Syarat dan Prosedur Menjadi TKI yang Sah, Simple dan Mudah Lho!

Prosedur Menjadi TKI

Bekerja di luar negeri hingga saat ini banyak dijadikan pilihan oleh orang Indonesia. Selain karena dapat memiliki pengalaman berbeda dalam bekerja, upah juga menjadi salah satu faktor penarik yang membuat opsi ini populer. Namun demikian sebelum Anda bekerja, tentu ada hal yang harus diperhatikan. Anda harus memahami dan menjalani setiap prosedur menjadi TKI yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Apakah prosedur ini sulit? Tentu saja tidak. Berbagai kemudahan diberikan oleh pemerintah jika Anda ingin bekerja di luar negeri. Kemudahan ini diberikan sebab ketika Anda berstatus TKI, Anda juga akan membantu perekonomian negara dengan devisa yang Anda berikan.

Nah kali ini akan sedikit dijabarkan mengenai syarat dan prosedur menjadi TKI untuk negara tetangga, Malaysia. Malaysia menjadi tujuan populer karena nuansa yang berbeda namun tidak berlokasi terlalu jauh dari Indonesia. Apa saja syarat dan prosedur yang harus Anda jalani? Berikut penjelasannya.

Syarat Menjadi TKI di Malaysia

Untitled design 5 1 - Syarat dan Prosedur Menjadi TKI yang Sah, Simple dan Mudah Lho!

Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi sebelum Anda bisa menjadi TKI di negara Malaysia, diantaranya adalah sebagai berikut”

  • Memiliki paspor Indonesia yang masih berlaku dan berumur 18 tahun hingga 38 tahun.
  • Datang secara sah ke negara Malaysia melalui Pemerintah Indonesia atau perusahaan resmi yang terdaftar di Departemen Tenaga Kerja Republik Indonesia.
  • Menandatangani kontrak kerja dengan majikan atau perusahaan.
  • Melalui tes kesehatan dan lolos, biaya tes kesehatan nantinya dibebankan pada majikan atau perusahaan.
  • Memiliki permit kerja yang diurus oleh majikan atau perusahaan dan membayar biaya administrasi setiap tahun.
  • Memiliki Kartu Pengenalan Pekerja Asing yang diurus oleh majikan atau perusahaan sebagai kartu identitas pekerja Indonesia di Malaysia.
  • Bekerja di tempat yang sesuai dengan yang tercantum di permit kerja.
  • Ikut dalam program asuransi di Malaysia.

Syarat-syarat di atas harus dipenuhi oleh Anda yang ingin bekerja di Malaysia sehingga Anda memiliki status TKI yang sah. Status sah ini sangat penting untuk menjamin hak Anda ketika bekerja di Malaysia, dan memudahkan pemerintah RI melacak dan membantu keperluan yang Anda butuhkan selama berada di Malaysia sesuai dengan peraturan.

 

Setelah memahami syarat yang harus dipenuhi, berikutnya Anda juga perlu mengetahui dengan rinci cara atau prosedur menjadi TKI yang sah. Berikut penjelasannya.

Cara Menjadi TKI yang Sah

Untitled design 4 1 - Syarat dan Prosedur Menjadi TKI yang Sah, Simple dan Mudah Lho!

Cari PPTKIS yang Terdaftar

PPTKIS adalah Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta yang memiliki badan hukum resmi dan izin tertulis dari pemerintah. Pastikan PPTKIS yang Anda gunakan telah terdaftar di Depnaker dan berstatus resmi.

Penyuluhan Awal

Tahap awal yang harus dilalui adalah mengikuti penyuluhan yang dilakukan oleh PPTKIS dan Disnaker wilayah. Penyuluhan yang diberikan akan berisi tentang cara menjadi TKI, berkas yang diperlukan dan langkah yang harus Anda lakukan.

Prosedur Menjadi TKI Selanjutnya adalah Mendaftar

Anda bisa mendaftarkan diri ke Disnaker kabupaten atau kota di mana Anda tinggal. Setelah terdaftar, lakukan proses seleksi yang dilakukan. Upayakan untuk mendapat nilai maksimal agar Anda dapat menunjukkan kapasitas Anda sebagai seorang pekerja berkualitas.

Perjanjian Kerja

Untitled design 7 1 - Syarat dan Prosedur Menjadi TKI yang Sah, Simple dan Mudah Lho!

Setelah melewati tes dan lolos, Anda akan mendapatkan surat kontrak atau perjanjian kerja. Anda harus mencermati benar berkas ini dan memastikan memahami setiap poin yang tercantum. Berkas ini akan menjadi pegangan utama Anda dalam bekerja di Malaysia.

Pembekalan Akhir TKI

Setelah memahami isi dokumen surat perjanjian kerja, Anda akan mengikuti tahapan Pelatihan Akhir Pemberangkatan dari BP3TKI atau LP3TKI atau P4TKI. Pelatihan ini berisi tentang persiapan akhir sebelum Anda benar-benar berangkat.

Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri atau Berkas Sejenis

Kepemilikan KTKLN atau berkas sejenis sangat penting ketika Anda menjadi TKI nantinya. Berkas ini menunjukkan informasi mengenai diri Anda secara umum, mulai dari alamat, orang tua, pekerjaan, mitra kerja, paspor, perjanjian, sidik jari, dan kontrak kerja.

Melapor ke Perwakilan Indonesia di Malaysia

Sesaat setelah Anda tiba di Malaysia, Anda diwajibkan melaporkan diri ke perwakilan Indonesia yang ada di Malaysia. Prosedur menjadi TKI yang satu ini perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi data yang dimiliki oleh perwakilan Indonesia mengenai TKI yang ada di Malaysia untuk memudahkan berbagai urusan di masa yang akan datang.

 

Setelah menyimak syarat dan prosedur menjadi TKI di atas, bagaimana pendapat Anda? Sederhana dan tidak sulit bukan? Tentu berkas dan proses yang dilalui mungkin banyak dan panjang. Namun demi menjamin terpenuhinya hak Anda sebagai TKI, hal ini sangat diperlukan.

Pemahaman akan prosedur menjadi TKI adalah langkah awal yang perlu Anda perhatikan secara cermat. Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara Anda mentransfer gaji yang didapatkan agar dapat diterima oleh keluarga di Indonesia dan digunakan sesuai keperluan. Tak perlu pusing untuk hal ini, karena kini telah hadir layanan Qelola. Qelola hadir untuk menjadi partner Anda dalam mentransfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Selain mentransfer, Qelola juga dapat membantu Anda dalam pembayaran tagihan rutin keluarga di Indonesia, seperti listrik, PDAM, dan BPJS secara langsung. Unduh aplikasinya di sini dan maksimalkan fitur yang ada!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,