Benarkah Kerja di Malaysia Banyak Keuntungannya?

Bandara Penang16 - Benarkah Kerja di Malaysia Banyak Keuntungannya?

Pilihan untuk mencari kerja di Malaysia, untuk sebagian orang, masih menjadi pilihan utama. Bukan berarti lapangan pekerjaan di Indonesia sudah sempit, namun peluang kerja yang ada di negeri jiran tersebut terbilang lebih menggiurkan. Selain karena letak geografisnya yang tidak terlalu jauh, Malaysia juga menawarkan banyak keuntungan untuk pekerja yang datang ke negaranya.

Jarak serta budaya yang tidak jauh berbeda menjadi faktor besar yang membuat pekerjaan di Malaysia banyak menjadi incaran. Selain itu tentu ada beberapa faktor lain yang dapat dikatakan menjadi faktor penarik. Mulai dari gaji atau upah yang kompetitif, pengalaman baru, tunjangan serta kemudahan beradaptasi, berikut penjelasan lengkap untuk setiap poinnya. Jika Anda mungkin berminat bekerja di sana, simak selengkapnya ya!

Kerja Di Malaysia dengan Gaji yang Tinggi

Bandara Penang12 - Benarkah Kerja di Malaysia Banyak Keuntungannya?

Faktor gaji tentu menjadi satu hal yang paling berpengaruh pada menariknya pekerjaan di negara Malaysia. Kerja di Malaysia, sudah banyak dipahami, sebagai pekerjaan yang sangat ‘basah’ untuk sisi rejekinya. Meski demikian tentu besar kecilnya gaji memang sangat bergantung pada kemampuan yang dimiliki, jenis pekerjaan yang dilakukan serta pengalaman kerja yang dimiliki.

Rata-rata gaji yang didapatkan oleh tenaga kerja di Malaysia adalah sekitar Rp12.000.000. Angka ini tentu terasa sangat besar dan dapat digunakan untuk menghidupi keluarga yang ada di tanah air. Dengan pengelolaan yang tepat, gaji pada kisaran angka ini dapat mencukupi kebutuhan rutin dan masih bisa disisakan untuk menabung.

Pengalaman Kerja di Malaysia Baru yang Bisa Jadi Batu Loncatan

Bandara Penang13 - Benarkah Kerja di Malaysia Banyak Keuntungannya?

Untuk tenaga kerja yang telah memiliki pekerjaan incaran di Malaysia, misalnya Anda masuk dalam segmen tenaga kerja ini, Anda akan mendapatkan banyak pengalaman kerja baru sehingga dapat meningkatkan kualitas pekerjaan, dan tentu, rate gaji Anda. Mengapa dikatakan demikian? Karena banyak diantara pekerjaan yang ada di Malaysia menawarkan kesempatan belajar yang luas, sehingga akan menjadi kesempatan yang baik untuk sarana peningkatan kualitas diri.

Pengalaman kerja baru ini akan sangat bernilai untuk melengkapi riwayat pekerjaan atau untuk mengisi CV yang Anda miliki. Biasanya, dengan CV yang padat dan berkualitas, dengan sendirinya rate gaji Anda akan ikut naik. Hal ini juga bersamaan dengan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi pada tempat kerja baru kelak.

Berbagai Tunjangan Disamping Gaji yang Diterima

Bandara Penang14 - Benarkah Kerja di Malaysia Banyak Keuntungannya?

Jika di Indonesia banyak dikenal berbagai jenis tunjangan, sama halnya dengan di Malaysia. Namun demikian karena biaya hidup di Malaysia cenderung tinggi, kerja di Malaysia juga difasilitasi dengan tunjangan yang cenderung lebih besar sehingga dapat digunakan secara maksimal untuk kesejahteraan tenaga kerja yang ada di sana.

Mulai dari tunjangan tempat tinggal, tunjangan transportasi, tunjangan kendaraan, tunjangan pendidikan untuk anak, tunjangan kesehatan, dan tunjangan untuk berobat, idealnya akan didapatkan oleh Anda yang bekerja di sana. Setiap tunjangan ini memiliki syarat dan ketentuan masing-masing untuk dapat digunakan. Namun tenang, tentu jika Anda mengikuti prosedur yang berlaku setiap hak ini bisa Anda dapatkan tanpa masalah.

Kemiripan Budaya Memudahkan Adaptasi Kerja di Malaysia

Bandara Penang15 - Benarkah Kerja di Malaysia Banyak Keuntungannya?

Berada pada satu area yang sama, ASEAN, menjadikan Indonesia dan Malaysia memiliki kemiripan budaya yang cukup banyak. Selain itu, kemiripan budaya dan tradisi yang ada juga didukung dengan kesamaan leluhur yang merupakan bangsa Melayu. Hal ini secara tidak langsung juga berpengaruh pada kemudahan tenaga kerja Indonesia untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja di negara itu.

Dengan kemiripan budaya dan tradisi, biasanya orang Indonesia yang bekerja di Malaysia akan lebih mudah beradaptasi dan cepat bekerja dengan optimal. Hal ini tentu menguntungkan karena dengan demikian perusahaan yang mempekerjakan orang Indonesia tidak perlu membuang banyak waktu untuk mengadaptasi tenaga kerja Indonesia ke dalam budaya perusahaannya.

 

Beberapa keuntungan kerja di Malaysia di atas tentu tidak didapatkan secara cuma-cuma. Anda yang ingin bekerja di Malaysia tetap harus mempersiapkan diri dengan baik, menyiapkan skill dan nilai tambah agar mendapatkan pekerjaan yang tepat, serta mengikuti proses legal sehingga nantinya tidak akan ditemukan banyak masalah ketika Anda bekerja di sana.

Setiap keuntungan ini pada akhirnya akan dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja Indonesia yang berada di Malaysia. Hal tersebut idealnya berdampak langsung pula pada peningkatan kesejahteraan keluarga dari pekerja tersebut. Pengiriman uang yang lancar serta pengelolaan gaji untuk keperluan rutin yang baik menjadi kunci utamanya.

Kerja di Malaysia tentu tidak akan lepas dari transaksi uang dan pembayaran yang dilakukan untuk keperluan keluarga di Indonesia. Nah, untuk Anda yang sudah bekerja, atau akan bekerja di Malaysia, transfer uang dan pembayaran setiap keperluan bulanan (tagihan listrik, PDAM, BPJS dan lain sebagainya) dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan adanya layanan Qelola. Layanan ini menyediakan berbagai fitur yang memberikan Anda kemudahan dalam melakukan pembayaran setiap tagihan tersebut secara langsung ke instansi terkait. Keluarga di Indonesia juga akan lebih mudah mencairkan uang yang dikirim, karena prosesnya ringkas dan cepat. Segera unduh aplikasinya di sini, dan maksimalkan setiap fiturnya!

 

Tags: , , , , , , , , ,