Daftar Universitas Terbaik di Malaysia, Simak Selengkapnya Disini!

Bandara Penang6 - Daftar Universitas Terbaik di Malaysia, Simak Selengkapnya Disini!

Pendidikan merupakan fondasi majunya sebuah bangsa. Dengan pendidikan yang baik, sumber daya manusia juga akan meningkat kualitasnya. Nah, untuk Anda yang berkeinginan mengenyam pendidikan di Malaysia, Anda berada di tempat yang tepat. Mengapa demikian? Karena dalam artikel ini akan dibahas mengenai universitas terbaik di Malaysia.

Mungkin saja Anda juga sudah mengetahui universitas-universitas mana saja yang memiliki kualitas terbaik. Informasi ini kemudian akan ditujukan untuk menambah pemahaman Anda dan memberikan semakin banyak pilihan. Pada artikel kali ini, setidaknya akan disebutkan belasan universitas terbaik di Malaysia sehingga pilihan yang Anda miliki menjadi lebih banyak.

Tanpa banyak berlama-lama lagi, simak penjelasan pada poin-poin di bawah ini!

Universitas Terbaik di Malaysia, University of Malaya

Bandara Penang2 - Daftar Universitas Terbaik di Malaysia, Simak Selengkapnya Disini!

Jika melihat data yang ada, University of Malaya tercatat menduduki peringkat 167 dengan skor 56,9 di dunia. Kampus ini terletak di Lingkungan Budi, Kuala Lumpur. Untuk visi sendiri, jika mungkin Anda ingin tahu, adalah ‘Memajukan pengetahuan melalui perbaikan secara terus menerus untuk semua orang, khususnya mahasiswa University of Malaya‘. Salah satu landmark yang cukup terkenal dari kampus ini adalah Museum of Asian Art dan Botanical Garden.

Universitas Kebangsaan Malaysia

Biasa disebut dengan UKM, universitas ini terletak di Jalan Reko, Bangi, Selangor, Kuala Lumpur. Nuansa yang pertama didapat ketika mendatangi kampusnya adalah hijau dan asri, karena berlokasi diantara bukit-bukit yang masih sangat alami. Jika dilihat pada posisinya di jajaran universitas di Asia, berada pada peringkat 56. Kampus dengan 8 fakultas ini memiliki perpustakaan dengan standar tingkat internasional, sehingga banyak menjadi acuan pelajar di negeri jiran tersebut.

Universiti Sains Malaysia, Universitas Terbaik ke-3

Bandara Penang3 - Daftar Universitas Terbaik di Malaysia, Simak Selengkapnya Disini!

Program unggulan yang ditawarkan adalah program mengenai Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Terapan, Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Ilmu Farmasi, Ilmu Gedung dan Ilmu Teknologi, Ilmu Sosial Humaniora, dan juga Pendidikan. Cukup banyak bukan? Di Asia sendiri posisinya berada pada peringkat 57. letaknya di Jalan Sungai Dua, Georgetown, Pulau Penang.

Universiti Teknologi Malaysia

Universitas terbaik di Malaysia selanjutnya adalah Universiti Teknologi Malaysia. Kampus ini memiliki banyak penghargaan internasional di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jika dilihat dari posisinya di Asia, rankingnya ada di urutan ke-59. Kampus ini terbagi dua yakni UTM Johor Bahru dan UTM Kuala Lumpur. Universiti Teknologi Malaysia merupakan salah satu dari universitas yang fokus untuk bidang riset. Jadi, universitas ini bisa jadi pilihan utama jika Anda ingin mengambil fokus bidang riset.

Universiti Putra Malaysia

Bandara Penang4 - Daftar Universitas Terbaik di Malaysia, Simak Selengkapnya Disini!

Posisi atau peringkat Universiti Putra Malaysia ini berada pada urutan 76 di Asia. Letaknya di daerah Serdang, Selangor, Darul Ehsan. Capaian yang cukup mengesankan dari universitas ini adalah peringkat 2 dalam kompetisi teknologi makanan di New Orleans, AS. Universitas ini mengkhususkan diri pada infrastruktur yang komprehensif dalam penelitian dan pembangunan. Capaiannya adalah mengemukakan 448 hak paten di Malaysia.

International Islamic University Malaysia

Universitas ini berada di posisi 145 untuk kawasan Asia. Fakultas yang ada di dalamnya antara lain adalah Medicine and Healthcare, Science, Laws, Economics and Management Science, Engineering, Architecture and Environmental Design, Information and Communication Technology, Islamic Revealed Knowledge and Human Science dan juga Education. Karena memiliki mahasiswa dari 100 negara di seluruh dunia, bahasa administrasi yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Universitas Teknologi Petronas

Bandara Penang5 - Daftar Universitas Terbaik di Malaysia, Simak Selengkapnya Disini!

Salah satu universitas terbaik di Malaysia adalah Universitas Teknologi Petronas, atau biasa disebut Petronas saja. Berlokasi di Bandar Seri Iskandar, Tronoh. Universitas ini merupakan salah satu sekolah yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar sehari-hari. Hal ini dikarenakan banyak mahasiswa asing yang belajar di sini. Selain itu, salah satu program unggulan dari kampus ini adalah kewajiban magang bagi mahasiswanya selama sekitar 7 bulan, sehingga mahasiswa jebolannya memiliki kualitas siap kerja yang cukup mumpuni.

Universitas Terbaik di Malaysia, Multimedia Universiti

Menjadi universitas pertama di Asia yang memiliki program spesifik di bidang multimedia dan informatika. Seperti beberapa universitas lain, MMU, sebutan dari universitas ini, memiliki dua kampus, yakni di daerah Cyberjaya dan di area Malaka. Kedua lokasi kampus yang terpisah ini juga memiliki program studi dan fakultas yang berbeda. Uniknya lagi, setiap aktivitas dari Multimedia Universiti diatur oleh Universiti Telekom Sdn Bhd (UTSB).

 

Daftar universitas terbaik di Malaysia di atas mungkin bisa menjadi referensi untuk pendidikan Anda atau orang terdekat. Tentu saja, topik pendidikan tidak akan terlepas dari bahasan mengenai biaya hidup bukan? Nah, jika Anda bekerja atau bersekolah di Malaysia, Anda bisa dengan mudah mengirimkan uang untuk biaya pendidikan dan biaya hidup untuk orang terdekat. Bagaimana caranya? Dengan menggunakan layanan Qelola yang kini telah hadir untuk transaksi Malaysia ke Indonesia. Dengan biaya administrasi yang sangat ekonomis, hanya sekitar 5 ringgit Malaysia saja, Anda sudah bisa transfer biaya hidup dengan cepat. Segera unduh aplikasinya di sini, dan nikmati setiap fiturnya!

 

Tags: , , ,