Simak Syarat untuk Menjadi Tenaga Kerja Wanita di Malaysia

tenaga kerja wanita

Tenaga Kerja Wanita atau TKW menurut Undang-Undang No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan adalah setiap wanita yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat. Aturan hukum bagi TKW tentu berbeda dengan tenaga kerja laki-laki. Sebagai contoh, ada aturan mengenai cuti melahirkan, batasan dan ketentuan jam kerja, pelecehan seksual di tempat kerja, dan sebagainya. Tak terkecuali syarat untuk menjadi TKW di Malaysia.

Persyaratan yang diberikan akan sedikit berbeda dengan calon tenaga kerja Indonesia laki-laki. Hal itu tentu saja akan bermanfaat juga nantinya bagi para Buruh Migran Indonesia (BMI) atau biasa disebut dengan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) perempuan atau wanita. Karena tak dapat dipungkiri juga fakta bahwa tenaga kerja wanita memiliki resiko mendapat perlakuan tidak baik dari majikan atau pimpinan perusahaan tempat mereka bekerja. Itulah kenapa beberapa persyaratan khusus harus dipenuhi. Berikut ini adalah syarat-syarat menjadi TKW di Malaysia.

A.  Syarat Menjadi Tenaga Kerja Wanita di Malaysia

1.  Visa Bekerja di Malaysia

Tidak ada aturan yang berbeda dengan tenaga kerja Indonesia laki-laki terkait hal ini. Baik perempuan maupun laki-laki wajib memilikinya.

2.  Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi dapat Anda peroleh dari kepala dinas tenaga kerja kabupaten atau kota. Tidak ada aturan yang berbeda dengan tenaga kerja Indonesia laki-laki terkait hal ini.

3.  Paspor Indonesia

Pastikan paspor yang Anda miliki ini masih berlaku. Terlebih bagi Anda yang sudah pernah membuat paspor sebelumnya. Tidak ada aturan yang berbeda dengan tenaga kerja Indonesia laki-laki terkait hal ini.

4.  Usia Minimal

Tenaga kerja wanita yang akan bekerja di luar negeri harus berusia minimal 20 tahun dan maksimal 45 tahun. Pendidikan terakhir pun minimal SMA atau sederajat.

5.  Terdaftar di DEPNAKER RI

Tidak ada aturan yang berbeda dengan tenaga kerja Indonesia laki-laki terkait hal ini.

6.  Kontrak Kerja

Tidak ada aturan yang berbeda dengan tenaga kerja Indonesia laki-laki terkait hal ini.

7.  Lulus Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan yang dimaksud adalah FOMEMA. Biaya yang dibutuhkan untuk mengikutinya adalah RM190 untuk calon TKI perempuan. Biaya ini akan ditanggung sepenuhnya oleh majikan atau perusahaan tempat Anda bekerja.

8.  Permit Kerja

Permit kerja atau work pass ini nantinya akan diurus oleh majikan atau perusahaan tempat Anda bekerja karena akan ada biaya yang dikenakan setiap tahun (levy). Tidak ada aturan yang berbeda dengan tenaga kerja Indonesia laki-laki terkait hal ini.

9.  Kartu Pengenal Pekerja Asing

Hampir sama dengan syarat di atas, biaya pengurusannya dibebankan kepada majikan, yaitu sekitar RM110. Tidak ada aturan yang berbeda dengan tenaga kerja Indonesia laki-laki terkait hal ini.

10.  Majikan yang Terdaftar

Pastikan juga nantinya Anda akan bekerja kepada majikan dan perusahaan yang nama dan alamatnya sudah tercantum dalam permit kerja. Sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, Anda akan cepat mendapatkan bantuan. Baik dari pemerintah Malaysia maupun pemerintah Indonesia.

11.  Program Asuransi Malaysia

Pastikan bahwa pihak yang akan mempekerjakan Anda telah mendaftarkan Anda dalam program asuransi di Malaysia. Ketentuan ini tercantum dalam Workmen Compensation Act tahun 1952. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda terutama terkait pemenuhan hak-hak Anda sebagai tenaga kerja wanita.

B.  Perbedaan Signifikan dengan Tenaga Kerja Laki-Laki

27080 scaled - Simak Syarat untuk Menjadi Tenaga Kerja Wanita di Malaysia

1.  Sektor Pekerjaan

Tenaga kerja wanita kebanyakan diarahkan untuk bekerja di sektor rumah tangga, mengasuh anak dan/atau orang tua, dan sebagainya. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki pendidikan terakhir SMA atau sederajat. Namun, bagi Anda yang memiliki pendidikan terakhir di atas SMA, misal Strata 1 atau lebih tinggi, peluang untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda juga lebih besar dan beragam. Artinya, Anda tetap memiliki kesempatan mendaftar sebagai tenaga kerja profesional

12970 700x467 - Simak Syarat untuk Menjadi Tenaga Kerja Wanita di Malaysia

2.  Proses Perekrutan

Untuk bekerja di sektor rumah tangga, para calon TKW ini harus bersedia mengikuti pelatihan yang disediakan perusahaan agensi. Materi pelatihan meliputi banyak hal. Namun yang paling penting ada 2, yaitu pelatihan bahasa dan menggunakan alat-alat elektronik.

Waktu yang dibutuhkan untuk menjalani pelatihan bahasa Malaysia rata-rata 3 bulan. Jika Anda dapat menguasainya kurang dari 3 bulan, maka semakin cepat juga Anda berangkat ke Malaysia. Meskipun begitu, waktu paling lama untuk belajar bahasa adalah kurang lebih 5 bulan. Kemudian pelatihan dalam menggunakan alat-alat elektronik juga sangat perlu. Apalagi Anda akan sering menggunakan alat elektronik di rumah majikan. Kedua jenis pelatihan ini memang menjadikan proses perekrutan TKW di Malaysia menjadi lebih panjang.

Demikian syarat-syarat yang harus dipenuhi jika Anda perempuan dan ingin bekerja di Malaysia. Memang terlihat banyak dan seperti sulit didapatkan. Namun jika Anda mengikuti perusahaan agensi legal, beberapa syarat di atas akan dibantu dalam mencarikannya. Apalagi beberapa syarat di atas sangat membutuhkan kerjasama dari pihak yang akan mempekerjakan Anda nantinya.

Selain syarat di atas, Anda juga harus mempersiapkan hal-hal kecil namun penting sekali sebelum berangkat ke Malaysia. Salah satunya adalah urusan mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia dan sebaliknya. Qelola hadir sebagai aplikasi keuangan yang akan membantu para calon TKW dan yang sudah menjadi TKW dalam hal mengirim uang. Jadi jangan ragu untuk download Qelola di play store.

Tags: , , , , ,