Ingin Bekerja di Luar Negeri? Ini Tips Sukses Menjadi TKI

EP 13 - Ingin Bekerja di Luar Negeri? Ini Tips Sukses Menjadi TKI

Semakin hari, lapangan pekerjaan yang tersedia semakin sedikit. Banyak perusahaan yang menuntut keahlian yang mumpuni dan standar yang tinggi bagi calon karyawannya. Sementara masih banyak warga negara Indonesia yang masih belum mempunyai kemampuan tersebut. Dan pilihannya adalah mencari kerja di mana saja termasuk luar negeri yakni menjadi TKI. Banyak yang memilih menjadi TKI karena memang tidak banyak skill yang dibutuhkan ketika melamar. Namun, permasalahan tidak berhenti di situ. Masih ada hal yang membuat proses menjadi TKI juga menjadi sesuatu yang cukup menyulitkan. Proses yang panjang, perbedaan kebudayaan, mental yang belum cukup kuat, dan hal lainnya yang bisa menjadi penghalang. Dan ini pula yang dimanfaatkan oleh oknum-oknum di luar sana untuk mengambil keuntungan. Akan tetapi, segala masalah ini bisa Anda lewati apabila menjalankan tips-tips berikut ini.

EP 13 2 - Ingin Bekerja di Luar Negeri? Ini Tips Sukses Menjadi TKI

Sumber: https://economy.okezone.com/

Memiliki Niat yang Kuat

Menjadi TKI bukanlah perkara yang mudah. Ada sederet proses yang harus dilalui agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan di negara lain. Selain itu, banyak hal yang mungkin tidak sesuai rencana yang akan terjadi nantinya. Ditambah lagi banyak sekali berita mengenai penyiksaan TKI yang tersebar di media. Oleh karena itu Anda harus mempunyai niat dan tekad yang benar-benar kuat ketika memutuskan untuk menjadi TKI. Niat inilah yang akan membuat Anda bisa bertahan apabila seluruhnya tidak sesuai dengan rencana awal. Selain itu, niat yang kuat juga menumbuhkan hasil yang baik. Tanpa niat tersebut, pekerjaan Anda pun bisa menjadi berantakan dan tidak produktif yang berujung mengecewakan orang lain serta menyusahkan diri sendiri. Dengan kata lain niat dapat menjadi kekuatan yang mendorong seseorang untuk bekerja lebih gigih dan bersemangat.

Banyak Mencari Informasi

Sebelum benar-benar mendaftar menjadi TKI, banyak-banyak mencari informasi seputar dunia ini. Cari informasi mengenai buruh-buruh migran, keuntungan dan kerugian menjadi TKI, hal dan kewajiban seorang TKI, sponsor, dan perusahaan penyalur TKI dan lain sebagainya. Anda bisa mencari informasi ini melalui Disnakertrans, internet atau bertanya kepada rekan-rekan yang telah menjadi TKI sebelumnya.

Ketahui Gaya Hidup di Negara Tujuan

Jika Anda sudah memiliki tekad yang bulat dan mengetahui negara mana yang akan dijadikan tujuan, langkah berikutnya adalah mencari tahu gaya hidup di negara tersebut. Setiap negara mempunyai gaya hidup yang berbeda. Mengetahui gaya hidup ini akan membantu Anda untuk beradaptasi dan tidak terkejut ketika sudah berada di sana. Ini juga sangat berpengaruh pada kualitas kerja Anda nantinya.

