Ternyata Beli Token Listrik Online Lebih Murah! Kok Bisa?

token listrik

Sebagai sumber penerangan yang efektif dan efisien, listrik memang menjadi kebutuhan yang sangat penting. Saat ini, sebagian besar penggunaan listrik prabayar atau listrik yang menggunakan nomor token sudah semakin menjamur. Jenis listrik dengan sistem prabayar ini memang telah direkomendasikan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Alasan utamanya adalah karena penggunaannya yang mudah. Anda sebagai pengguna hanya perlu membeli token dan menginputnya ke alat Meter Prabayar (MPB) milik Anda sendiri.

Sistem listrik prabayar ini mirip dengan pengisian pulsa untuk telepon seluler. Hanya dengan memasukkan 20 digit kode, lalu listrik sudah dapat Anda nikmati. Lantas, bagaimana Anda bisa mendapatkan token listrik? Apakah Anda bisa melakukan pembelian token dari Malaysia? Simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Cara Bayar Listrik Online dari Malaysia, Anda Harus Tahu!

Kenapa Harus Beli Token Listrik Secara Online?

token listrik 1 - Ternyata Beli Token Listrik Online Lebih Murah! Kok Bisa?

Token listrik merupakan sebuah satuan pembayaran yang digunakan untuk mengisi ulang daya listrik pada layanan PLN prabayar. Pada token listrik, Anda akan mendapatkan 20 digit angka stroom atau kode token yang akan Anda gunakan untuk melakukan pengisian daya listrik pada alat Meter Prabayar (MPB) milik Anda.

Pembelian token listrik secara online merupakan salah satu terobosan yang baru untuk membayar listrik kapan dan dari mana saja secara mudah. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, PLN Indonesia memang telah mencanangkan listrik prabayar, yaitu layanan penggunaan listrik yang dapat dinikmati masyarakat dengan cara membeli pulsa, token, atau voucher listrik isi ulang. Pulsa listrik tersebut tersedia mulai dari nominal Rp20.000 rupiah hingga Rp1 juta rupiah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Dulu, pulsa listrik tersebut bisa Anda beli di loket PPOB, ATM Bank, Internet Banking, dan SMS Banking. Namun cara beli token listrik saat ini, ditawarkan jauh lebih mudah melalui aplikasi secara online. Sebenarnya ada banyak aplikasi, penyedia jasa pembayaran atau pembelian online yang bisa Anda pilih. Namun Anda tidak boleh sembarangan, mengingat kegiatan transaksi biasanya melibatkan data diri dan informasi terkait kartu perbankan milik Anda.

Oleh karena itu, pastikan profesionalitas dan kemampuan pihak penyedia layanan dalam menjaga kerahasiaan setiap penggunanya. Kenapa beli token listrik secara online bisa lebih murah? Setiap aplikasi pembayaran yang menyediakan layanan bayar listrik baik prabayar maupun pascabayar, biasanya memiliki promo tertentu yang bisa Anda manfaatkan. Misalnya potongan diskon, cashback, tanpa ada biaya tambahan, dan lainnya. Sementara jika dibandingkan beli di toko-toko offline, harga token listrik jauh lebih mahal.

Beli Token Listrik di Aplikasi Qelola

token listrik 2 - Ternyata Beli Token Listrik Online Lebih Murah! Kok Bisa?

Sebagai rekomendasi terbaik, Anda bisa memanfaatkan layanan bayar tagihan listrik di aplikasi Qelola. Apa itu aplikasi Qelola? Qelola merupakan dompet digital yang menyediakan layanan pembayaran tagihan rutin yang mudah dan praktis dalam penggunaan. Bukan hanya itu, hanya melalui satu aplikasi, Anda bisa melakukan transaksi kirim uang ke luar negeri dengan biaya yang sangat murah. Jadi, Anda bisa bekerja dengan tenang karena urusan pengelolaan dana Anda aman bersama Qelola. Kirim uang dari Malaysia ke Indonesia maupun sebaliknya, bisa Anda lakukan dalam 5 menit saja! Soal keamanan, Anda juga tidak perlu meragukannya. Seluruh data dan informasi kerahasiaan Anda akan tetap terjaga.

Langkah-Langkah Mengisi Token Listrik

token listrik 3 - Ternyata Beli Token Listrik Online Lebih Murah! Kok Bisa?

Setelah Anda berhasil membeli token listrik sesuai dengan jumlah yang Anda butuhkan, Anda pasti mendapatkan 20 digit angka stroom atau kode token untuk melakukan pengisian. Caranya adalah:

  1. Masukkan 20 digit angka stroom atau kode token ke alat Meter Prabayar (MPB) Anda lalu tekan tombol “ENTER” (↩).
  2. Apabila terjadi kesalahan saat memasukkan angka stroom atau kode token tersebut, Anda bisa menekan tombol “BACKSPACE” (←) untuk menghapus angka yang telah Anda masukkan.
  3. Apabila angka yang Anda masukkan benar, maka pada layar alat Meter Prabayar (MPB) Anda akan muncul tulisan “ACCEPT” atau “BENAR”. Kemudian nilai kWh atau daya listrik akan bertambah sesuai dengan jumlah yang Anda beli.
  4. Namun apabila pada layar alat Meter Prabayar (MPB) Anda muncul tulisan “REJECT” atau “GAGAL”, maka angka stroom atau kode token yang Anda masukkan salah. Oleh karena itu, Anda harus mengecek kembali dan memasukkan ulang angka dengan teliti dan benar.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam proses pengisian dengan token, nilai token dan jumlah kWh atau daya listrik yang didapat akan berbeda. Bisa saja Anda membeli token seharga Rp100.000 tetapi saat melakukan pengisian ulang, nilai kWH yang bertambah tidak sesuai dengan jumlah token yang telah Anda beli tersebut. Yang menjadi penyebabnya adalah karena nilai token dengan daya listrik yang Anda dapatkan sudah dikurangi dengan biaya, pajak, dan perhitungan tarif dasar.

Itulah beberapa informasi tentang pembelian token yang bisa Anda dapatkan melalui online. Untuk bisa memanfaatkan layanan di aplikasi Qelola, sebelumnya Anda perlu terdaftar lebih dulu. Tidak perlu khawatir, karena pendaftaran akun di aplikasi ini tidak dipungut biaya alias GRATIS. Baru setelahnya, Anda dapat mengisi saldo yang nantinya dapat Anda gunakan untuk membayar listrik secara online dan tagihan-tagihan lainnya. Unduh aplikasinya sekarang ya!

Tags: , , , , , , , , ,