Memanfaatkan Layanan PLN dan Tips Bayar Listrik Online

layanan pln

Dalam kehidupan sehari-hari, tidak jarang kita mengalami gangguan atau hal-hal yang tidak diinginkan terkait pemakaian listrik. Misalnya, sering terjadi listrik padam di daerah tertentu, terjadi listrik padam mendadak di rumah atau tempat kerja, dan masih banyak lagi. Gangguan listrik ada beberapa jenis, seperti yang akan dijelaskan di bawah. Namun bisa jadi sebenarnya Anda sedang mendapatkan sanksi pemadaman listrik sementara karena terlambat bayar tagihan listrik. Apapun alasannya, jika Anda pernah mengalami gangguan listrik semacam itu, Anda tidak perlu khawatir. Karena pihak PLN telah menyediakan layanan PLN yang bisa diakses kapan dan di mana saja selama 24 jam.

Kebutuhan Listrik Sehari-hari

Untitled design 20 - Memanfaatkan Layanan PLN dan Tips Bayar Listrik Online

Yang berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan listrik Anda sehari-hari adalah PLN. Apa jadinya jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi dengan baik? Tentu saja Anda akan merasa kerepotan tanpa ada penerangan lampu di malam hari, tidak bisa mengisi daya gadget, tidak bisa menggunakan alat elektronik, dan lain sebagainya.

Apa lagi di era yang serba digital seperti sekarang ini, tenaga listrik menjadi salah satu kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi. Daripada Anda uring-uringan tidak jelas saat mengalami gangguan listrik, Anda bisa memanfaatkan layanan PLN yang ada. Pihak PLN telah berusaha keras agar kepuasan pelanggan termasuk Anda senantiasa terjaga. Salah satu cara yang dilakukan dalam upaya menjaga kualitas pelayanannya adalah dengan mengeluarkan nomor call center yang dikenal dengan PLN 123. Dengan adanya layanan tersebut, Anda sebagai pelanggan dapat melakukan pengaduan atau mendapatkan informasi tentang listrik yang terbaru.

Jenis-Jenis Gangguan Listrik

layanan pln2 - Memanfaatkan Layanan PLN dan Tips Bayar Listrik Online

Sebagian orang mungkin akan bertanya-tanya apa yang sebenarnya sedang terjadi saat mengalami pemadaman listrik. Apakah Anda salah satu diantaranya? Nah, berikut ini ada beberapa jenis gangguan listrik yang perlu Anda ketahui. Beberapa jenis gangguan tersebut bahkan bisa sangat mengganggu kegiatan yang sedang dilakukan oleh masyarakat. Terlebih jika masalah kelistrikan terjadi pada saat malam hari.

1. Power Failure

Jenis gangguan listrik yang mungkin sering terjadi adalah power failure. Jenis gangguan listrik inilah yang disebut dengan istilah mati lampu. Penyebab dari gangguan listrik ini adalah hilangnya sumber listrik dari mesin utama atau mesin pusat.

2. Power Surge

Gangguan listrik lainnya adalah power surge. Power surge terjadi saat voltase listrik secara tiba-tiba meningkat hingga 2 kali lipat. Salah satu yang menjadi penyebab utama dari gangguan listrik ini adalah sambaran petir dan semacamnya.

3. Power SAG

Jenis gangguan listrik selanjutnya adalah power SAG. Jika power surge terjadi saat voltase listrik mendadak tinggi, sementara power SAG terjadi saat voltase turun hingga sebanyak 80%. Penyebab dari gangguan listrik ini adalah penggunaan listrik yang melebihi daya yang telah terpasang di rumah atau di kantor.

4. Over Voltage dan Under Voltage

Jenis gangguan listrik yang  satu ini adalah gangguan listrik yang jarang disadari oleh para pengguna. Karena tidak menyebabkan gangguan listrik seperti mati lampu. Gangguan listrik ini biasanya baru diketahui setelah berlangsung selama beberapa waktu. Jika terlalu lama dibiarkan, maka gangguan listrik jenis ini dapat membuat peralatan elektronik cepat rusak.

