Takut Corona Saat Terbang? Ini Tips Naik Pesawat Aman

corona cnn.com  - Takut Corona Saat Terbang? Ini Tips Naik Pesawat Aman

Siapa yang tidak tahu tentang fenomena wabah virus corona? Virus corona atau Covid-19 ini sudah menjadi momok menakutkan bagi hampir semua warga negara di dunia. Banyak sekali efek yang ditimbulkan dari merebaknya virus yang mirip SARS dan MERS ini. Salah satu diantaranya adalah banyaknya penerbangan yang dibatalkan karena calon penumpang yang takut bepergian sehingga meminta refund atau pengembalian uang. Meskipun begitu, jika terdapat agenda penting dan mendesak sehingga mau tidak mau harus naik pesawat, jangan khawatir. Meskipun dalam situasi dan kondisi yang seperti ini, Anda tetap bisa melakukan penerbangan yang aman dari tertular virus corona. Berikut ini tipsnya:

1.  Lakukan Vaksin Peningkat Kekebalan Tubuh

Vaksin untuk virus Covid-19 memang belum ada, namun Anda tetap dianjurkan untuk suntik vaksin yang nantinya akan mengurangi resiko tertular. Apalagi saat Anda terpaksa harus melakukan penerbangan yang butuh waktu lama di udara. Salah satu caranya adalah dengan suntik vaksin agar tidak terkena flu jenis apapun. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh akan kuat dan kemungkinan tertular virus corona akan semakin kecil. Menurut Direktur Kedokteran di NYU Langone Health, mendapatkan vaksin sebelum pergi, termasuk sebelum naik pesawat dan transportasi umum lainnya, akan membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

2.  Rajin Mencuci Tangan

Tangan kita dapat menjadi perantara virus paling berbahaya dan jarang sekali dari kita yang menyadarinya. Apalagi intensitas tangan untuk menyentuh mata, hidung, dan mulut sangat tinggi dan sering tidak disengaja. Itulah kenapa selalu pastikan untuk mencuci tangan Anda setiap 10 – 15 menit sekali atau setelah menyentuh barang atau tempat yang umum digunakan bersama, misal gagang pintu. Anda juga bisa mencuci tangan dengan cairan hand sanitizer selama melakukan penerbangan. Termasuk sebelum masuk ke dalam kabin pesawat.

3.  Membawa Perlengkapan Kebersihan Darurat

Perlengkapan kebersihan darurat yang dimaksud meliputi hand sanitizer, masker, dan/atau tisu basah antiseptik. Barang-barang ini akan membantu Anda memastikan kebersihan kursi yang akan Anda duduki. Meskipun pihak maskapai sudah membersihkannya, ada baiknya Anda ulangi lagi. Terutama pada bagian penutup kursi, meja lipat, sandaran tangan, sandaran kepala, layar di belakang kursi, hingga ventilasi udara di atasmu. Serta bagian-bagian lain yang sekiranya sering disentuh banyak orang.

4.  Pilih Kursi di Barisan Depan dan Dekat Jendela

airplane - Takut Corona Saat Terbang? Ini Tips Naik Pesawat Aman

Memilih kursi yang dekat dengan jendela akan mengurangi intensitas interaksi Anda dengan orang lain. Karena lorong kabin pesawat sering dilalui oleh penumpang lain yang akan ke kamar mandi atau pramugari yang menawarkan makanan. Tentu hal ini sangat bergantung pada kepadatan penumpang saat itu. Sedangkan duduk di barisan depan juga mengurangi resiko tertular. Menurut WHO, posisi yang paling beresiko tertular virus adalah 2 baris di depan dan di belakang dan/atau disamping orang yang terinfeksi.

5.  Mengurangi Intensitas ke Toilet

Jika Anda bisa mengurangi intensitas menggunakan toilet, hal itu akan lebih baik. Karena tentu kuman di dalam toilet akan lebih banyak. Hal yang jelas perlu digaris bawahi adalah cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan toilet. Begitu juga setelah menutup pintu kamar mandi begitu selesai digunakan. Anda dapat memanfaatkan hand sanitizer yang telah dibawa tadi.

6.  Gunakan Masker

Masker jenis apapun dapat digunakan untuk menghindari virus corona ini. Hal ini dikarenakan virus corona (Covid-19) merupakan jenis virus yang memiliki diameter partikel relatif besar daripada virus jenis lainnya. Sehingga jangan sampai Anda memilih tidak menggunakan masker hanya karena tidak mendapatkan masker sekali pakai pada umumnya. Perlu diperhatikan juga setelah Anda menggunakan masker tersebut selama penerbangan, usahakan jangan menyentuh bagian luar dari masker. Segera buang jika masker sekali pakai atau cuci dan langsung keringkan jika masker kain yang digunakan.

7.  Mengubah Arah Ventilasi Udara

Ventilasi udara di atas Anda akan selalu mengeluarkan udara bersih karena adanya filter HEPA yang menyaring udara. Maka dari itu, pastikan udara tersebut mengarah pada Anda. Dengan begitu, resiko Anda menghirup udara yang mungkin sudah terkontaminasi akan semakin kecil.

8.  Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab menurunnya sistem imunitas tubuh adalah dehidrasi. Sehingga, usahakan minum air putih sebelum Anda merasa haus dengan jumlah yang cukup. Hindari kafein dan minuman beralkohol agar tidak memperparah kekebalan tubuh Anda. Selain itu, minum air putih juga akan mencegah mata, hidung, dan mulut kering. Jika selaput lendir tersebut mengering, virus apapun akan berkembang pesat.

9.  Perbanyak Istirahat

Jika Anda memiliki jam penerbangan yang lama, pastikan Anda memiliki waktu untuk tidur. Meskipun sedang tidur, tubuh Anda akan tetap melawan zat asing, termasuk virus, yang masuk ke dalam tubuh Anda.

airplane and airport - Takut Corona Saat Terbang? Ini Tips Naik Pesawat Aman

Itu tadi adalah tips-tips untuk mengurangi resiko terkena virus corona selama Anda melakukan penerbangan. Naik pesawat tidak lagi menjadi hal yang perlu ditakutkan. Setelah Anda sampai ke negara tujuan, kurangi intensitas Anda dalam berinteraksi dengan warga negara di sana. Apalagi jika keperluannya tidak begitu penting. Misalnya saja melakukan transfer uang antar negara. Anda bisa melakukan transfer uang ini dengan bantuan aplikasi keuangan yang sudah sering dipakai. Salah satunya adalah aplikasi Qelola. Banyak manfaat yang akan didapatkan selain kemudahan seperti biaya transfer yang murah. Terutama bagi Anda yang akan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia dan sebaliknya. Rasakan keunggulannya secara langsung dengan dwonload Qelola disini.

Tags: , , , ,