Begini Cara Cepat untuk Melakukan Perpanjangan Paspor Online

cara membuat paspor online

Paspor menjadi salah satu dokumen yang wajib dimiliki jika Anda ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor merupakan tanda pengenal resmi bagi para turis yang datang ke suatu negara. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai paspor, salah satunya masa berlaku. Hal tersebut sangat menentukan apakah paspor Anda dapat digunakan atau tidak. Jika masa berlaku paspor telah habis, Anda harus melakukan perpanjangan. Mendaftar perpanjangan paspor online dapat menjadi alternatif bagi Anda yang sangat sibuk.

Mengajukan Perpanjangan Paspor Online

paspor galamedia - Begini Cara Cepat untuk Melakukan Perpanjangan Paspor Online

Perpanjangan paspor memiliki dua cara, yaitu secara manual dan online. Perpanjangan paspor secara manual dilakukan dengan mendatangi kantor imigrasi serta membawa berbagai dokumen yang diperlukan. Anda akan diberi formulir oleh pihak imigrasi untuk diisi.

Sementara jika Anda memperpanjang paspor secara online, Anda akan mengisi formulir di website maupun melalui aplikasi yang dapat diunduh melalui Play Store atau App Store.

Paspor memiliki masa berlaku maksimal 5 tahun. Agar tidak terburu-buru, Anda bisa melakukan perpanjangan paspor 6 bulan sebelum masa berlaku habis. Tidak dapat dipungkiri jika kini orang-orang lebih memilih melakukan perpanjangan paspor secara online.

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa pendaftaran ini pun tetap mengharuskan pendaftar untuk datang ke kantor imigrasi. Untuk melakukan perpanjangan paspor online, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Mengunjungi Website Imigrasi

Langkah awal Anda dalam mendaftar perpanjangan paspor online adalah mengunjungi website imigrasi di antrian.imigrasi.go.id. Untuk mendapat antrean imigrasi paspor online, Anda juga dapat mengunduhnya secara gratis di Play Store maupun App Store.

Mengisi Formulir

Saat sudah masuk ke halaman layanan paspor online, Anda akan diminta untuk mengisi semua data pada formulir registrasi. Setelah semua data terisi secara benar, klik menu “simpan”.

Memilih Jadwal untuk Datang ke Kantor Imigrasi

Tahapan kedua yaitu memilih menu “list kanim” yang harus Anda isi dengan alamat kantor imigrasi terdekat dari domisili. Selesai mengisi, Anda bisa klik “buat permohonan”. Menu “list kanim” membantu Anda untuk menjangkau kantor imigrasi guna menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Anda dapat memilih jadwal datang ke kantor imigrasi apabila kuota masih tersedia. Jika tanggal yang ingin Anda pilih sudah memenuhi kuota, pilihlah lokasi maupun tanggal alternatif lain.

Verifikasi dan Pembayaran

Selesai mengisi formulir, Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran. Anda akan mendapatkan konfirmasi tersebut melalui e-mail yang telah didaftarkan. Pembayaran tertuju ke bank BTN, datang secara langsung maupun melalui ATM.

Datang Tepat Waktu ke Kantor Imigrasi

Paspor Online3 300x223 - Begini Cara Cepat untuk Melakukan Perpanjangan Paspor Online

Sumber: menpan.go.id

Langkah terakhir melakukan perpanjangan paspor online adalah datang ke kantor imigrasi sesuai dengan jadwal yang telah Anda pilih. Anda wajib membawa dan menyerahkan dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan.

Selain itu, Anda juga akan diminta untuk menunjukkan bar code saat melakukan pendaftaran online sebagai bukti. Bar code juga dibutuhkan untuk mencetak nomor antrean.

Selanjutnya, Anda akan antre untuk melakukan wawancara, verifikasi berkas, pengambilan biometrik, dan foto. Setelah itu, Anda dapat mengambil paspor Anda yang membutuhkan waktu sekitar 3—4 hari.

Kelebihan Perpanjangan Paspor via Online

Proses permohonan memperpanjang paspor secara online tentu lebih mudah. Anda dapat mendaftar kapan pun dan di mana pun selama terkoneksi dengan internet. Selain itu, biaya yang diperlukan pun cukup terjangkau, yaitu Rp225 ribu saja. Jika Anda memakai jasa calo, biaya yang dikeluarkan tentu lebih banyak.

Selain itu, perpanjangan paspor online memiliki proses yang relatif cepat dibandingkan datang langsung ke kantor imigrasi. Setelah permohonan disetujui, Anda dapat menjalani proses wawancara dan pengambilan foto.

Pada beberapa daerah, seperti Jakarta dan Surabaya, proses perpanjangan paspor bisa lebih cepat. Di kedua daerah tersebut, Anda dapat melakukan wawancara dan pengambilan foto pada hari yang sama dengan pengajuan permohonan.  Sedangkan di daerah lainnya, proses wawancara dan pengambilan foto akan dilakukan sehari setelah pengajuan permohonan. Jika Anda memperpanjang paspor secara manual, Anda perlu menunggu 4—5 hari.

Syarat Perpanjangan Paspor yang Sudah Mati

Selain pertanyaan bagaimana cara melakukan perpanjangan paspor online, muncul pertanyaan seperti “Apakah paspor yang sudah mati bisa diperpanjang?” dan “Apakah paspor yang telah mati harus diganti dengan yang baru?”

Faktanya, paspor yang telah lama mati masih dapat diperpanjang di kantor imigrasi. Berkas yang diperlukan untuk perpanjangan paspor yang telah mati sama dengan yang masih aktif. Anda akan diminta menyiapkan berkas-berkas seperti fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, akta nikah, buku nikah, paspor lama, dan materai 6000. Berkas-berkas tersebut dibawa dengan dokumen aslinya. Proses selanjutnya akan sama dengan memperpanjang paspor secara online.

Perpanjangan Paspor Tidaklah Sulit

gampang - Begini Cara Cepat untuk Melakukan Perpanjangan Paspor Online

Sumber: Canva.com

Jika memahami prosedur secara cermat, Anda dapat mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dengan lancar. Hal ini membuat Anda dapat melakukan perpanjangan sendiri, tidak perlu menggunakan jasa calo. Menggunakan jasa calo tentu membuat Anda mengeluarkan biaya ekstra.

Demikian pembahasan mengenai cara cepat untuk melakukan perpanjangan paspor online. Bagi Anda yang sedang berada atau bekerja di luar negeri seperti Malaysia, Anda dapat mengirimkan uang untuk sanak dan keluarga Anda di Indonesia secara langsung dengan menggunakan aplikasi Qelola. Dengan Qelola, transaksi Anda akan menjadi lebih mudah, cepat, dan aman.

Ingin lebih tahu lebih banyak tentang Qelola? Pelajari selengkapnya di sini.

Tags: , , ,