Super Gampang! Begini Cara Bayar Tagihan Pulsa Pascabayar

tagihan pulsa

Tingginya kebutuhan komunikasi berbanding lurus dengan meningkatnya kebutuhan pulsa dan paket data internet. Untuk itu, layanan pascabayar hadir sebagai sistem yang memungkinkan Anda untuk menggunakan layanan telekomunikasi tanpa perlu khawatir kehabisan pulsa. Pembayaran tagihan pulsa pun sangat mudah Anda lakukan. Sebelum membahas tentang bagaimana cara cek dan bayar tagihan pulsa atau tagihan telepon, sebaiknya Anda memahami apa itu layanan pascabayar. Dan apa saja keunggulan pascabayar jika dibandingkan dengan prabayar?

Baca juga: Dari Mana Saja, Cek Saldo Jamsostek Online Lebih Praktis

Apa itu Layanan Pascabayar?

Pascabayar merupakan sebuah sistem yang memungkinkan Anda untuk menggunakan layanan tanpa harus melakukan pembayaran di awal. Biasanya, istilah pascabayar banyak digunakan oleh provider atau operator kartu SIM untuk menawarkan layanan telekomunikasinya.

Bagi Anda yang menggunakan sistem pascabayar, Anda bisa menikmati berbagai layanan telekomunikasi tanpa perlu khawatir akan kehabisan pulsa. Tagihan pulsa yang sudah Anda gunakan akan ditagih setiap akhir atau awal bulan sesuai ketentuan. Biasanya, layanan pascabayar memiliki masa aktif selama 30 hari yang disebut juga dengan billing cycle.

Yang lebih menarik, mayoritas operator biasanya menyediakan fitur pengecekan pemakaian pulsa sehingga membantu Anda sebagai pengguna untuk meminimalisir terjadinya risiko tagihan yang membengkak. Tidak hanya itu, Anda sebagai pengguna layanan pascabayar juga bisa meminta rincian tagihan pulsa kepada operator untuk mengetahui transaksi selama 30 hari. Sehingga Anda akan mengetahui apa yang menjadi pengeluaran paling besar.

Kelebihan Layanan Pascabayar

tagihan pulsa 1 - Super Gampang! Begini Cara Bayar Tagihan Pulsa Pascabayar

Jika dibandingkan dengan sistem prabayar, layanan pascabayar memiliki berbagai kelebihan tersendiri. Berikut ini beberapa keunggulan pascabayar yang dapat Anda nikmati:

  1. Tidak perlu khawatir akan kehabisan pulsa. Anda bisa menggunakan berbagai layanan telekomunikasi secara lebih leluasa. Dengan pemakaian yang tidak berbatas, maka kebutuhan komunikasi sehari-hari pun bisa terpenuhi secara optimal.
  2. Mendapatkan layanan prioritas. .Layanan ini biasanya berupa prioritas di call center, gerai operator, hingga penanganan komplain yang lebih cepat. Dengan prioritas pelayanan, maka Anda akan merasa istimewa sebagai pelanggan.
  3. Biasanya memiliki promo dan mendapatkan poin yang lebih banyak. Misalnya, untuk setiap panggilan telepon selama beberapa menit, Anda akan mendapatkan poin dengan jumlah lebih banyak dari pelanggan prabayar. Poin-poin ini nantinya bisa Anda tukarkan dengan berbagai penawaran menarik seperti voucher belanja atau diskon.
  4. Lebih mudah mengganti kartu jika terjadi kartu hilang.

Jika kartu pascabayar hilang, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan seluruh kontak. Karena identitas Anda sudah tersimpan di dalam database operator, sehingga bisa mengganti kartu SIM dengan mudah. Bahkan, Anda masih bisa mendapatkan kartu SIM dengan nomor yang sama lho.

Cek dan Bayar Tagihan Secara Online

tagihan pulsa 2 - Super Gampang! Begini Cara Bayar Tagihan Pulsa Pascabayar

Bagaimana, Anda tertarik untuk menggunakan layanan pascabayar? Anda bisa segera melakukan pendaftaran ke operator pilihan Anda. Atau jika Anda selama ini sudah menggunakan layanan pascabayar, berikut ini ada cara mudah untuk cek dan bayar tagihannya. Caranya adalah Anda bisa memanfaatkan sistem online.

Selain secara konvensional, pembayaran tagihan pulsa pascabayar juga dapat dilakukan secara online. Pembayaran tagihan yang dilakukan secara online memiliki keuntungan tersendiri, yaitu sebagai berikut:

  • Proses yang praktis dan mudah. Melakukan pembayaran tagihan pascabayar secara online melalui aplikasi membuat Anda tidak perlu repot pergi keluar rumah karena proses transaksi bisa dilakukan melalui smartphone Anda. Pastinya, Anda tidak perlu mengantri untuk dapat melakukan pembayaran tagihan pulsa.
  • Proses yang cepat. Hanya berselang beberapa saat sejak proses pembayaran dilakukan, Anda sudah dapat menyaksikan tagihan Anda terbayar dengan cepat.
  • Transaksi yang jelas. Anda tidak perlu khawatir, karena membayar tagihan pascabayar secara online melalui aplikasi juga memiliki bukti pembayaran. Jadi, jika sewaktu-waktu proses pembayaran tagihan pulsa yang Anda lakukan mengalami kendala, maka Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran tersebut agar proses transaksi dapat diselesaikan.

Memilih Aplikasi Pembayaran yang Tepat

tagihan pulsa 3 - Super Gampang! Begini Cara Bayar Tagihan Pulsa Pascabayar

Jika aktivitas komunikasi Anda cukup tinggi, menggunakan layanan pascabayar memang merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan pulsa saat dalam kondisi penting ataupun darurat. Anda tidak perlu bingung mengenai cara pembayarannya, karena Anda bisa membayar tagihan pulsa dengan praktis melalui aplikasi. Jadi, komunikasi Anda akan tetap lancar setiap saat.

Namun Anda harus pastikan bahwa aplikasi yang Anda pilih adalah aplikasi yang terpercaya dan sudah terjamin keamanannya. Jika Anda sembarang dalam memilih aplikasi, bisa jadi Anda akan dirugikan. Mengingat setiap proses transaksi membutuhkan informasi data diri dan kartu perbankan milik Anda. Apa jadinya jika informasi pribadi tersebut justru disalahgunakan?

Baca juga: Qelola, Aplikasi Pembayaran Digital Terbaik di Malaysia

Sama halnya dengan aplikasi pembayaran digital yang saat ini semakin populer di Malaysia. Aplikasi ini mengutamakan keamanan dan kenyamanan Anda sebagai pengguna. Apalagi jika bukan Qelola. Aplikasi Qelola didesain khusus yang sangat cocok digunakan para TKI di Malaysia. Segala kemudahan bertransaksi baik domestik maupun internasional dapat Anda lakukan dalam genggaman. Anda hanya perlu unduh dan install aplikasinya pada smartphone pribadi Anda. Pendaftaran akun Qelola juga tidak dipungut biaya alias gratis, jadi Anda tidak akan terbebani. Tunggu apalagi? Kirim uang ke luar negeri, bayar tagihan ini-itu, selesaikan dengan Qelola saja!

Tags: , , , , , , , , ,