Berapa Biaya Pembuatan Paspor? Inilah Rinciannya untuk Anda!

biaya pembuatan paspor

Paspor merupakan dokumen penting yang harus dibawa ketika sedang melakukan perjalanan ke luar negeri. Dokumen ini penting digunakan sebagai identitas internasional yang akan dicek saat berada di imigrasi negara tujuan. Identitas yang tercantum di dalam paspor meliputi nama, tempat dan tanggal lahir, foto, tanda tangan serta asal negara pemilik. Masa berlaku paspor selama 5 tahun dan dapat digunakan hingga berkali-kali. Sebelum membuat paspor, Anda mungkin bertanya-tanya berapakah biaya pembuatan paspor yang harus dikeluarkan oleh pemohon? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini. Check this out!

Berapakah Biaya Pembuatan Paspor Terbaru?

photo 1532188142562 df556b861e6a?ixlib=rb 1.2 - Berapa Biaya Pembuatan Paspor? Inilah Rinciannya untuk Anda!

Bagi Anda yang akan berpergian atau mengunjungi suatu negara, tentunya membutuhkan paspor sebagai tanda pengenal yang diakui seluruh dunia. Sebelum mengajukan pembuatan paspor, Anda juga harus tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat paspor dan segera mempersiapkan biaya tersebut. 

Tarif biaya pembuatan paspor telah diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Tarif dan Biaya Beban Penerimaan Buku Pajak di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Pada peraturan pemerintah tersebut, terdapat 4 jenis biaya pembuatan paspor yang perlu Anda ketahui.

Pembuatan paspor biasa untuk pendaftar baru (48 halaman) = Rp350.000

Paspor elektronik (e-passport) = Rp650.000

Pembuatan paspor hilang (dihitung per buku) = Rp1.000.000

Penggantian paspor rusak (dihitung per buku) = Rp500.000

Berdasarkan PP Nomor 28 Tahun 2019 juga disebutkan bahwa buku paspor dengan jumlah 24 halaman sudah tidak diberlakukan untuk pendaftar baru. Kini seluruh proses pembuatan paspor baru diharuskan membuat dengan jumlah 48 halaman dengan masa berlaku hingga 5 tahun berikutnya. Biaya perpanjangan paspor yang dikenakan juga sama dengan biaya pembuatan paspor.

Alasan Penggantian Paspor

Tercantum Pasal 66 ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Alasan penggantian paspor dapat dikabulkan apabila masa berlaku sudah atau akan habis, paspor hilang, paspor rusak, dan halaman paspor penuh.

Metode Pembayaran dalam Pembuatan Paspor

pexels photo 346793 - Berapa Biaya Pembuatan Paspor? Inilah Rinciannya untuk Anda!

Selain melalui teller bank, kantor pos atau mesin EDC, biaya pembuatan paspor dapat dibayarkan melalui gerai ATM dan Internet Banking. Anda dapat mengikuti pedoman singkat pembayaran via ATM dan Internet Banking berikut ini sesuai dengan jenis bank. Setelah selesai membayar, simpan bukti pembayaran berupa struk atau resi dengan baik dan serahkan pada saat pengambilan paspor di Kantor Imigrasi.

Pembayaran via ATM

1. Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia)

  • Pilih “Transaksi lainnya atau Pembayaran” > “Lainnya”
  • Pilih “MPN” > Masukkan kode MPN G2

2. Bank Mandiri

  • Pilih “Bayar atau Beli” > “Penerimaan Negara” > “Pajak atau PNBP atau Cukai”
  • Masukkan kode MPN G2
  • Konfirmasi pembayaran dan klik pada angka 1

3. Bank BNI (Bank Negara Indonesia)

  • Pilih menu “Lainnya” > “Pembayaran” > “Pajak atau Penerimaan Negara”
  • Pilih “Pajak atau PNBP atau Bea & Cukai”
  • Masukkan kode MPN G2

4. Bank BCA (Bank Central of Asia)

  • Pilih “Pembayaran”
  • Pilih “MPN atau Pajak” > pilih “Penerimaan Negara”
  • Masukkan kode MPN G2

Pembayaran Paspor via Internet Banking

1. BRI Internet Banking

  • Buka BRI Internet Banking, login menggunakan username dan password
  • Pilih menu “Pembayaran Tagihan” > “Pembayaran MPN”
  • Pilih rekening > masukkan ID Billing pembayaran MPN > “Kirim”
  • Review pembayaran MPN > tekan “Permintaan Token”, yang akan dikirimkan melalui SMS > masukkan password internet banking dan m-Token > Tekan tombol “Kirim” > ID Billing MPN telah terbayarkan.

