar Negeri

Sumber: www. IDNtimes.com

Memiliki latar belakang budaya yang sama juga menjadi nilai tambah untuk TKI di Malaysia. Adanya budaya yang sama membuat mereka dapat berkomunikasi dengan baik. Sama halnya dengan Singapura. Mereka juga dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Melayu. Kenyataan ini membuat TKI lebih mudah dalam memahami dan menjalin kerjasama dalam segala situasi. Tidak heran bila negara seperti Malaysia maupun Singapura sangat menyukai kelebihan TKI yang satu ini.

Latar Belakang Budaya yang Hampir Sama

asia - 3 Kelebihan TKI yang Jadi Favorit di Luar Negeri

Sumber: www. kompas.com

Malaysia dan Singapura memiliki budaya yang tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Hanya saja budaya tersebut terkadang tidak sama persis dengan yang ada Indonesia. Orang Indonesia terkenal dengan sikapnya yang ramah. Terkadang TKI suka menyapa orang dengan memberi senyuman. Hal ini menjadi suatu hal positif bagi kedua negara tersebut. Sehingga Indonesia menjadi prioritas utama sebagai pekerja TKI yang diutamakan di negara-negara tersebut.

Dari beberapa alasan-alasan di atas ternyata banyak sekali kelebihan TKI yang membuat mereka disukai. Baik Malaysia dan Singapura akan selalu mencari TKI untuk membantu pekerjaan mereka. Menjadi pekerja TKI ternyata tidak serendah dan menyeramkan seperti yang Anda pikirkan. Justru dengan kelebihan TKI ini memberi nilai tambah dari negara asing dalam menilai perilaku orang Indonesia.

Mengatasi Masalah Keuangan dengan Aplikasi Qelola

Oleh karena banyaknya pekerja Indonesia yang berada di Malaysia, maka terciptalah aplikasi keuangan Qelola. Apa itu Qelola? Qelola adalah aplikasi mobile yang dapat membantu pekerja migran seperti TKI yang bekerja di luar negeri untuk mengelola dana mereka di negara asalnya secara efektif di mana saja kapan saja. Dengan adanya Qelola membuat para TKI semakin mudah dalam bertransaksi. Aplikasi Qelola merupakan aplikasi seluler yang baru didirikan sejak 2019.

Tujuan utama dari aplikasi Qelola adalah membantu pekerja TKI yang bekerja di luar negeri untuk mengelola keuangan mereka. Dengan adanya aplikasi tersebut, maka mereka akan memiliki perencanaan keuangan yang siap setelah kembali ke negara asal mereka. Tentunya selain investasi, Anda juga mendapat berbagai manfaat keuangan lain dalam aplikasi ini. Anda dapat melakukan transfer domestik dan internasional lebih cepat dan lebih murah. Selain itu Qelola juga menawarkan Anda instrumen multi-keuangan di aplikasi ini. Terdapat juga manajemen investasi. Di mana Anda dengan mudah mengelola dana Anda, baik untuk pengeluaran bahkan untuk tabungan dan investasi. Terakhir, Qelola menyediakan opsi pembayaran multi-penagihan lengkap dalam satu aplikasi tunggal.

Banyakanya fitur-fitur yang dimiliki di Qelola pastinya akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan masalah keuangan. Anda dapat mengunduh aplikasi Qelola di gadget Anda melalui App Store atau Play Store. Segera download aplikasi Qelola untuk memudahkan Anda selama bekerja. Ingat!, kelebihan Anda sebagai TKI dan aplikasi Qelola akan membuat hidup Anda di luar negeri lebih mudah.

 

Tags: , , , , , , ,