Fungsi dan Cara Membuat Surat Keterangan Pernah Bekerja, Sudah Tahu?

surat keterangan pernah bekerja

Ketika mengajukan lamaran pada perusahaan ada berbagai surat dan berkas yang perlu disiapkan. Mulai dari ijazah terakhir beserta transkrip nilai, resume, sertifikat, dan juga Surat Keterangan Pernah Bekerja. SKK atau Surat Keterangan Kerja adalah surat yang menerangkan bahwa Anda pernah bekerja di suatu perusahaan dan jabatan Anda di perusahaan atau kantor sebelumnya. SKK tersebut dikeluarkan oleh perusahaan atas izin dari pihak yang berwenang di perusahaan seperti atasan dan bagian personalia. 

Surat keterangan pernah bekerja ini sangat membantu ketika Anda ingin melamar kerja di perusahaan baru, karena dapat meningkatkan kemungkinan Anda untuk diterima di perusahaan tersebut. Lalu bagaimana cara membuat surat keterangan pernah bekerja dan apa saja manfaat dari SKK, simak ulasan berikut ini.

Melamar Pekerjaan

guide moving abroad finding job 700x421 - Fungsi dan Cara Membuat Surat Keterangan Pernah Bekerja, Sudah Tahu?

Sumber: iamexpat.nl

Fungsi SKK yang pertama adalah untuk digunakan saat melamar pekerjaan baru. Surat ini akan sangat berguna karena bisa memberikan gambaran mengenai pekerjaan dan posisi Anda di perusahaan sebelumnya. Dengan demikian, perusahaan baru tempat Anda melamar pekerjaan juga bisa mengetahui track record pekerjaan Anda di tempat sebelumnya.

Secara garis besar, surat ini dapat memberikan catatan perjalanan karir yang Anda pernah Anda tempuh di perusahaan sebelumnya. Catatan yang ada dalam surat tersebut akan menjadi salah satu pertimbangan utama untuk menerima Anda di perusahaan tersebut. SKK untuk melamar pekerjaan baru ini biasanya dikeluarkan oleh salah satu petinggi perusahaan.

Menarik Dana BPJS Ketenagakerjaan

GettyImages 91438556 f9618264f4a840d694acb7bdc42241e9 700x466 - Fungsi dan Cara Membuat Surat Keterangan Pernah Bekerja, Sudah Tahu?

Sumber: thespruce.com

Manfaat selanjutnya dari surat keterangan pernah bekerja adalah sebagai syarat pelengkap untuk menarik dana di BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mencairkan dana BPJSTK Anda, salah satu syarat yang harus dipunyai adalah surat keterangan sebagai karyawan ataupun surat keterangan kerja. Dengan melampirkan SKK yang sudah dilegalisir dari perusahaan, proses pencarian BPJS Ketenagakerjaan yang Anda ajukan akan menjadi lebih lancar.

Syarat ini dibutuhkan agar Anda dapat mencairkan 10 hingga 30 persen dari dana BPJSTK yang Anda miliki walaupun status Anda masih bekerja sebagai karyawan di perusahaan bersangkutan.

Mengajukan Kredit atau Pinjaman Bank

loan 700x463 - Fungsi dan Cara Membuat Surat Keterangan Pernah Bekerja, Sudah Tahu?

Sumber: carmudi.co.id

Fungsi ketiga dari mempunyai surat keterangan pernah bekerja adalah sebagai syarat pelengkap jika Anda ingin mengajukan kredit atau pinjaman di bank. Pinjaman di bank seperti KTA membutuhkan surat keterangan kerja dan slip gaji untuk menunjukan bahwa Anda merupakan karyawan dari sebuah perusahaan.

Adanya surat tersebut dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki pekerjaan tetap, sehingga membuat proses pengajuan menjadi lebih cepat dan lancar karena Anda dianggap mampu membayar angsuran. SKK tersebut dapat digunakan sebagai jaminan pada bank bahwa Anda memiliki pekerjaan tetap dan dirasa mampu membayar pinjaman yang diberikan.

Pengajuan Beasiswa Profesional

Fungsi surat keterangan kerja yang terakhir adalah dapat digunakan untuk mengajukan beasiswa jalur profesional. Pengajuan beasiswa membutuhkan banyak dokumen yang harus dilengkapi, termasuk SKK bagi Anda yang sudah bekerja.

Surat keterangan kerja tersebut dibuat secara sah dan mempunyai cap bukti legalisir dari kantor tempat Anda bekerja. Surat ini dapat digunakan untuk mengajukan beasiswa profesional baik yang diberikan oleh swasta maupun pihak pemerintah.

Dari penjelasan fungsi surat keterangan kerja di atas, dapat diketahui bahwa surat keterangan pernah bekerja merupakan dokumen yang sangat penting. Karena surat ini digunakan untuk kebutuhan profesional, maka pembuatan SKK juga tidak boleh sembarangan dan harus mengikuti kaidah yang berlaku.

Cara Membuat Surat Keterangan Pernah Bekerja

Berikut adalah cara membuat surat keterangan pernah bekerja yang harus anda perhatikan:

  1. Bagian pertama adalah kepala surat atau header. Kop surat merupakan bagian surat paling atas yang terdiri dari nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon.
  2. Bagian selanjutnya adalah perihal surat yaitu Surat Keterangan Pernah Bekerja.
  3. Bagian ketiga adalah isi surat yang merupakan inti dari surat yang dibuat. Isi surat tersebut memuat biodata singkat pembuat surat keterangan kerja seperti nama, jabatan, nomor KTP, dan biodata karyawan seperti lama waktu bekerja dan posisi terakhir di perusahaan. Isi surat juga mencakup mengenai penilaian pembuat surat pada karyawan mengenai performa karyawan selama bekerja.
  4. Bagian keempat adalah penutup surat untuk mengakhiri surat keterangan kerja tersebut.
  5. Bagian terakhir adalah keterangan pengesahan surat yang terdiri atas hari dan tanggal pembuatan surat, tanda tangan, dan nama terang dari pembuat surat.

Surat Keterangan Kerja juga seringkali dibutuhkan ketika Anda ingin bekerja di luar negeri. Jika memang demikian, Anda tentu harus membuat surat tersebut dalam bahasa Inggris (atau bahasa negara tujuan) dan dengan format yang diakui dunia internasional. Beberapa perusahaan mungkin tidak memiliki template SKK dalam bahasa Inggris, sehingga Anda mungkin perlu membuatnya sendiri dan mengajukannya ke pimpinan tempat Anda bekerja.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat surat keterangan pernah bekerja. Bagi Anda yang saat ini sedang bekerja dan ingin melakukan pembayaran domestik (listrik, air, telepon, dll), Anda dapat menggunakan aplikasi Qelola. Dengan Qelola, transaksi Anda akan menjadi lebih mudah, cepat, dan aman.

Ingin lebih tahu lebih banyak tentang Qelola? Pelajari selengkapnya di sini.

Tags: ,