Selektif dalam Memilih Sponsor/Calo

EP 13 1 - Ingin Bekerja di Luar Negeri? Ini Tips Sukses Menjadi TKI

Sumber: https://bantenhits.com/

Seorang calon TKI biasanya direkrut oleh petugas lapangan yang dikenal dengan sponsor ataupun calo. Menjadi sponsor atau calo akan mendatangkan keuntungan yang cukup banyak bagi para pengiatnya. Keuntungan yang menggiurkan ini yang membuat maraknya sponsor yang tidak beizin dan menawarkan pekerjaan palsu kepada para calon TKI. Oleh karena itu, sebelum memilih sponsor, pastikan dahulu hal-hal berikut ini:

  1. Pastikan sponsor tersebut memiliki surat tugas dari PPTKIS dan surat rekomendasi perekrutan yang dikeluarkan oleh Disnakertrans dan ditanda tangani oleh kepala dinas.
  2. Carilah informasi latar belakang sponsor tersebut dari orang-orang yang pernah direkrutnya.
  3. Hindari memakai sponsor yang merupakan teman atau saudara. Kedekatan ini membuat Anda cenderung terlalu percaya dan sungkan untuk bertanya secara rinci serta sungkan menuntut pertanggungjawaban apabila terjadi masalah.
  4. Pastikan sponsor tidak pernah melakukan pelecehan.
  5. Banyak kasus perdagangan manusia yang terjadi dengan modus melemparkan TKI dari satu sponsor, ke sponsor lain. Oleh karena itu pastikan sponsor Anda tidak melakukan hal ini.
  6. Cari rekomendasi sponsor langsung ke Disnakertrans atau PPTKIS.

Selektif dalam Memilih Bidang Kerja

Sponsor yang baik akan memperbolehkan TKI memilih pekerjaan apa yang digelutinya. Oleh karenanya pilih pekerjaan yang benar-benar Anda kuasai. Hal ini agar Anda dapat melakukan pekerjaan tersebut dengan baik dan lebih bersemangat. Anda yang akan menanggung segala risiko berbagai kesalahan dan masalah ketika bekerja. Para sponsor tidak bertanggung jawab mengenai hal ini.

Sabar Dalam Bekerja

Ketika memilih menjadi TKI, kesabaran menjadi hal yang benar-benar harus ditanamkan dalam diri. Bahkan dikatakan apabila Anda tidak sabar, maka jangan pernah berniat menjadi TKI. Akan ada banyak hal yang terjadi karena budaya dan kebiasaan yang berbeda. Selain itu tuntutan pekerjaan pun cukup menguras kesabaran. Satu hal lagi yang menjadi jebakan adalah masalah gaji. Banyak calon TKI yang terlalu berekspektasi tinggi mengenai gaji. Tetapi setelah sampai di negara tujuan dan bekerja beberapa bulan, hasilnya tidak seperti yang dibayangkan. Perlu ditanamkan dalam diri bahwa bekerja di luar negeri sama saja dalam masalah penggajian. Ada UMR yang harus diikuti dan itu tidak langsung bernominal besar.

EP 13 3 scaled - Ingin Bekerja di Luar Negeri? Ini Tips Sukses Menjadi TKI

Sumber: https://www.idntimes.com/

Untuk masalah gaji ini Anda benar-benar harus pintar dalam mengelola apabila memang ingin menikmati hasilnya. Banyak yang akhirnya terlalu konsumtif karena merasa mendapatkan uang yang cukup banyak. Bijaklah dalam mengelola keuangan, tabunglah sebagian dari gaji Anda setiap bulannya. Simpan tabungan tersebut di tempat yang aman contohnya di bank atau aplikasi penyimpanan uang lainnya. Untuk hal ini pilihlah bank dan aplikasi yang tidak mempersulit proses keluar masuknya uang. Hal ini karena Anda pun butuh untuk mengirim kepada sanak saudara di Indonesia. Dan salah satu aplikasi pengelolaan finansial yang tidak akan mempersulit Anda adalah Qelola. Qelola akan memfasilitasi Anda dengan proses pengiriman uang ke Indonesia secara cepat dan tentu saja murah. Sehingga uang yang Anda tabung tidak terbuang banyak untuk biaya administrasi pengiriman saja. Download aplikasinya sekarang juga!

Tags: , , , , , , , ,