Ingin Kuliah di Universitas Negeri di Malaysia? Cek di Sini

wisuda

Malaysia adalah negara yang memiliki kualitas pendidikan yang baik. Banyaknya universitas negeri di Malaysia membuat sebagian orang tua ingin menyekolahkan putra putrinya di sana. Sebagai daya tarik bagi ribuan mahasiswa internasional, sektor pendidikan di Malaysia telah mencapai kemajuan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir ini. Malaysia telah mengukir nama sebagai pusat keunggulan pendidikan di Asia Tenggara.

Semakin hari dunia berkembang kian pesat. Hal ini tentu tidak terlepas dari kualitas sektor pendidikan yang semakin baik dari waktu ke waktu. Kualitas sumber daya manusia menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi kualitas pendidikan di sebuah negeri.

Kuliah di luar negeri khususnya di Malaysia mungkin menjadi salah satu pengalaman paling bermanfaat bagi sebagian mahasiswa. Dengan belajar di luar negeri, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaya pendidikan yang berbeda.

Pendidikan adalah inti dari setiap kemajuan peradaban, dan tentunya memilih universitas yang tepat adalah faktor yang sangat penting. Banyak mahasiswa Indonesia yang memilih universitas negeri di Malaysia sebagai tujuan pendidikannya. Lalu mana sajakah daftar universitas negeri yang ada di Malaysia yang perlu Anda ketahui? Simak daftarnya di bawah ini.

7 Daftar Universitas Negeri Terbaik di Malaysia

  1. International Islamic University Malaysia (IIUM)

iium malaysia - Ingin Kuliah di Universitas Negeri di Malaysia? Cek di Sini

Sumber: www.StudyBarta.com

Berdasarkan QS Work Ranking, IIUM berada diperingka 145 dengan score 41.5 di Asia. Kampus ini memiliki fakultas Medicine and Healtcare, Science, Laws, Economics and Management Sciences, Engineering, Architecture and Environmental Design, Information and Communication Technology, Islamic Revealed Knowledge and Human Sciences, dan Education.

IIUM terletak di Jalan Gombak, Kuala Lumpur, Malaysia. Universitas ini memiliki dua kampus: satu di Kuala Lumpur dan satu di Kuantan. Kampus ini memiliki ribuan mahasiswa dari 100 negara di dunia dan merupakan universitas negeri di Malaysia yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar sehari-hari.

  1. University of Malaya (UM)

Berdasarkan QS Work Ranking University UM berada diperingkat 167 dengan score 56.9 di dunia dan peringkat 32 dengan score 80.4 di Asia. Kampus UM terletak di Lingkungan Budi, Kuala Lumpur. Visi dari kampus ini adalah memajukan pengetahuan melalui perbaikan secara terus menerus untuk semua orang, khususnya mahasiswa UM. Sebagai salah satu universitas negeri di Malaysia, UM mempunyai fasilitas yang terkenal berupa Museum of Asian Art dan Botanical Garden.

  1. Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM)

Kampus UKM terletak di Jalan Reko, Bangi, Selangor, Kuala Lumpur. UKM dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau yang membuat pemandangan di sekitar kampus sangat menyejukkan. Berdasarkan QS Work Ranking University UKM berada di peringkat 56 dengan score 65.4 di Asia.

Kampus UKM memiliki 8 Fakultas, 16 Institutes, Pusat Manajement Pascasarjana, Pusat Studi Umum, Pusat Pengembangan Mahasiswa dan pusat pelayanan-pelayanan lainnya. Khusus untuk perpustakaan, UKM merupakan universitas negeri di Malaysia yang memilliki perpustakaan berbasis Internasional.

  1. Universitas Sains Malaysia (USM)

usm - Ingin Kuliah di Universitas Negeri di Malaysia? Cek di Sini

Sumber: www.berkuliah.com

USM menawarkan program studi Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Terapan, Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Ilmu Farmasi, Ilmu Gedung dan Ilmu Teknologi, Ilmu Sosial, Humaniora, dan Pendidikan. Berdasarkan QS Work Ranking University USM berada di peringkat 57 dengan score 64.0 di Asia. Pada tahun 2008, salah satu universitas negeri di Malaysia ini telah terpilih untuk berpartisipasi dalam APEX, sebuah program Fast-Track untuk membantu perguruan tinggi mencapai taraf Internasional. USM terletak di Jalan Sungai Dua, Georgetown, Pulau Penang, Malaysia.

  1. Universitas Teknologi Malaysia (UTM)

University Teknologi Malaysia UTM - Ingin Kuliah di Universitas Negeri di Malaysia? Cek di Sini

Sumber: www.berkuliah.com

Kampus UTM telah menerima banyak penghargaan Internasional di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Berdasarkan QS Work Ranking, UTM berada di peringkat 66 dengan score 59.6 di Asia. Kampus ini memiliki dua kampus yaitu UTM Johor Bahru dan UTM Kuala Lumpur. UTM merupakan universitas negeri di Malaysia yang termasuk dalam salah satu dari tiga universitas yang fokus dalam bidang riset.

  1. Universitas Putra Malaysia (UPM)

upm - Ingin Kuliah di Universitas Negeri di Malaysia? Cek di Sini

Sumber: www.EasyUni.com

Berdasarkan QS Work Ranking, UPM berada di peringkat 76 dengan score 57.2 di Asia. Kampus ini terletak di Serdang, Selangor, Dhrul Ehsan, Malaysia. Pada tahun 2014 mahasiswa UPM meraih peringkat ke 2 dalam kompetisi teknologi makanan di New Orlan, AS. UPM dilengkapi dengan infrastruktur yang komprehensif dalam penelitian dan pembangunan. UPM telah mengemukakan 448 hak patennya di Malaysia. Hal ini menjadi rekor tertinggi dari semua universitas negeri di Malaysia.

  1. Universitas Utara Malaysia (UUM)

Kampus UUM Terletak di Sintok, Kedah, Malaysia. Meskipun UUM adalah salah satu universitas negeri di Malaysia yang letaknya dekat hutan, namun fasilitas dan transportasi telah disediakan untuk mahasiswanya. Letak universitas yang berbeda membuat suasana kampus terasa lebih hijau. Sejak awal dibangun, Universitas ini fokus pada bidang manajemen pendidikan. Universitas ini menjadi universitas terbuka dimana pengunjung luar dan wisatawan dapat secara bebas mengunjungi dan memanfaatkan fasilitas yang ada.

Berkuliah di universitas negeri Malaysia bukan hal yang sulit saat ini. Dari sistem pembayaran hingga jadwal perkuliahan semua bisa diakses secara online. Cara pembayaran perkuliahan pun bisa Anda lakuakan dengan mudah. Anda tinggal mengunduh aplikasi Qelola di handphone Anda, kemudian sesuaikan fitur dengan kebutuhan pembayaran yang Anda inginkan. Anda bisa melakukan pembayaran tanpa harus perlu ke bank dan terjebak dalam antrian. Dengan Qelola, melakukan transfer dan pembayaran ke Malaysia bukan lagi menjadi masalah.

Tags: , , , , ,