Mudahkan Pembayaran dengan E-Bayar Melaka

e-bayar melaka

Penggunaan uang cash di Malaysia semakin hari semakin berkurang. Hal ini dikarenakan banyaknya pembayaran tanpa tunai yang diaplikasikan secara lebih luas di negara ini. Selain itu, program pemerintah yang ingin mencanangkan pusat layanan terpadu untuk berbagai pembayaran berbagai tagihan juga membuat program cashless ini semakin dicanangkan. Begitu juga dengan pemerintah Melaka dengan sistem E-Bayar Melaka. Dengan E-Bayar Melaka, pemerintah mengharapkan agar masyarakatnya tidak perlu repot untuk membuka satu persatu portal tagihan ketika melakukan pembayaran. E-Bayar Melaka akan menyatukan seluruh pembayaran ke berbagai lembaga di dalam satu jalur yang lebih sederhana. Bagi Anda yang saat ini sedang tinggal di Melaka, di artikel ini Anda akan menemukan apa saja keuntungan, lembaga yang berpartisipasi dan bagaimana pendaftaran E-Bayar Melaka.

Baca Juga: 4 Cara Praktis Cek Tagihan Listrik PLN Online

Apa Itu E-Bayar Melaka?

EP 24 1 - Mudahkan Pembayaran dengan E-Bayar Melaka

Sumber: https://www.melaka.gov.my/

E-Bayar Melaka adalah pusat layanan terpadu yang menyediakan layanan penagihan dan pembayaran elektronik untuk warga Melaka. Ini merupakan perwujudan Rencana Strategis Pembayaran Elektronik (PSPSA) Sektor Publik 2016-2020 yang dicanangkan oleh pemerintah Malaysia. Program ini dijalankan dengan metode pembayaran elektronik untuk berbagai layanan pemerintah. Sehingga pada pengaplikasiannya masyarakat dianjurkan menggunakan berbagai saluran nontunai seperti kartu kredit, kartu debit, kartu prabayar, internet banking, pembayaran seluler, dan lain sebagainya.

Keuntungan Menggunakan E-Bayar Melaka

EP 24 2 - Mudahkan Pembayaran dengan E-Bayar Melaka

Sumber: https://ebayar.melaka.gov.my/

Dengan sistem E-Bayar Melaka Anda tidak perlu mengakses beberapa portal tagihan di beberapa lembaga untuk melakukan pembayaran. Selain itu, Anda juga mendapatkan fasilitas lainnya seperti membuat akun penerima favorit, melakukan cek tagihan, dan memeriksa status transaksi Anda selama 3 bulan terakhir. Tidak sampai di situ, ada banyak sekali lembaga yang berpartisipasi di dalamnya, seperti:

  1. Perbadanan Ketua Menteri

Ini merupakan kementerian yang bergerak di berbagai bidang, seperti:

  • Manajemen dan Pengumpulan Pendapatan dalam bentuk properti dan bangunan.
  • Mengatur Keuangan & Manajemen Pendapatan melalui pembayaran pajak tanah.
  • Memantau pendapatan dari berbagai perusahaan.

Kementerian ini memberikan layanan e-bayar untuk melakukan sewa tanah kerajaan.

  1. Pejabat Tanah dan Galian Negeri Melaka

Badan ini dikenal juga sebagai Badan Pertanahan dan Pertambangan Melaka. Didirikan pada tahun 1958, Pejabat Tanah dan Galian Melaka bertempat di berbagai daerah di Melaka seperti Kota Melaka, Alor Gajah, Melaka Tengah dan Jasin. Anda dapat menggunakan fasilitas e-bayar untuk mempermudah pembayaran pajak bumi.

  1. Pihak Berkuasa Tempatan

Ini merupakan badan otorisasi lokal yang mengatur segala hal mengenai sebuah daerah. Badan ini mengurus pengembangan wilayah administrasi mulai dari sektor industri, pariwisata, pertanian, peluang kerja dan lain sebagainya. Badan ini mempunyai empat kantor cabang yang terletak di kota Melaka, Alor Gajah, Hang Tuah Jaya, dan Jasin. Fasilitas e-bayar akan mempermudah Anda untuk melakukan pembayaran pajak daerah.

  1. Tabung Amanah Pendidikan Melaka

Pemerintah Malaysia mencanangkan program pinjaman pendidikan kepada generasi muda di negara ini. Dan Tabungan Amanah Pendidikan merupakan lembaga yang bertanggung jawab untuk mengurusnya. Ada beberapa jenis dana pinjaman pendidikan yang digelontorkan bagi para siswa atau mahasiswa di Malaysia yang antara lain:

  • Pinjaman untuk Perguruan Tinggi
  • Bantuan untuk Perguruan Tinggi
  • Beasiswa sekolah menengah

Dalam badan ini, e-bayar digunakan sebagai wadah untuk melakukan pembayaran cicilan pinjaman pendidikan tersebut.

  1. Pusat Zakat Melaka

Seperti namanya, badan ini ditugaskan untuk melaksanakan manajemen zakat secara profesional dalam hal pengumpulan dan pendistribusian zakat secara efektif dan sistematis. Pembayaran zakat melalui sistem e-bayar akan membantu untuk memperlancar program ini.

  1. Syarikat Air Melaka Berhad

Ini merupakan perusahaan yang berperan dalam pengelolaan air di Negara Bagian Malaka. Selain itu Syarikat Air Melaka Berhad juga bertanggung jawab atas pengolahan dan distribusi air di negara bagian tersebut. Syarikat Air Melaka Berhad juga tergabung dalam e-bayar sehingga memudahkan Anda untuk membayar tagihan air.

  1. Unit Kerajaan Tempatan

Lembaga ini merupakan perpanjangan lidah pemerintah pusat kepada pemerintah daerah mengenai berbagai kebijakan. Layanan e-bayar yang ditawarkan dalam lembaga ini adalah pembayarn Lisensi Lelang.

Langkah-Langkah Mendaftar E-Bayar

EP 24 3 - Mudahkan Pembayaran dengan E-Bayar Melaka

Sumber: https://www.travelblog.org/

Sebelum menggunakan fasilitas e-bayar, Anda diharuskan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu di laman website https://ebayar.melaka.gov.my/registration.php. Pada laman ini, Anda diharuskan untuk mengisi data secara benar dan lengkap, mulai dari nama, alamat, nomor ID, nomor ponsel, alamat e-mail, dan lain sebagainya. Selain mudah, pendaftaran E-Bayar Melaka ini pun tidak dikenakan biaya sedikitpun.

Layaknya e-bayar yang ada di Melaka, kini telah hadir satu aplikasi yang memberikan fasilitas pembayaran berbagai tagihan yang bernama Qelola. Dengan Qelola, tagihan listrik, PDAM, BPJS, TV kabel, dan pembelian lainnya bisa dilakukan dengan sekali klik di satu aplikasi. Untuk Anda yang bekerja di Malaysia, aplikasi ini jauh lebih istimewa karena Anda dapat melakukan semuanya di negara tempat Anda berada sekarang. Sangat memudahkan bukan? Download aplikasinya di sini sekarang juga.

Tags: , , , , , , , ,