Prosedur Mengurus Paspor Hilang, Informasi Wajib untuk TKI

Untitled design 19 - Prosedur Mengurus Paspor Hilang, Informasi Wajib untuk TKI

Paspor merupakan berkas penting ketika Anda keluar negeri. Selain sebagai berkas utama dalam bepergian ke luar negeri, paspor juga menjadi identitas yang menunjukkan siapa Anda, keperluan Anda serta dari mana asal Anda. Tentu tidak ada yang ingin paspornya hilang atau rusak. Namun dalam kondisi terburuk ketika paspor hilang, apa yang bisa memperkeruh suasana? Tidak mengetahui prosedur untuk mendapatkan kembali berkas penting ini.

Banyak diantara Anda yang mungkin bekerja sebagai TKI atau sudah memiliki rencana untuk menjadi TKI ketika membaca artikel ini. Berkas dan prosedur yang tepat harus dipenuhi agar menjadi TKI yang legal. Namun pada saat yang tidak diinginkan, ketika paspor hilang, Anda dapat mengurus berkas ini secepatnya di negara tempat Anda bekerja.

Apa yang harus dilakukan? Berikut langkah-langkah mengurus paspor hilang yang bisa Anda pahami, meskipun harapan terbaik adalah Anda tidak perlu menggunakan prosedur ini ya.

Melaporkan Kehilangan ke Pihak Berwajib

Untitled design 16 - Prosedur Mengurus Paspor Hilang, Informasi Wajib untuk TKI

Ambil contoh, Anda merupakan TKI di Malaysia dan paspor yang Anda miliki hilang. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melapor ke pihak berwajib (dalam hal ini Balai Polis terdekat kantor polisi). Ketika Anda melaporkan hal ini Anda akan menjalani wawancara seputar kronologi hilangnya paspor Anda.

Jangan lupa untuk membawa fotokopi paspor dan izin tinggal. Setelah wawancara ini Anda akan mendapatkan Surat Keterangan Kehilangan dan diminta untuk mengisi formulir Berita Acara Pemeriksaan. Berkas ini kemudian Anda bawa untuk mendatangi kantor perwakilan Indonesia terdekat.

Kantor Perwakilan Indonesia

Untitled design 18 - Prosedur Mengurus Paspor Hilang, Informasi Wajib untuk TKI

Sumber: en.wikipedia.org

Kantor perwakilan ini bisa beragam, mulai dari Kedutaan Besar, Konsulat Jenderal atau Konsulat terdekat. Tunjukkan berkas yang Anda dapatkan dari Balai Polis dan ajukan permohonan paspor. Anda akan diminta untuk mengisi formulir permohonan paspor dan menandatanganinya.

Berkas yang juga harus dibawa adalah identitas dari majikan atau surat keterangan perusahaan sebanyak dua salinan, fotokopi asuransi serta mengisi berkas yang diperlukan di perwakilan Indonesia tersebut. Jangan lupa juga untuk membawa dokumen pelengkap, minimal dua buah dari yang Anda miliki (e-KTP atau Akte Kelahiran atau Kartu Keluarga atau Ijazah Pendidikan atau Surat Nikah).

Tahap Selanjutnya Mengurus Paspor Hilang

Untitled design 17 - Prosedur Mengurus Paspor Hilang, Informasi Wajib untuk TKI

Setelah mengisi setiap formulir dan melengkapi syarat yang diperlukan, Anda akan dikenakan biaya tertentu untuk pembuatan paspor baru tersebut (paspor 24 halaman yang hilang akan dikenakan biaya sekitar 80 ringgit Malaysia, untuk paspor 48 halaman biayanya 190 ringgit Malaysia).

Setelah mendapatkan paspor yang baru untuk menggantikan paspor hilang, Anda diwajibkan untuk mendatangi kantor Imigresen Malaysia untuk membuat pemindahan izin tinggal di Malaysia. Kedatangan Anda ini juga sekaligus mengkonfirmasi bahwa paspor hilang sudah diganti, sehingga Anda tetap memiliki status yang sah untuk tinggal dan bekerja di Malaysia.

Rangkuman Berkas yang Diperlukan untuk Mengurus Paspor Hilang

Agar dapat memudahkan Anda menyiapkan berkas yang diperlukan, berikut rangkuman lengkapnya.

  • Berkas Identitas Diri, dapat berupa KTP, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, Ijazah pendidikan, Surat Nikah, Buku Nikah, dan sebagainya.
  • Salinan asuransi sebanyak 3 buah dan kontrak kerja.
  • Salinan identitas majikan sebanyak 2 buah atau keterangan dari perusahaan tempat Anda bekerja.
  • Formulir Berita Acara Pemeriksaan (ini didapatkan dan diisi di Balai Polis).
  • Salinan paspor dan izin tinggal.
  • Formulir Permohonan Paspor (akan didapatkan dan diisi di Balai Polis).
  • Surat Keterangan Kehilangan (akan didapatkan dan diisi di Balai Polis).
  • Uang secukupnya (sesuai dengan paspor hilang milik Anda).

 Kejadian paspor hilang tentu tidak diinginkan oleh semua TKI yang berada di Malaysia atau di negara rantau manapun juga. Namun pemahaman atas prosedur mengurus paspor yang hilang ini sangat direkomendasikan untuk dipahami agar jika terjadi Anda tidak kebingungan dan justru dapat merugikan Anda sebagai TKI.

Informasi ini mungkin dapat Anda teruskan pada komunitas yang Anda miliki ketika menjadi TKI. Mengingat pentingnya informasi ini, sebaiknya setiap tenaga kerja Indonesia yang berada di Malaysia mengetahui benar hal ini. Mungkin di beberapa negara lain prosedurnya tidak jauh berbeda, karena secara umum inilah yang harus dilakukan.

Sama dengan informasi mengenai prosedur mengurus paspor hilang, Anda juga dapat memberikan informasi mengenai keberadaan layanan remittance baru yakni Qelola. Layanan ini merupakan inovasi baru untuk membantu Anda dan keluarga dalam urusan pengiriman yang dengan biaya administrasi yang sangat rendah dibandingkan remittance lainnya.

Paspor hilang akan membuat Anda menghabiskan banyak waktu, sama halnya dengan pengiriman uang yang tidak efektif. Dengan Qelola, Anda dapat mengirimkan uang secara langsung ke rekening keluarga atau akun milik keluarga Anda dan dapat dicairkan saat itu juga. Kelebihan lain adalah layanan pembayaran tagihan rutin bulanan seperti tagihan listrik, PDAM serta BPJS untuk keluarga di rumah secara langsung ke instansi masing-masing. Segera unduh aplikasinya di sini, dan manfaatkan setiap fitur yang disediakan Qelola!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,