5. Electrical Line Noise

Gangguan listrik juga bisa saja terjadi karena adanya gelombang listrik yang tidak tepat. Gangguan listrik karena adanya gelombang listrik ini biasanya disebut dengan electrical line noise. Penyebabnya adalah karena adanya sambaran petir, frekuensi radio, hingga pemasangan listrik yang kurang tepat.

6. Switching Transient

Yang terakhir adalah switching transient. Switching transient ini terjadi saat voltase mengalami penurunan dalam waktu yang sangat cepat. Biasanya, gangguan listrik jenis ini hanya terjadi dalam beberapa nano detik saja dan tidak terlalu mengganggu aktivitas para pengguna.

Pemadaman Listrik Akibat Telat Bayar

layanan pln - Memanfaatkan Layanan PLN dan Tips Bayar Listrik Online

Terjadinya pemadaman listrik pada umumnya memang disebabkan oleh beberapa jenis gangguan listrik seperti yang telah disebutkan di atas. Namun Anda juga bisa jadi mengalami listrik padam bukan karena gangguan tersebut, tapi karena pemadaman listrik dilakukan secara sengaja oleh pihak PLN. Alasannya adalah karena Anda lupa atau terlambat membayarkan tagihan listrik. Pemadaman listrik tersebut bersifat sementara, sampai Anda membayar tagihannya. Jika Anda segera menyadari bahwa Anda belum membayar tagihan listrik, maka Anda harus bergegas untuk melakukan pembayaran. Namun jika Anda ragu, berarti itu saatnya Anda memanfaatkan layanan PLN. Bagaimana caranya?

Anda bisa menghubungi layanan PLN  ke nomor 123 dengan menambahkan kode area tempat di mana Anda tinggal. Menghubungi layanan PLN 123 melalui telepon akan dikenakan biaya pulsa. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup. Sedangkan bagi Anda yang bekerja di Malaysia dan hendak mengajukan pengaduan terkait gangguan listrik, Anda bisa memanfaatkan beberapa jejaring sosial media populer. Di antaranya seperti Twitter dan Facebook secara gratis dan praktis. Bagi pengguna Twitter, Anda dapat menghubungi layanan PLN 123 melalui akun @pln_123. Untuk sosial media Facebook, nama akunnya adalah PLN 123. Sementara jika Anda ingin melakukan pengaduan melalui e-mail atau surat elektronik, kirim ke alamat pln123@pln.co.id. Sangat mudah, bukan?

Baca juga: Transfer Dana Anti Ribet ke Luar Negeri dengan 5 Cara Ini, Cek Disini!

Tips Bayar Listrik Secara Online

Untuk keperluan cek dan bayar tagihan listrik, Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah hanya menggunakan satu aplikasi. Dengan kemudahan tersebut, Anda bisa mengetahui berapa biaya yang Anda butuhkan untuk membayar tagihan listrik bulan lalu tanpa perlu keluar rumah. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda pilih untuk bayar tagihan ini-itu dengan praktis. Tapi bagi Anda yang berada di Malaysia, Anda wajib mempercayakannya pada aplikasi Qelola. Kenapa harus Qelola?

Qelola hadir sebagai sahabat terbaik masyarakat Indonesia yang sedang berada di Malaysia khususnya para TKI. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa jenis transaksi dengan biaya yang relatif murah. Selain bayar tagihan listrik, Anda juga bisa membayar tagihan pulsa pascabayar, tagihan BPJS Kesehatan, beli pulsa prabayar, beli paket data internet, dan masih banyak lagi. Yang lebih menarik, aplikasi ini bisa Anda andalkan untuk kirim uang ke luar negeri, khususnya dari Malaysia ke Indonesia. Coba aplikasi Qelola dengan mengunduhnya di Google Play sekarang juga.

Tags: , , , , , , , , ,