7 Daftar Universitas Termurah di Malaysia

universitas di malaysia

Saat ini banyak anak muda yang ingin melanjutkan studynya ke luar negeri. Kenyataannya, banyak universitas yang dapat dicari di dunia ini, tapi tidak semuanya memiliki biaya terjangkau. Namun, jika kita lebih teliti lagi sebenarnya ada beberapa universitas yang tidak memerlukan biaya sekolah terlalu tinggi. Salah satu daftar universitas termurah di luar negeri yang bisa Anda jangkau dengan mudah dari segi biaya yaitu berada di Malaysia. Di Malaysia, banyak terdapat universitas yang sudah memenuhi syarat dan tentunya memiliki kualitas yang baik untuk para lulusannya ke depan.

Anda dapat memilih berbagai macam jurusan perkuliahan di beberapa universitas yang ada. Jenjang pendidikan yang tersedia di sana pun sangat bervariasi. Namun satu hal yang perlu Anda perhatikan, meski biaya kuliah di Malaysia terbilang murah, namun kualitas universitas di sana tidak kalah dengan universitas yang ada di negara lain. Untuk dapat mengetahui nama-nama universitas murah yang bisa Anda tuju, di bawah ini akan kita bahas tentang 7 daftar universitas termurah di Malaysia.

7 Daftar Universitas Termurah di Malaysia.

kuliah - 7 Daftar Universitas Termurah di Malaysia

Sumber: nebeep.com

1. Universitas Utara Malaysia

Universitas ini adalah salah satu tempat perkuliahan termurah di Malaysia. Tempat pendidikan ini juga dikenal dengan nama Management Universiti. Universitas Utara Malaysia merupakan satu-satunya tempat kuliah yang didirikan dengan spesialisasi manajemen pendidikan dari awal berdiri. Universitas ini juga memiliki posisi terdepan dalam bidang akademik internasional. Anda dapat memilih berbagai macam jurusan yang ditawarkan dari universitas. Anda juga bisa memilih berbagai tingkat kelulusan baik Sarjana dan Master di tempat ini. Biaya pendidikan tahunan bagi mahasiswa asing di universitas ini sekitar RM8.880 atau setara dengan 30,1 juta rupiah.

2. Universitas Tun Hussein Onn Malaysia

husein - 7 Daftar Universitas Termurah di Malaysia

Sumber: academicindonesia.com

Merupakan universitas negeri yang memiliki tujuan utama dalam memberikan pelatihan dan keterampilan yang memadai di bidang teknik. Anda tidak perlu khawatir jika menyekolahkan putra dan putri Anda di UTHM karena universitas ini mendidik dan mengajarkan para sarjananya menjadi lulusan berkelas internasional melalui program pembelajaran dan penelitian yang berkualitas. Adapun biaya pendidikan di UTHM per tahun sekitar RM7.350 atau setara dengan 25,2 juta rupiah.

3. Universitas Malaysia, Kelantan

Dikenal sebagai salah satu tempat pendidikan terjangkau di Malaysia. Universitas Malaysia Kelantan memiliki 4 fakultas yang menawarkan program sarjana dan gelar pascasarjana di bidang Agro-Industri dan Sumber Daya Alam, Kewirausahaan dan Bisnis, Teknologi Kreatif serta Kedokteran Hewan. Biaya pendidikan tahunan di universitas Kelantan Malaysia ini kurang lebih sekitar RM3.255 – RM3.767 atau setara dengan 11– 12.8 juta rupiah.

4. Universitas Malaya

 

malaya - 7 Daftar Universitas Termurah di Malaysia

Sumber: unieasy.com

Adalah salah satu Universitas Riset Publik tertua dan terkenal yang berlokasi di Kuala Lumpur Malaysia. Tempat kuliah ini juga merupakan salah satu universitas termurah di Malaysia. Universitas Malaya mendapatkan penghargaan sebagai universitas terbaik di Malaysia selama empat tahun berturut-turut. Anda bisa berkuliah di tempat ini dengan mengeluarkan biaya pendidikan sebesar RM40.883 – RM89.996.

5. Universitas Teknikal Malaysia Melaka

Merupakan salah satu tempat pendidikan terkenal dengan fasilitas mutakhir di semua departemen utama. Universitas Malaysia yang terjangkau ini merupakan salah satu tempat kuliah terbesar di Malaysia dengan total pendaftaran siswa sebanyak 10.930 setiap tahunnya. Biaya yang di kenakan untuk mahasiswa internasional di sini adalah sebesar RM4.000 atau setara dengan 13,6 juta rupiah.

6. Universitas Sains Islam Malaysia

Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) memiliki Sembilan fakultas. Program sarjana dan pascasarjana yang dapat Anda atau putra putri Anda tempuh saat berkuliah di tempat tersebut adalah bidang keagamaan, pendidikan, kedokteran, dan teknologi informatika. Adapun biaya pendidikan tahunan yang dibebankan oleh Universitas Sains Islam Malaysia sebesar RM5.866 atau setara dengan 20,1 juta rupiah.

7. Universitas Malaysia Pahang

Merupakan salah satu universitas teknik publik mandiri yang berfokus pada jurusan teknik dan teknologi. Universitas ini juga merupakan salah satu sekolah pendidikan termurah di Malaysia. Tempat ini memiliki 9 fakultas yang terdiri dari berbagai macam jurusan. Selain itu universitas ini juga merupakan salah satu ikon terkenal kota Pahang karena memiliki sarana dan prasarana yang sangat bagus. Adapun biaya pendidikan tahunan di Universitas Malaysia Pahang untuk mahasiswa internasional yaitu RM3.665 atau setara dengan 12,5 juta rupiah.

Mengatur Pembiayaan Pendidikan di Malaysia

7 daftar universitas termurah ini tentunya akan memberi Anda banyak harapan untuk menyekolahkan putra putri Anda ke luar negeri. Anda sebagai para orang tua pun juga tidak perlu khawatir jika putra-putrinya melanjutkan pendidikan di Malaysia karena segala proses administrasi dan pembayaran di sana saat ini sangatlah canggih. Anda bisa mengecek status pembayaran di internet dan melakukan pembayaran secara mudah melalui bank untuk kemudian di kelola melalui aplikasi keuangan dengan biaya rendah semacam Qelola.

Qelola merupakan aplikasi keuangan yang dapat menjadi perantara dua negara yaitu Indonesia – Malaysia. Dengan mengenakan biaya hanya sebesar RM5, Qelola bisa dikatakan sebagai aplikasi keuangan dengan biaya transfer antar negara termurah. Anda juga tidak perlu khawatir jika putra atau putri Anda menggunakan Qelola, karena semua fitur dalam aplikasi Qelola bisa digunakan dengan cara mudah melalui smartphone Anda.

Dapatkan ketenangan untuk menyekolahkan putra Anda di Universitas Malaysia, melalui kemitraan bersama Qelola!

Tags: , , , , , , ,