2. Bank Negara Indonesia (BNI)

  • Login
  • Pilih menu “Transaksi” > “Pembelian/Pembayaran” > “Pembayaran Tagihan” > “Penerimaan Negara” > “Pajak/PNBP/Cukai”
  • Pilih nama biller (Ditjen Pajak/Ditjen Anggaran/Ditjen Bea Cukai) > input nomor Kode Billing > Mata Uang > Rekening Debet
  • Verifikasi data Billing > Bayar dengan input password dari token
  • Download bukti bayar sebagai Bukti Penerimaan Negara (BPN)

3. KlikBCA

  • Login di KlikBCA
  • Pilih menu: “Pembayaran” > “Pajak” > “Penerimaan Negara” > “Kode Billing” > “Sumber Dananya”
  • Tekan tombol “Cetak” untuk mencetak Bukti Penerimaan Negara (BPN)

4. Mandiri Online

  • Login
  • Pilih “Menu Bayar” > pilih menu “Penerimaan Negara” > pilih nomor rekening sumber > pilih penyedia jasa “Pajak/PNBP/Cukai” > masukkan Kode Billing
  • Muncul konfirmasi nama pembayaran, klik “Konfirmasi” > pilih “Lanjut” > muncul layar konfirmasi > input MPIN > muncul resi dan cetak bukti bayar

Biaya Pembuatan Paspor untuk TKI Gratis, Benarkah?

portrait happy cheerful holding international passport isolated 171337 6649 - Berapa Biaya Pembuatan Paspor? Inilah Rinciannya untuk Anda!

Pemerintah terus berupaya memperketat penerbitan paspor untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Upaya ini dilakukan untuk mencegah perekrutan TKI ilegal bekerja di luar negeri. Salah satunya dengan menggratiskan biaya dalam pembuatan paspor baru untuk TKI dan hanya dikhususkan bagi TKI melalui jalur legal. Alasan pembebasan biaya tersebut adalah karena TKI telah berkontribusi besar terhadap pemasukan devisa ke negara. Sebenarnya pemerintah telah menggratiskan pengurusan paspor pertama 24 halaman terhitung mulai dari 15 November 2010. Kebijakan ini sayangnya belum banyak diketahui oleh TKI. Penggratisan paspor TKI telah tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Imigrasi Nomor : F-459.12.03.02 Tahun 1997 tentang Surat Perjalanan Republik Indonesia. 

Perlu Anda ketahui bahwa penggratisan paspor TKI hanya berlaku untuk 24 halaman. Paspor dengan 48 halaman dapat dibuat oleh TKI dengan menanggung biaya pembuatannya sendiri karena tergolong Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Secara umum memang tidak ada perbedaan antara paspor umum dengan paspor untuk bekerja di luar negeri. Perlu diluruskan bahwa tidak ada paspor khusus untuk TKI yang diterbitkan oleh instansi manapun di Republik Indonesia. Cara pembuatan paspor untuk TKI tidak perlu repot. Apabila pemohon telah melampirkan dokumen asli secara lengkap, maka proses pembuatan paspor langsung berjalan. Pemohon bertanggung jawab secara penuh terhadap keabsahan dokumen yang dilampirkan saat membuat paspor. Jika diketahui terdapat penipuan data oleh pihak imigrasi, maka paspor bersangkutan akan dicekal untuk kepentingan hukum.

Persiapkan Biayanya dan Segera Buatlah Paspor

top view passport with flight tickets 23 2148315677 - Berapa Biaya Pembuatan Paspor? Inilah Rinciannya untuk Anda!

Pastikan Anda mengetahui biaya pembuatan paspor dengan benar dan lengkap. Membuat paspor kini dapat dilakukan secara online. Paspor sangat penting digunakan ketika Anda pergi ke suatu negara untuk tujuan bekerja, sekolah, liburan, dan sebagainya. Jika Anda memilih Malaysia sebagai negara tujuan bekerja, aplikasi Qelola dapat membantu Anda merencanakan dan mengelola keuangan selama di luar negeri. Pengiriman uang dan pembayaran tagihan keluarga Anda di tanah air sangat mudah dilakukan hanya melalui smartphone Anda. Menyenangkan bukan? Unduh dan install aplikasi Qelola melalui App Store pada smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , ,