Ingin Berobat ke Penang Malaysia? Ini Tips & Langkahnya

berobat ke Penang

Apakah Anda atau keluarga sedang menderita sakit yang susah sembuh? Padahal sudah berobat ke banyak rumah sakit di Indonesia namun tak kunjung mendapat kesehatan. Apakah Anda pernah mengetahui bahwa berobat ke Penang Malaysia bisa menjadi alternatif yang dapat Anda coba? Ya, banyak rumah sakit dan dokter yang sudah terpercaya dari Penang. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba usaha penyembuhan yang satu ini. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki biaya besar demi kesembuhan.

Berobat ke Penang memang sudah terkenal bagi sebagian orang. Namun bagi Anda yang benar-benar baru pertama kali ingin pergi ke Penang, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini langkah-langkah serta tips berobat ke Penang yang harus Anda cermati.

1.  Memilih Rumah Sakit atau Dokter Tujuan

surgery 1822458 640 - Ingin Berobat ke Penang Malaysia? Ini Tips & Langkahnya

 

Kota Penang sendiri memiliki banyak rumah sakit dan setiap rumah sakit memiliki spesialisasi unggulan yang berbeda-beda. Ada rumah sakit yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki masalah kandungan atau ingin program bayi tabung. Rumah sakit lainnya memiliki keunggulan di bidang pengobatan jantung, saraf, dan sebagainya. Itulah kenapa Anda harus teliti dalam memilih rumah sakit ini. Jangan sampai Anda memilih rumah sakit hanya karena banyak pasien, biaya murah, dan sebagainya.

Bahkan jika perlu, Anda segera menentukan dengan dokter yang mana Anda ingin diperiksa dan diobati. Untuk mengetahuinya, gunakan rekomendasi dan testimoni langsung dari teman atau kerabat yang pernah berobat ke rumah sakit tersebut. Anda juga dapat menanyakan hal ini kepada resepsionis dengan menghubungi nomor telepon rumah sakit yang tertera di mesin pencarian google.

2.  Perhatikan Jadwal Praktek Dokter dan Buat Janji

Setelah itu, Anda harus membuat janji bertemu dengan dokter tersebut. Tanyakan terlebih dahulu jadwal dokter selama beberapa minggu kedepan karena bisa jadi beliau dalam masa cuti atau sudah full book dengan pasien lain. Lalu 1 atau 2 hari sebelum keberangkatan Anda ke Penang juga harus dipastikan kembali kesediaan dokter tersebut karena bisa jadi beliau ada hal mendadak sehingga harus meninggalkan rumah sakit atau ada jadwal operasi yang bersamaan dengan jadwal pemeriksaan Anda. Dengan begitu Anda bisa langsung dilayani ketika sampai di sana.

3.  Menyewa Layanan Penjemputan di Bandara

pasien dan pendamping - Ingin Berobat ke Penang Malaysia? Ini Tips & Langkahnya

Semua rumah sakit di Penang memiliki pelayanan yang unik sekaligus sangat bermanfaat, yaitu penjemputan pasien dari bandara atau hotel tempat Anda menginap. Namun ada beberapa ketentuan yang harus Anda perhatikan:

  • Setiap pasien harus didampingi maksimal 1 pendamping.
  • Jemputan ini hanya dilayani pada hari kerja, yaitu Senin – Jumat pukul 09.00 – 16.00 dan hari Sabtu pukul 09.00 – 12.00.
  • Anda harus booking terlebih dahulu minimal 3 hari sebelum keberangkatan. Maka Anda tidak akan dikenakan tarif tambahan alias gratis.
  • Jika ternyata Anda sampai di Penang diluar jam kerja, maka anda bisa menggunakan Grabcar atau taxi dengan biaya berkisar antara RM20 hingga RM60.

4.  Menyewa Hotel Sekitar Rumah Sakit

Penginapan untuk Anda dan/atau pendamping juga harus dibooking mulai dari Anda sudah menentukan jadwal bertemu dengan dokter. Apalagi jika Anda sudah sedikit banyak mengetahui lamanya waktu berobat hingga sembuh atau rawat jalan. Anda dapat memesannya melalui aplikasi penyewaan hotel seperti traveloka, airbnb, tiket.com, dan sebagainya. Jangan khawatir akan mendapat akomodasi yang jauh dari rumah sakit. Rata-rata rumah sakit di Penang dikelilingi oleh berbagai macam penginapan. Mulai dari yang butuh biaya sedang hingga mahal pun ada.

Ketika Anda mengetahui alamat rinci rumah sakit tujuan, Anda akan dimudahkan mencari penginapan di sekitarnya. Hal ini juga dapat Anda konsultasikan dengan teman atau kerabat yang mempunyai pengalaman berobat ke Penang.

5.  Membeli Tiket Pesawat

Langkah terakhir dan yang tak kalah penting adalah membeli tiket pesawat. Penerbangan langsung atau tanpa transit akan jauh lebih disarankan karena Anda tidak perlu berganti pesawat dalam kondisi sedang sakit. Berikut adalah beberapa maskapai yang memiliki penerbangan langsung ke Penang:

  • Dari Medan: Lion Air, Air Asia, Sriwijaya Air
  • Dari Jakarta: Air Asia, Citilink, Batik air
  • Dari Surabaya: Air Asia
  • Dari Aceh: Firefly

Jika Anda berasal dari daerah selain daerah-daerah di atas, maka Anda harus transit di Medan, Jakarta, atau Surabaya. Jangan lupa perhatikan masa berlaku paspor Anda dan pendamping sebelum membeli tiket, yaitu maksimal 6 bulan.

Itu tadi beberapa tips yang dapat Anda gunakan sebelum berobat ke Penang. Selama mendapat pelayanan kesehatan di sana, tentu Anda akan melakukan banyak transaksi selain hal-hal yang harus dibayarkan seperti kebutuhan yang sudah dijelaskan di atas. Terutama jika ternyata mendadak Anda harus menjalani perawatan yang lebih lama dari yang diperkirakan. Maka urusan transfer uang dari Indonesia ke Malaysia harus diperhatikan juga. Pakai aplikasi Qelola untuk mengirim uang antara Malaysia dan Indonesia karena biaya transfer yang murah. Persiapkan dari sekarang dengan download langsung Qelola disini. Semoga lekas sembuh ya.

Tags: , , ,