Rekomendasi Makanan Malaysia, Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

makanan malaysia

Malaysia bukan hanya terkenal dengan pariwisata dan budayanya yang menarik, tetapi juga sajian makanan Malaysia yang beraneka ragamnya. Selain itu, ada juga yang tidak boleh dilupakan, yaitu buah tangan berupa makanan ringan untuk dibawa pulang dan dibagikan kepada saudara dan sahabat di kampung halaman. Berkunjung ke Negeri Jiran, jangan sampai Anda lupa untuk membeli oleh-oleh khas Malaysia seperti yang direkomendasi berikut ini:

1. Cokelat Malaysia

makanan malaysia 1 - Rekomendasi Makanan Malaysia, Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Seperti yang telah umum diketahui bahwa cokelat terbaik di dunia memang tidak lepas dari dua negara Eropa, yaitu Belgia dan Belanda. Cokelat dari negara tersebut memang sangat terkenal dengan kelezatan maksimal. Jika Anda ingin merasakan cokelat yang enak namun yang dekat dengan Indonesia, maka Malaysia adalah jawabannya.

Ada alasan mengapa cokelat di Malaysia wajib untuk Anda beli sebagai oleh-oleh cemilan khas Malaysia. Cokelat di sana menempati urutan kelima sebagai cokelat terbaik di dunia dan urutan pertama jika terbaik di Asia. Untuk bisa merasakan nikmatnya cokelat Malaysia ini, Anda bisa datang saja ke salah satu produsen terbesar dan tertua yang terletak di di Jalan Imbi, Kuala Lumpur bernama Beryl’s Chocolate Kingdom.

2. Dodol Malaysia

makanan malaysia 2 - Rekomendasi Makanan Malaysia, Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Meskipun namanya sama-sama dodol, namun dodol diantara negara Indonesia dan Malaysia memiliki perbedaan yang mencolok, yaitu pada bentuknya. Jika dodol yang selama ini terkenal di Indonesia berbentuk tabung memanjang, lain halnya dengan dodol Malaysia yang berbentuk segitiga.

Bahan yang digunakan pada dodol Malaysia juga hampir sama dengan dodol yang dijual di Indonesia pada umumnya. Yaitu santan beras dan gula untuk memberikan rasa manis. Namun biasanya beda produsen, berbeda pula jenis gula yang digunakan untuk pembuatannya, sehingga memberi perbedaan pada rasa. Untuk rasa dodol sendiri, di Malaysia mempunyai rasa kelapa dan durian yang menjadi dodol paling populer di sana. Selain itu masih ada banyak varian rasa lain yang sangat familiar di lidah orang Indonesia. Untuk mendapatkannya, Anda bisa datang langsung di kawasan R & R Jemapoh di sepanjang Jalan Kuala Pilah-Bahau.

3. Kek Lapis Sarawak

makanan malaysia 3 700x467 - Rekomendasi Makanan Malaysia, Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Sebagian besar dari penduduk Indonesia pasti sudah tidak asing dengan kue lapis. Karena di Indonesia, kue tersebut memang mudah ditemui di toko-toko kue ataupun pasar-pasar tradisional. Ternyata Malaysia juga punya kue lapis khas makanan Malaysia yang bernama Kek Lapis Sarawak. Sesuai namanya, makanan Malaysia ini merupakan kue lapis yang berasal dari Sarawak, Malaysia.

Kek Lapis Sarawak adalah kue tradisional Malaysia yang sering dibuat sebagai sajian dalam perayaan keagamaan. Seperti pada saat Idul Fitri, Natal, dan Deepavali. Selain itu, Kek Lapis Sarawak juga tidak jarang dipilih sebagai kue ulang tahun ataupun kue pada pesta-pesta pernikahan di Malaysia. Namun kue ini juga dijual di beberapa tempat, sehingga Anda bisa membelinya untuk dimakan langsung atau dibawa pulang ke kampung halaman.

4. Keropok Lekor

Keropok Lekor ini merupakan makanan khas Melayu Malaysia yang dimakan sebagai camilan. Kerupuk yang satu ini terkenal di kawasan pantai timur Malaysia, salah satunya adalah daerah Terengganu yang sejak lama dikenal akan produksi Keropok Lekornya yang sangat banyak. Keropok Lekor juga biasa disebut sebagai sosis ikan, ikan goreng, atau ikan tongkat oleh penduduk Malaysia sendiri.

Camilan yang berasal dari Malaysia ini memiliki tampilan yang menyerupai otak-otak. Bahan yang digunakan untuk membuat Keropok Lekor adalah campuran antara tepung sagu dan ikan yang kemudian diberikan bumbu garam dan gula. Saat adonan digoreng dan matang, Keropok Lekor akan berwarna kemerahan gelap dan rasanya amis. Keropok Lekor enak dimakan saat masih hangat bersama dengan saos cabai atau saus tomat.

5. Karipap

Karipap adalah makanan ringan khas Malaysia yang populer di Thailand dan Singapura juga. Apabila dilihat dengan seksama, Karipap ini mempunyai penampakan yang sangat mirip dengan pastel. Dari segi tampilan boleh sama, akan tetapi untuk isiannya berbeda. Jika pastel biasanya diisi dengan bihun, irisan kentang, telur, dan wortel, Karipap diberi isian daging dan kentang.

Untuk memperkuat cita rasa dari Karipap, biasanya ditambahkan lada hitam ke dalamnya. Di Malaysia, ada beberapa jenis Karipap yang dibedakan berdasarkan isiannya. Diantaranya adalah Karipap daging, Karipap ayam, Karipap ikan atau temosa, Karipap sarden, Karipap pusing, dan Karipap mini. Makanan yang satu ini tidak hanya dikenal dengan nama Karipap, tetapi juga Epok-epok, terutama di daerah Johor.

Baca juga: Cara Mudah Transfer Uang Dari Malaysia Secara Online

Menikmati Kuliner di Malaysia

Hal menarik apabila berkunjung ke Malaysia bukan hanya menikmati destinasi wisata saja, tetapi juga menikmati kekayaan kuliner yang ada di sana. Apalagi jika Anda adalah pemburu kuliner di setiap tempat wisata, maka berikut ini ada beberapa rekomendasi jenis makanan Malaysia yang wajib untuk Anda coba:

1. Kway Teow Penang

Kway Teow merupakan sebuah makanan yang di dalamnya terdapat kerang, udang, telur, dan toge. Dimasak dengan bumbu khas Penang yang membuat makanan ini sangat gurih dan lezat. Tempat yang menjual Kway Teow Penang ini berada di Cu Cha Restaurant, tepatnya di Bukit Bintang, Alor Street. Anda bisa merasakan lezatnya makanan ini dengan merogoh kocek sebesar RM12 atau sekitar Rp42.000.

2. Roti Canai Pisang

Makanan Malaysia yang satu ini adalah roti khas India yang cukup terkenal. Terdapat banyak roti canai pisang di negara lainnya, tetapi Anda harus mencoba yang satu ini, karena roti canai ini dikombinasikan dengan pisang yang membuat rasa roti ini menjadi lebih manis. Selain itu juga ditambah dengan rasa kari India yang penuh dengan rempah-rempah. Bagi Anda yang kurang menyukai pisang, ada berbagai topping lainnya yang bisa Anda pilih. Tempat makan ini sebenarnya terdapat beberapa cabang di Kuala Lumpur, salah satunya adalah di Restoran ABC KL Sentral. Anda bisa mendapatkan makanan ini dengan harga RM3,50.

3. Nasi Kandar

Menu Nasi Kandar ini cocok bagi Anda yang suka dengan makanan yang rasa rempah-rempahnya kuat. Anda bisa memilih berbagai macam lauk seperti ayam, kambing, ikan, udang, telur, dan masih banyak lagi menu lainnya. Salah satu menu yang wajib dicoba adalah nasinya atau nada saus kari yang sangat terasa rempahnya. Anda bisa mencoba kuliner ini yang berlokasi di Restoran ABC KL Sentral, dengan harga rata-rata RM7 sampai RM15.

Itulah beberapa referensi makanan Malaysia yang menjadi sajian paling diminati oleh penduduk lokal, domestik, hingga mancanegara. Jika berkunjung ke Malaysia, jangan sampai Anda melewatkannya. Agar kunjungan Anda di Malaysia selama beberapa hari lebih nyaman dan tenang, sebaiknya Anda telah menggunakan aplikasi pembayaran digital seperti Qelola. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam melakukan transaksi seperti transfer domestik maupun internasional. Fitur-fitur lain Qelola juga bisa Anda nikmati dan tentu saja akan membuat urusan keuangan Anda lebih praktis. Unduh aplikasi Qelola di sini!

 

Tags: , , , , , ,