Kirim Uang ke Luar Negeri Gratis? Simak Informasinya Berikut Ini

kirim uang

Kirim uang ke luar negeri sekarang bukanlah perkara yang sulit. Selain mudah, kirim uang ke luar negeri juga tidak menguras biaya administrasi yang banyak bahkan ada yang gratis. Ditambah lagi transaksi mengirim uang ke luar negeri juga terjadi secara real time, dalam hitungan detik saja uang yang Anda kirimkan sudah masuk ke rekening tujuan. Hal ini tentu saja berbeda dengan cara yang dipakai orang-orang zaman dahulu dimana mereka hanya bisa mengirim uang melalui wesel pos atau via bank. Semakin berkembangnya zaman, cara-cara konvensional tersebut mulai ditinggalkan walaupun masih ada beberapa yang masih menggunakannya. Di era data seperti sekarang kirim uang di dalam negeri atau ke luar negeri bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja.

Kirim Uang via Bank

Kirim uang ke luar negeri via bank adalah salah satu cara orang terdahulu dalam melakukan transaksi keuangan. Hal ini dilakukan untuk keperluan keluarganya yang ada di luar negeri, biaya sekolah di luar negeri, transaksi jual beli ke luar negeri dan lain-lainnya. Sayangnya, kirim uang ke luar negeri melalui bank ini memiliki banyak kekurangan. Jika Anda mengirim dana ke luar negeri menggunakan bank jangan berpikir bahwa uang yang dikirim akan langsung sampai saat itu juga. Anda ataupun penerima harus bersabar karena pengiriman uang lewat bank ini membutuhkan waktu. Kenapa bisa demikian? Sistem perbankan yang ada di Indonesia dengan di luar negeri tidak sama. Jika di Indonesia menganut SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication), bank luar negeri menganut IBAN (International Bank Account Number). Oleh karena itu perlu adanya penyesuaian terlebih dahulu antara pihak bank dalam negeri dan luar negeri sebelum akhirnya uang dapat sampai ke rekening tujuan.

Kirim uang melalui bank juga membutuhkan biaya tambahan yang mungkin akan membebani Anda. Biaya tambahan dalam kirim uang ke luar negeri biasanya cukup mahal. Selain biaya administrasi, Anda juga harus membayar ongkos kawat serta biaya bank koresponden. Bank koresponden sendiri adalah agen perantara antara bank di dalam negeri dengan yang ada di luar negeri.

architectural design architecture banks barclays 351264 - Kirim Uang ke Luar Negeri Gratis? Simak Informasinya Berikut Ini

Kirim Uang di Era Digital

Di era digital seperti sekarang cara kirim uang melalui bank perlahan-lahan mulai ditinggalkan. Hal ini terjadi karena hadirnya beberapa alternatif baru dalam bertransaksi ke luar negeri yang dapat dilakukan secara online. Selain mudah dan praktis, transaksi uang antar negara berlangsung secara real time. Tidak perlu waktu lama sampai uang sampai ke penerima. Keuntungan lainnya, biaya tambahan yang dikeluarkan jauh lebih ekonomis bahkan ada yang tidak dipungut sama sekali. Hebatnya lagi, aplikasi online yang sudah banyak beredar saat ini menjamin keamanan dalam bertransaksi sehingga dapat dipercaya. Anda pasti penasaran kan dengan layanan kirim uang antar negara berbasis online tersebut, simak ulasannya berikut ini.

beautiful asian woman using smartphone buying online shopping 7861 797 - Kirim Uang ke Luar Negeri Gratis? Simak Informasinya Berikut Ini

Pilihan Layanan Online untuk Transfer Uang Antar Negara

  • Azimo

Kirim uang ke luar negeri secara online bisa Anda lakukan melalui Azimo. Sudah banyak orang yang mempercayakan pengiriman uang antar negara melalui Azimo karena berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Azimo menjamin uang yang Anda kirimkan akan sampai ke tujuan pada hari itu juga. Menariknya, Anda tidak akan dipungut biaya tambahan saat melakukan transaksi pertama kali. Selanjutnya pada transaksi kedua, ketiga dan setelahnya baru Anda akan dikenakan biaya transfer. Besarnya biaya transfer yang dipatok Azimo sendiri berbeda-beda tergantung negara mana yang menjadi tujuannya. Namun jangan khawatir, Azimo menjamin biaya transfer yang harus Anda keluarkan masih ramah dikantong.

Selain itu, kirim uang lewat Azimo akan langsung sampai ke rekening tujuan karena perbedaan sistem perbankan antarnegara ditangani langsung oleh Azimo. Namun sayangnya, bagi Anda yang tinggal di Indonesia belum bisa menikmati kirim uang melalui layanan online satu ini. Indonesia untuk sekarang hanya menjadi salah satu negara tujuan transfer atau negera penerima uang yang dikirim dari luar negeri.

  • TransferWise

Layanan kirim uang selanjutnya yang juga direkomendasikan adalah TransferWise. Sama halnya dengan Azimo, transaksi keuangan skala internasional melalui TransferWise dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Bagaimana caranya? Anda hanya perlu mengisi formulir yang menjelaskan jumlah uang yang akan dikirim dan data akun bank dari negara tujuan. Mengenai biaya transfernya sendiri nantinya bergantung dari jumlah uang yang akan dikirimkan serta negara mana yang menjadi tujuan transfer uang. Biaya transfernya nanti akan dipotong secara otomatis dari jumlah uang yang akan dikirim. TransferWise sendiri tidak menggunakan nilai tukar yang ditentukan oleh bank melainkan memakai nilai tukar mata uang yang aktual. Lagi-lagi layanan ini belum dapat dilakukan bagi Anda yang ada di tanah air. Indonesia saat ini hanya menjadi negara tujuan atau negara penerima uang saja.

phone1 - Kirim Uang ke Luar Negeri Gratis? Simak Informasinya Berikut Ini

Alternatif kirim uang ke luar negeri lainnya adalah melalui aplikasi Qelola. Aplikasi ini cukup populer di Malaysia karena memang dirancang bagi TKI yang ada di Malaysia yang ingin mengirimkan uang ke Indonesia secara online. Saat ini, bagi Anda yang akan bertransaksi melalui aplikasi Qelola tidak akan dipungut biaya alias gratis. Untuk bisa menikmati layanan transfer uang gratis lewat aplikasi Qelola ini sangat mudah. Anda hanya perlu mendownload aplikasi Qelola melalui Playstore atau Appstore. Selanjutnya Anda bisa mendaftarkan nomor Anda ke aplikasi untuk bisa menikmati layanan transfer uang yang ada di dalamnya. Transaksi kirim uang ke keluarga atau kerabat di Indonesia dapat Anda lakukan lewat ponsel pribadi dengan mengikuti petunjuk yang ada di aplikasi Qelola.

Aplikasi Qelola adalah salah satu solusi digital terutama bagi Anda TKI yang ada di Malaysia untuk kirim uang ke Indonesia secara online. Selain mudah dan cepat, Anda juga mendapat keuntungan free biaya transfer. Selain untuk transfer uang, aplikasi Qelola juga dapat Anda nikmati untuk membayar tagihan listrik, air dan BPJS keluarga Anda di tanah air. Pembelian pulsa dan juga voucher game juga dapat Anda lakukan lewat aplikasi ini. Segera download aplikasi Qelola disini dan nikmati transaksi yang Anda inginkan secara online.

 

Tags: , , , , ,