Begini Cara Cek Kepesertaan BPJS Kesehatan dengan Mudah

cek kepesertaan bpjs

Anda tentu tidak asing lagi dengan BPJS Kesehatan. BPJS adalah jaminan kesehatan dari pemerintah untuk masyarakat umum. BPJS bisa dimiliki oleh karyawan, ibu rumah tangga, bahkan bayi sekalipun. Apabila telah mendaftar, Anda bisa cek kepesertaan BPJS secara online.

Cek kepesertaan BPJS dapat membantu Anda mengetahui nomor kepesertaan. Anda juga bisa mendapatkan informasi fasilitas kesehatan yang didapatkan. Pertanyaannya, bagaimana cara cek kepesertaan BPJS?

Peserta BPJS Kesehatan

Pemerintah mewajibkan seluruh penduduk Indonesia menjadi peserta BPJS. Dengan kata lain, semua orang harus mendaftar sebagai anggota BPJS. Sebelum mengetahui cara cek kepesertaan BPJS. Lebih baik Anda mengetahui jenis kepesertaan BPJS terlebih dahulu. Berikut penjelasannya:

Penerima Bantuan Iuran-Jaminan Kesehatan (PBI-JK)

ant 201509 001206 - Begini Cara Cek Kepesertaan BPJS Kesehatan dengan Mudah

Sumber: mediaindonesia.com

Jenis kepesertaan ini adalah program jaminan kesehatan fakir miskin dan orang tidak mampu. Kepesertaan ini dibayar oleh Pemerintah Pusat melalui APBN dan Pemerintah daerah melalui APBD.

Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non PBI)

bpjs reg 1 700x443 - Begini Cara Cek Kepesertaan BPJS Kesehatan dengan Mudah

Sumber: futuready.com

  • Pekerja Penerima Upah (PPU). PPU adalah semua orang yang bekerja pada pemberi kerja dengan menerima gaji atau upah. PPU dibagi menjadi dua jenis. Pertama PPU yang bekerja sebagai pejabat negara. Kedua, PPU yang bekerja sebagai pejabat non-negara.
  • Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). PBPU adalah mereka yang bekerja atau berusaha atas risiko sendiri. PBPU di antaranya notaris/LSM/pengacara, dokter/bidan praktik swasta, sopir, ojek, montir, nelayan, peternak, dan lain sebagainya.
  • Bukan Pekerja (BP). BP adalah semua orang yang bukan termasuk masyarakat yang didaftarkan. Iuran BP dibayar oleh Pemerintah Pusat atau Daerah, PPU, dan PBPU. Jenis BP dibagi jadi dua. Pertama, BP Penyelenggara Negara (penerima pension pejabat negara, veteran, dan perintis kemerdekaan). Sementara BP Non-Penyelenggara meliputi investor, pemberi kerja, dan lainnya.

Anggota Keluarga yang Ditanggung Program BPJS

5.Asuransibagus 700x467 - Begini Cara Cek Kepesertaan BPJS Kesehatan dengan Mudah

Sumber: sequis.co.id

Selain untuk diri sendiri, BPJS juga dapat menanggung anggota keluarga lainnya. Siapa saja anggota keluarga yang dapat ditanggung BPJS?

Apabila seseorang terdaftar menjadi peserta PBI-JK dengan iuran yang dibayar pemerintah pusat. Anggota keluarga yang ditanggung adalah mereka yang namanya terdaftar di Kementerian Kesehatan.

Apabila seseorang terdaftar menjadi peserta PBI-JK dengan iuran dibayar oleh pemerintah daerah. Anggota keluarga yang ditanggung adalah mereka yang namanya ditetapkan pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah, pemerintah kabupaten atau kota.

Apabila seseorang terdaftar sebagai PPU adalah pasangan sah suami istri, maka anggota keluarga yang ditanggung program ini adalah:

  • Orang yang belum atau tidak menikah atau belum mempunyai penghasilan sendiri.
  • Belum berusia 21 atau 25 tahun yang masih melanjutkan pendidikan formal.
  • Jika anak ke satu sampai tiga sudah ditanggung. Status anak dapat digantikan oleh urutan berikutnya. Jumlah maksimal tanggungan adalah maksimal 3 orang anak sah.
  • Peserta dengan anggota keluarga lebih dari lima (termasuk peserta). Bisa mengikutsertaka anggota keluarga lainnya, namun harus membayar iuran tambahan.
  • Apabila seseorang terdaftar dengan status BP dan PBPU. Anggota keluarga yang ditanggung meliputi pasangan sah dan seluruh anak dan anggote keluarga dari satu KK.

Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Online

Apabila telah mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Anda harus membayar iuran sesuai fasilitas kesehatan yang didapat dari kepesertaan tersebut. Jika tidak membayar, kepesertaan Anda terkena imbasnya. Ada beberapa metode untuk cek kepesertaan BPJS Anda.

Melalui BPJS Checking

Anda bisa mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan untuk cek kepesertaan BPJS Anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Melalui Aplikasi Mobile BPJS Kesehatan

Anda juga cek kepesertaan BPJS melalui mobile JKN-KIS BPJS Kesehatan. Berikut ini langkah cek kepesertaan BPJS melalui aplikasi.

  • Unduh aplikasi JKN-KIS BPJS Kesehatan.
  • Isi nomor BPJS atau email dan psswaord. Jika sudah mendaftar di aplikasi, klik “login”.
  • Jika belum mendaftar, klik “register”. Isi data yang harus dilengkapi.
  • Klik “register” dan temukan form verifikasi. Isikan kode angka unik yang dikirim ke email.
  • Masukkan kode angka dan klik “verify”.
  • Aplikasi masuk ke menu utama BPJS Kesehatan.
  • Untuk cek kepesertaan BPJS, klik “peserta”.
  • Anda akan mendapat informasi terkait BPJS.

Melalui Call Center BPJS

Cara lain cek kepesertaan BPJS adalah melalui call center yang dapat dihubungi di 1500400. Mereka akan menangani segala pertanyaan dan keluhan seluruh peserta selama 24 jam. Namun, pastikan Anda menyiapkan beberapa dokumen terlebih dahulu seperti nomor BPJS dan KTP Anda.

Melalui SMS Gateway

Anda juga dapat cek kepesertaan BPJS dengan mudah melalui SMS gateway dengan format sebagai berikut:

  • NIK (spasi) Nomor Kependudukan.
  • NOKA (spasi) Nomor BPJS Kesehatan.
  • NIP (spasi) Nomor Induk Pegawai.

Pilihlah salah satu dari format tersebut. Selanjutnya, kirim SMS ke 08777-5500-400. Tunggu balasan selanjutnya.

Anda dapat cek kepesertaan BPJS secara offline dan online. Untuk cek secara offline ada dua alternatif yang dapat digunakan. Pertama, Anda bisa mendatangi kantor BPJS secara langsung. Kedua, kunjungilah BPJS Mobile Custumer Service yang berkeliling di masyarakat (hanya di beberapa kota).

Demikian pembahasan mengenai cara cek kepesertaan bpjs dengan mudah. Bagi Anda yang saat ini sedang bekerja atau berada di luar negeri dan ingin melakukan pembayaran BPJS, Anda dapat menggunakan aplikasi Qelola. Dengan Qelola, transaksi Anda akan menjadi lebih mudah, cepat, dan aman.

Ingin lebih tahu lebih banyak tentang Qelola? Pelajari selengkapnya di sini.

Tags: