Tips Beli Ringgit Malaysia Lebih Untung

beli ringgit

Jaraknya yang sangat dekat, membuat Malaysia menjadi tujuan wisata, belajar dan bekerja yang paling diminati oleh warga negara Indonesia. Tidak mengherankan jika Malaysia menjadi negara dengan jumlah TKI Indonesia terbanyak. Ketika ingin mengunjungi Malaysia, tetunya kita butuh untuk beli ringgit agar dapat membeli berbagai kebutuhan selama berada di Malaysia. Namun, seringkali harga beli ringgit yang didapatkan masih kurang memuaskan. Ketika beli ringgit Anda bisa saja mendapatkan harga yang sangat tinggi atau malah mengalami penipuan. Oleh karenanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar harga beli yang Anda dapatkan lebih memuaskan dan menguntungkan. Dan berikut tipsnya.

EP 7 3 - Tips Beli Ringgit Malaysia Lebih Untung

Sumber: http://rri.co.id/

Jangan Beli Ringgit di Malaysia

Nilai tukar rupiah cenderung lebih lemah ataupun rendah dibandingkan dengan ringgit. Sehingga disarankan untuk membeli ringgit di Indonesia untuk menghindari perbedaan harga yang signifikan. Selain itu, Anda juga lebih mengerti bahasa yang digunakan sehingga komunikasi berjalan dengan lancar dan lebih nyaman. Ini untuk menghindari kesalahan dalam penukaran ataupun tindak penipuan dari pihak penjual ringgit. Jika memang harus menukar ringgit di Malaysia, utamakan menukar rupiah ke ringgit via ATM.

Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Untuk mendapatkan harga beli ringgit yang lebih murah lagi, tidak ada salahnya jika Anda melakukan riset terlebih dahulu. Riset ini bisa dilakukan dengan membandingkan nilai tukar di beberapa tempat. Bisa membandingkan nilai tukar beberapa money changer atau membandingkan dengan nilai tukar di bank.

EP 5 7 - Tips Beli Ringgit Malaysia Lebih Untung

Sumber: https://www.truemoney.co.id/

Beli Jauh-Jauh Hari

Poin ini masih sejalan dengan poin sebelumnya. Usahakan untuk membeli ringgit paling lambat seminggu sebelum keberangkatan Anda ke Malaysia. Hindari membeli ringgit pada waktu yang mepet sehingga bisa melakukan perbandingan dan membuat keputusan yang lebih baik. Opsi lainnya adalah menukar uang di hari Senin atau Selasa, atau ketika pasar baru dibuka. Selain itu kurs hari ini bisa jadi tidak lagi berlaku esok harinya. Jadi kalau Anda memembelinya jauh-jauh hari, Anda bisa mendapatkan posisi kurs terbaik.

Perhatikan Komisi

Hal ini mungkin tidak disadari oleh Anda yang membeli ringgit di money changer. Harga beli di money changer memang lebih kompetitif, namun perlu diperhatikan apakah mereka menetapkan komisi atau tidak. Oleh sebab itu, sebelum membeli ringgit di money changer tanyakan dahulu mengenai komisi ini. Tidak sedikit dari money changer ini yang menetapkan komisi mulai dari 3%–7%. Dan ini dapat menyebabkan pembengkakan biaya yang harus dibayar.

Tepat Memilih Tempat Pembelian Ringgit

EP 7 2 - Tips Beli Ringgit Malaysia Lebih Untung

Sumber: https://www.nusabali.com/

1. Money Changer

Money changer menjadi salah satu tempat yang paling sering direkomendasikan ketika membeli ringgit. Selain karena lokasinya yang bisa ditemukan dimana-mana, harga belinya pun cukup memuaskan. Banyaknya money changer pun akan memberi kesempatan Anda untuk melakukan perbandingan harga dan memilih harga terbaik. Namun perlu diperhatikan untuk selalu memilih money changer berizin atau authorized money changer. Karena apabila Anda memilih untuk membeli ringgit di tempat yang tidak berizin, akan meningkatkan risiko penipuan, mendapatkan uang palsu ataupun rusak.

2. Bank

Selain money changer, bank juga menjadi tempat penukaran dengan nilai beli yang baik. Namun, ketika memilih membeli ringgit di bank, lebih baik melakukannya di negara asal. Ini karena bank di negara asal memberikan rate yang lebih baik dibanding di Malaysia. Selain itu, sebaiknya beli ringgit di bank pada hari Senin atau Selasa, saat pasar baru dibuka, agar Anda mendapatkan harga yang lebih baik.

3. Bandara

Membeli ringgit di bandara bisa menjadi pilihan namun tidak direkomendasikan. Hal ini dikarenakan harga belinya jauh lebih tinggi dibandingkan tempat-tempat lainnya. Anda bisa saja kehilangan hingga 20% dari uang yang ingin Anda tukarkan.

4. Via ATM di Negara Tujuan

Cara ini bisa Anda lakukan ketika sudah dalam keadaan terdesak, misalnya ketika uang tunai Anda sudah habis atau belum sempat membeli ringgit. Biasanya uang tunai yang Anda tarik melalui ATM berlogo Cirrus, VISA, Mastercard, Maestro dan Plus sudah dikonversi menjadi ringgit. Administrasi yang dikenakan untuk melakukan penarikan ini adalah sebesar IDR 25.000 jika menggunakan kartu debit. Apabila Anda menggunakan kartu kredit maka akan dikenakan biaya administrasi yang lebih banyak. Biaya yang dibayarkan meliputi perbedaan nilai tukar, biaya administrasi ATM  dan biaya ekstra penarikan sebesar 2%–4%dari total yang Anda tarik.

Itulah tadi beberapa tips membeli ringgit agar mendapatkan harga terbaik. Sehingga bagi para wisatawan ataupun TKI yang baru saja memulai bekerja di Malaysia bisa mendapatkan ringgit dengan jumlah yang cukup memuaskan untuk dipakai memenuhi kebutuhan. Terkhusus untuk para TKI yang kini mendapatkan gaji dan ingin mengirim kepada sanak saudara di Indonesia, kini telah tersedia aplikasi Qelola yang akan membantu Anda. Dengan proses yang cepat, biaya yang dikenakan Qelola cukup terjangkau. Jadi sama-sama menguntungkan bukan? Tunggu apalagi? Segera download aplikasinya di sini!

Tags: , , , , ,