Kerja di Luar Negeri: Malaysia Salah Satu Negara Tujuan

kerja di luar negeri

Bagi Anda yang ingin mempunyai tantangan baru dalam karir, tentu saja Anda bisa mencoba untuk kerja di luar negeri. Selain suasananya yang benar-benar berbeda dari negara asal Anda, dengan kerja di luar negeri Anda bisa mendapatkan pengalaman dan ilmu baru yang banyak. Selain itu, dengan bekerja di luar negeri Anda juga bisa belajar untuk menjadi lebih mandiri, dan mampu berpikir lebih terbuka karena perbedaan gaya hidup dan budaya yang berbeda.

Namun, memilih negara tujuan Anda untuk bekerja tidak bisa sembarangan. Jika tujuan Anda adalah bekerja, itu artinya Anda akan tinggal dalam jangka waktu yang lama di negara tujuan tersebut. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk bekerja di suatu negara, Anda harus memilih terlebih dahulu negara-negara mana yang nyaman untuk Anda tinggali. Serta mencari informasi sebanyak-banyaknya bagaimana agar bisa bekerja di sana.

Baca juga: Simak Daftar 5 Kantor KJRI Malaysia yang Bisa Anda Tuju

Rekomendasi Negara Tujuan untuk Bekerja

kerja di luar negeri 1 - Kerja di Luar Negeri: Malaysia Salah Satu Negara Tujuan

Sumber: www.kaskus.co.id

Berikut ini, ada rekomendasi beberapa negara yang ramah dan nyaman untuk orang asing dan bisa dijadikan tujuan Anda kerja di luar negeri.

1.Korea Selatan

Korea Selatan memiliki 4 musim seperti negara-negara di Eropa pada umumnya. Satu-satunya hal yang ekstrim dari negara Korea Selatan bagi Anda yang berasal dari negara tropis adalah cuacanya. Jadi, untuk bekerja di sana, Anda harus menyiapkan pakaian untuk musim dingin. Korea Selatan cukup ramah dengan wisatawan muslim, sehingga makanan halal dapat ditemukan dengan mudah di sana. Biaya hidup di Korea Selatan bisa dibilang tidak terlalu mahal. Sedangkan untuk biaya tempat tinggal harganya cukup bervariasi.

2.Singapura

Negara Singapura memang sudah menjadi langganan menerima karyawan atau pekerja dari Indonesia. Negara yang dikenal dengan patung singanya ini banyak membuka lowongan pekerjaan khusus diperuntukkan orang Indonesia. Hanya saja, rata-rata gaji karyawan di Singapura susah diukur karena Singapura tidak menerapkan sistem UMK seperti di Indonesia. Bagi para pemula dan masih takut kerja di luar negeri, Singapura bisa menjadi negara pertama Anda.

3.Hongkong

Hongkong dianggap sebagai salah satu negara yang sangat ramah dengan para pendatang dari Indonesia. Di Hongkong, Anda akan menemukan banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) karena di sana adalah salah satu negara yang paling banyak menampung para tenaga kerja asing dari Indonesia. Hongkong juga dikenal dengan tingkat keamanan yang sangat baik.

4.Malaysia

Malaysia menjadi salah satu negara favorit yang dipilih oleh orang Indonesia untuk kerja di luar negeri. Stabil dan kuatnya nilai mata uang ringgit terhadap rupiah, membuat tingginya eksodus buruh migran Indonesia ke Malaysia. Selain alasan itu, Malaysia jelas memiliki kelebihan bagi buruh migran berbanding dengan negara lain di Asia, Australia, Amerika, Eropa, dan Afrika. Di Malaysia, buruh migran bisa pulang ke Indonesia kapan saja apabila tiba-tiba rindu sanak keluarga di kampung halaman.

Menjadi Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia

kerja di luar negeri 2 - Kerja di Luar Negeri: Malaysia Salah Satu Negara Tujuan

Sumber: www.teropongsenayan.com

Jika Anda telah memilih Malaysia sebagai negara tujuan Anda kerja di luar negeri, lalu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi calon TKI untuk bekerja ke Malaysia secara sah? Dilansir dari website resmi KBRI Kuala Lumpur, berikut ini adalah syarat dan ketentuan penduduk Indonesia yang ingin menjadi TKI secara legal ke Malaysia.

  • Memiliki paspor Indonesia asli yang masih berlaku.
  • Berumur antara 18 sampai dengan 38 tahun. Untuk TKI PLRT (Penata Laksana Rumah Tangga) atau pembantu rumah tangga harus berumur antara 21 sampai dengan 45 tahun.
  • Datang secara sah ke Malaysia melalui Pemerintah atau Perusahaan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS/PJTKI) yang telah terdaftar di DEPNAKER RI.
  • Menandatangani surat Kontrak Kerja dengan majikan.
  • Lulus pemeriksaan kesehatan (FOMEMA) dengan biaya sebesar RM180 (laki-laki) dan RM190 (wanita) yang ditanggung oleh majikan.
  • Memiliki work pass (permit kerja) yang telah diuruskan oleh majikan dan dikenakan bayaran per tahun (levy).
  • Memiliki/diuruskan kartu/Kad Pengenalan Pekerja Asing yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Malaysia.
  • Bekerja pada majikan yang nama dan alamatnya tercantum di dalam Permit Kerja.
  • Diikutkan ke dalam program asuransi di Malaysia berdasarkan Workmen Compensation Act 1952.

Nyaman Bekerja di Luar Negeri

kerja di luar negeri 3 - Kerja di Luar Negeri: Malaysia Salah Satu Negara Tujuan

Sumber: www.rimma.co

Mendapatkan gaji yang tinggi memang menjadi impian semua orang. Tetapi yang lebih penting dari gaji yang tinggi adalah keseimbangan hidup jika Anda ingin kerja di luar negeri. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memilih dan mencari tahu informasi lengkap tentang negara tujuan Anda bekerja. Pastikan Anda memilih negara yang tidak hanya memberikan gaji bagus, tapi juga cocok dengan kepribadian Anda. Jangan sampai karena terlalu fokus bekerja demi gaji yang tinggi, urusan kehidupan pribadi Anda justru malah memburuk. 

Sementara untuk urusan pengelolaan gaji Anda selama kerja di luar negeri, pastikan Anda mengunduh aplikasi yang tepat seperti Qelola. Dengan menggunakan Qelola, tentu saja Anda akan lebih mudah untuk melakukan transaksi hanya dengan menggunakan smartphone dalam genggaman Anda. Aplikasi Qelola membantu para pekerja migran (TKI) yang bekerja di luar negeri untuk mengelola dana mereka di negara asal mereka (Indonesia) secara efektif kapan dan dimana saja. Unduh dan coba sekarang juga!

Tags: , , , , , , , ,