Paspor Malaysia: Cara Praktis Perpanjangan Paspor Online

paspor malaysia

Paspor merupakan salah satu dokumen yang sangat penting dan wajib Anda miliki jika akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Karena paspor digunakan sebagai tanda pengenal yang paling valid dari para turis saat berkunjung di suatu negara. Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui agar paspor Anda tetap dapat digunakan di negara yang akan Anda kunjungi. Lalu pasti timbul pertanyaan di dalam benak Anda, bagaimana cara melakukan perpanjang paspor Malaysia milik Anda? Apakah bisa dilakukan secara online dari Malaysia? Temukan jawabannya di bawah ini.

Baca juga: Simak Info TKI Malaysia Lengkap Berikut Ini

Masa Berlaku Paspor

paspor malaysia 1 700x406 - Paspor Malaysia: Cara Praktis Perpanjangan Paspor Online

Salah satu hal penting yang berkaitan dengan paspor adalah masa berlaku. Masa berlaku untuk paspor maksimal adalah 5 tahun, baik itu yang berisi 24 lembar ataupun yang berisi 48 lembar. Jadi, Anda harus bersiap untuk melakukan perpanjangan paspor sebelum masa aktifnya berakhir. Perpanjangan paspor juga bisa dilakukan 6 bulan sebelum masanya habis. 

Namun selain cara perpanjang paspor online, banyak sekali pertanyaan yang muncul tentang apakah paspor yang sudah habis masa berlakunya alias sudah mati bisa diperpanjang atau diganti dengan yang baru. Paspor yang sudah lama mati pada nyatanya masih dapat diperpanjang di kantor Imigrasi terdekat. Meskipun jangka waktu paspor expired tersebut sudah lebih dari 5 tahun. Syarat perpanjang paspor expired tidak berbeda jauh dengan syarat perpanjang paspor yang baru saja expired di tahun ke 5 pembuatannya. Berikut ini adalah rincian persyaratan yang perlu Anda siapkan:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Akta Nikah dan Buku Menikah (jika Anda sudah menikah).
  • Paspor yang lama.
  • Dan materai 6000.

Prosedur Perpanjangan Paspor

paspor malaysia 2 700x467 - Paspor Malaysia: Cara Praktis Perpanjangan Paspor Online

Ada dua cara perpanjangan paspor yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah secara manual, yaitu datang langsung ke kantor imigrasi terdekat dengan membawa beberapa persyaratan dan mengisi formulir yang disediakan oleh pihak imigrasi. Kedua adalah secara online. Cara perpanjang paspor online adalah pilihan yang paling tepat karena tidak akan memakan waktu lama untuk pendaftaran. Pendaftaran perpanjang paspor online memang sangat efektif bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang di hari kerja. Berikut ini adalah cara daftar antrian paspor online yang dapat dilakukan melalui website resmi kantor Imigrasi.

Namun, meskipun Anda melakukan perpanjangan paspor Malaysia secara online, Anda tetap harus datang ke kantor imigrasi untuk melakukan wawancara, foto, serta menyerahkan data dan bukti pembayaran sebelum proses perpanjangan dilakukan. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan:

1.Mengunjungi Website Imigrasi

Langkah pertama untuk melakukan perpanjangan paspor secara online adalah dengan mengunjungi website imigrasi di antrian.imigrasi.go.id. Setelah itu, Anda harus memilih menu “Masuk” (sign in) untuk Anda yang sudah memiliki akun. Dan pilih menu “Masuk Dengan” (sign in with) bagi Anda yang belum memiliki akun. Anda bisa mendaftar menggunakan akun Facebook atau akun Google. Antrian Imigrasi Paspor Online juga bisa Anda unduh secara gratis di Google Playstore secara gratis dengan keyword “Antrian Paspor Online”.

2.Mengisi Formulir Secara Lengkap

Setelah masuk ke halaman Layanan Paspor Online, isikan semua data yang dibutuhkan dengan benar dan lengkap ke dalam kolom “Registrasi Form”. Setelah semua data yang yang dibutuhkan terisi dengan benar, selanjutnya klik menu “Simpan”.

3.Memilih Jadwal untuk Datang ke Kantor Imigrasi

Di tahapan ini, Anda bisa memilih menu “List Kanim”, yaitu berupa alamat kantor imigrasi dengan lokasi yang terdekat dari domisili Anda. Hal ini bertujuan agar memudahkan Anda saat datang ke kantor imigrasi untuk membawa dokumen yang dibutuhkan. Lanjutkan dengan cara klik “Buat Permohonan”. Pemilihan tanggal dan lokasi bisa Anda pilih apabila kuota masih tersedia. Sedangkan apabila kuota di tanggal dan lokasi yang Anda pilih berjumlah 0, maka Anda bisa memilih lokasi lain atau alternatif di tanggal lainnya.

4.Melakukan Verifikasi dan Pembayaran

Setelah selesai mengisikan formulir, selanjutnya Anda harus melakukan pembayaran. Informasi ini akan dikirimkan ke email yang sudah Anda daftarkan. Pembayarannya biasanya tertuju pada Bank BNI baik melalui ATM ataupun datang ke bank secara langsung.

5.Mendatangi Kantor Imigrasi Sesuai Jadwal

paspor malaysia 3 - Paspor Malaysia: Cara Praktis Perpanjangan Paspor Online

Langkah yang terakhir adalah dengan mengunjungi kantor imigrasi sesuai dengan jadwal yang sudah Anda pilih. Jangan lupa untuk membawa semua berkas atau dokumen yang dibutuhkan dalam persyaratan termasuk bukti pembayaran. Selain itu, jangan lupa untuk menunjukkan barcode yang sudah Anda terima saat pendaftaran online, sebagai bukti untuk mencetak nomor antrian. Antrian memang tetap dibutuhkan untuk mendapatkan giliran Wawancara, Verifikasi Berkas, Pengambilan Biometrik, serta melakukan Foto. Untuk pengambilan paspor yang sudah jadi biasanya terhitung selama 3 sampai 4 hari kerja setelah proses wawancara dan verifikasi berkas.

Itulah beberapa cara perpanjang paspor Malaysia milik Anda secara online yang bisa dilakukan. Jangan lupa untuk memperhatikan tata cara dan serta ketentuan lainnya agar proses berjalan dengan lancar dan cepat.

Proses yang lancar dan cepat tentu saja akan Anda nikmati jika Anda mengandalkan aplikasi Qelola untuk setiap transaksi yang Anda lakukan selama di Malaysia. Dengan Qelola, Anda akan dimanjakan dengan fitur lengkap dan keunggulannya. Transaksi dari Malaysia tanpa repot dan dengan biaya yang sangat murah kini nyata bisa Anda rasakan. Informasi selengkapnya klik disini.

Tags: , , , , , , ,