Keuntungan TKW Indonesia yang Bikin Betah Bekerja

tkw indonesia

Bagi pekerja mungkin akan merasakan kurang nyaman ketika awal-awal bekerja. Begitu pula yang dirasakan oleh para TKW Indonesia yang bekerja di negara tetangga, Malaysia. Dengan alasan kuat untuk memperbaiki perekonomian keluarga di Indonesia, seorang TKW bertekad berangkat untuk mencari pengalaman kerja dan gaji yang lebih baik. Bahkan tak jarang, semakin lama bekerja di Malaysia akan semakin betah dan pantang pulang sebelum merasa cukup meraih yang diinginkan. Tentunya pencapaian para pekerja ini diiring dengan berbagai keuntungan yang diperoleh selama bekerja. Lalu seperti apa keuntungan ketika menjadi TKW Indonesia? Check this out!

Keuntungan Jadi TKW Indonesia di Malaysia

Berikut ini beberapa keuntungan yang diperoleh seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia yang bekerja di Negeri Jiran Malaysia. 

  • Gaji Lebih Besar dan Menjanjikan 

Untitled design 5 - Keuntungan TKW Indonesia yang Bikin Betah Bekerja

Bagi sebagian orang, gaji yang ditawarkan di luar negeri lebih besar daripada gaji yang diperoleh di dalam negeri. Untuk sebuah pekerjaan sederhana, seperti Asisten Rumah Tangga (ART) atau baby sitter saja akan dibayar dengan harga sangat tinggi. Bahkan belum termasuk bonus-bonus yang tidak sedikit. Di masyarakat pedesaan, bekerja di luar negeri secara tidak langsung akan meningkatkan status sosial keluarga. Karena dengan uang kiriman dari TKW atau TKI, keluarga di rumah dapat mencukupi segala kebutuhan hidup, membuka usaha, dan taraf hidup menjadi lebih baik. Walaupun gaji yang diperoleh besar, pastikan gaji yang didapat selama bekerja menjadi TKW Indonesia bisa ditabung dan diatur dengan baik.

  • Fasilitas dalam Pekerjaan Lebih Lengkap

pexels photo 1569076 - Keuntungan TKW Indonesia yang Bikin Betah Bekerja

Para pekerja wanita Indonesia di Malaysia akan merasakan kemudahan dalam pekerjaan karena telah disediakan fasilitas yang canggih dan cukup lengkap. Hal ini semakin memudahkan pekerjaan para TKW untuk bisa lebih produktif, profesional, dan optimal dalam bekerja. Pekerja dipastikan juga akan memperoleh fasilitas hidup mulai dari kebutuhan makan, transportasi, keamanan, dan juga tempat tinggal yang layak. Bahkan Anda akan mendapat asuransi kesehatan dan kecelakaan kerja. Jadi jangan pernah ragu dan khawatir dengan biaya hidup yang harus ditanggung selama bekerja di Malaysia.

  • Spesifikasi Pekerjaan Jelas

hands people woman working - Keuntungan TKW Indonesia yang Bikin Betah Bekerja

Pekerjaan terspesifikasi dengan baik dan sesuai dengan kontrak kerja yang telah disepakati di awal tentu sangat menguntungkan. Beban pekerjaan di luar negeri dirasa lebih layak dan sebanding dengan gaji yang diperoleh. Sistem pekerjaan yang sudah ditata dengan baik, jelas, dan spesifik mendorong TKW tetap memilih bekerja di luar negeri. Setiap pekerja dijamin tidak akan bekerja di luar spesifikasi dan keahlian yang dimiliki serta sesuai dengan porsi beban kerja yang disepakati. Biasanya agen penyalur resmi akan memberikan pelatihan keterampilan dan bahasa asing untuk semakin meningkatkan kualitas para calon pekerja luar negeri. Tentu hal ini menjadi poin penting agar pekerja dapat memenuhi kewajibannya sesuai dengan deskripsi pekerjaannya di tempat kerja.

  • Menjadi Pahlawan Devisa dan Dilindungi oleh Negara

 

house worker - Keuntungan TKW Indonesia yang Bikin Betah Bekerja

Baik TKI maupun TKW Indonesia merupakan penghasil devisa terbesar bagi negara. Setiap tahunnya remiten sebesar ratusan juta dolar mereka kirimkan dari luar negeri. TKI dan TKW sebagai warga negara berhak atas jaminan keamanan dari negara. Pasal 21 UU Nomor 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri menyebutkan bahwa, “Dalam hal warga negara Indonesia terancam bahaya nyata, Perwakilan Republik Indonesia berkewajiban memberikan perlindungan. Membantu dan menghimpun mereka di wilayah yang aman, serta mengusahakan untuk memulangkan mereka ke Indonesia.”

  • Ada Tempat Pengaduan Resmi jika Terjadi Permasalahan

startup photos - Keuntungan TKW Indonesia yang Bikin Betah Bekerja

Jika Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Tenaga Kerja Wanita berangkat secara resmi, legal, dan tercatat dengan baik, telah disediakan tempat pengaduan. Para TKI dan TKW Indonesia dengan kriteria tersebut dapat melaporkan pengaduan apabila terjadi persoalan terkait kehilangan paspor dan lainnya. TKI dan TKW yang bekerja melalui jalur resmi tentu akan diketahui asal usul daerah, jenis pekerjaan, agen penyalurnya, dan sebagainya. Sebaliknya jika tidak melalui jalur resmi atau ilegal, maka akan mengalami kesulitan dalam pengurusannya. Hak-hak pekerja dapat dipenuhi dan dilindungi oleh negera dengan semestinya kalau terdata secara resmi.

Alangkah baiknya sebelum memutuskan bekerja di luar negeri, seseorang harus melakukan pertimbangan, mencari informasi dari berbagai sumber tentang kondisi pekerjaan. Tak lupa berdiskusilah dengan teman dan keluarga untuk mematangkan pilihan. Tentu jika seorang TKW Indonesia telah berhasil mencukupi kebutuhan hidupnya dengan sangat layak, terkadang mereka bisa mengirimkan uang atau membayarkan kebutuhan dari Malaysia. Tidak perlu bingung lagi, kini para Tenaga Kerja Indonesia bisa membayarkan tagihan listrik, air, pajak motor, pendidikan keluarga di rumah dengan menggunakan aplikasi pembayaran Qelola. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk mengirimkan uang dan melakukan pembayaran tagihan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , ,