Transfer Dana Anti Ribet ke Luar Negeri dengan 5 Cara Ini, Cek Disini!

transfer dana

Transfer dana sudah jadi kebutuhan penting bagi siapa saja. Selain untuk keluarga, berbelanja, pembayaran sekolah, juga untuk melunasi tagihan-tagihan dan yang lainnya. Transfer dana juga merupakan transformasi pembayaran cash menjadi cashless. Transaksi keuangan cashless ini semakin lama semakin berkembang apalagi memasuki era digital seperti sekarang. Tak hanya di dalam negeri, transfer uang tanpa harus menyiapkan uang cash ini juga bisa Anda praktekan hingga ke mancanegara. Internet tentunya yang berperan besar dalam pertumbuhan transaksi online sehingga memicu transfer dana kini menjadi lebih mudah dan nyaman.

Pilihan Transfer Dana ke Luar Negeri Mudah dan Cepat

Ada banyak media yang bisa Anda gunakan untuk melakukan transfer dana ke luar negeri. Transaksi keuangan ini dapat Anda lakukan di mana saja dan kapan saja bahkan dari layar ponsel. Informasi lengkapnya bisa Anda simak berikut ini:

  • Transfer Dana Lewat Teller Bank

teller 2 - Transfer Dana Anti Ribet ke Luar Negeri dengan 5 Cara Ini, Cek Disini!

Bagi Anda yang belum melek internet, melakukan transfer uang melalui teller bank adalah solusinya. Biasanya Anda akan diminta untuk mengisi formulir terlebih dahulu sebelum petugas nantinya akan membantu proses transfer dana Anda. Pastikan Anda mengisikan nomor rekening bank tujuan secara teliti dan hati-hati. Jika ada hal-hal yang sekiranya Anda kurang pahami dalam pengisian formulir, jangan ragu-ragu untuk menanyakannya kepada petugas bank. Perlu Anda tahu, transfer uang ke luar negeri antar bank umumnya dikenai biaya yang relatif mahal. Jadi ada baiknya Anda menanyakan besarnya biaya transfer dahulu agar bisa mempersiapkannya. Jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksi transfer Anda, siapa tahu nanti dibutuhkan.

  • Transfer Uang Melalui ATM

atm - Transfer Dana Anti Ribet ke Luar Negeri dengan 5 Cara Ini, Cek Disini!

Transfer Uang ke luar negeri bisa Anda lakukan dengan menggunakan mesin ATM. Bagi Anda yang malas atau tidak punya waktu untuk antri ke teller bank, memanfaatkan mesin ATM tentunya jadi pilihan yang tepat. Sebelum melakukan transaksi keuangan lintas negara ini, ada beberapa hal yang mesti Anda diperhatikan lebih dulu. Pertama, Anda harus mengetahui informasi kode swift bank tujuan atau bank penerima transfer dana Anda. Informasi kode swift bank ini bisa Anda ketahui melalui customer service atau teller bank tempat Anda akan mengirimkan uang. Kedua, pastikan Anda memasukan nomor rekening dan nomor referensi dengan benar untuk menghindari salah transfer. Ketiga, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah sesuai instruksi yang diarahkan mesin ATM. Terakhir, simpan bukti transfer setelah selesai melakukan transaksi. Hal ini sangat penting untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Transfer Uang Via Agen Layanan Pengiriman Uang

Western Union Canada TD money transfer 300x200 - Transfer Dana Anti Ribet ke Luar Negeri dengan 5 Cara Ini, Cek Disini!

Sumber: pymnts.com

Transfer uang via agen layanan pengiriman uang adalah cara transfer dana yang paling populer digunakan untuk mengirim uang ke luar negeri. Umumya, agen layanan transfer uang ini memiliki jangkauan yang sangat luas hampir ke seluruh dunia. Selain itu prosesnya juga mudah dan biaya transfernya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan via bank atau ATM. Contoh agen layanan transfer dana yang sering didatangi adalah Western Union dan Moneygram. Jika Anda akan melakukan transfer uang lewat Western Union prosesnya sangat gampang. Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengiriman dan melengkapi data diri yang dibutuhkan kemudian menyerahkan uang yang akan dikirimkan. Selanjutnya transaksi transfer uang akan dibantu petugas dan Anda akan diminta untuk membubuhkan tanda tangan pada tanda bukti transfer.

  • Transfer Uang dengan Rekening Virtual

paypal - Transfer Dana Anti Ribet ke Luar Negeri dengan 5 Cara Ini, Cek Disini!

Bagi Anda yang bergelut di bidang bisnis, e-commerce dan layanan jual beli jasa tentunya sudah akrab dengan layanan rekening virtual. Transfer uang melalui rekening virtual ini juga banyak digunakan orang-orang di seluruh dunia. Paypal adalah salah satu rekening virtual yang pasti sudah cukup familiar di telinga Anda. Untuk melakukan transfer uang menggunakan PayPal, pastikan Anda sudah memiliki kartu kredit, karena verifikasi pengiriman uang nantinya menggunakan kartu kredit tersebut. Selanjutnya, baik Anda dan juga penerima sama-sama sudah memiliki rekening Paypal. Yang menarik dari Paypal adalah Anda bisa melakukan proses transfer dana melalui laptop atau smartphone.

  • Transfer Dana Melalui E-Wallet

Transfer Uang menggunakan E-Wallet adalah sebuah terobosan baru yang kini banyak dipakai baik di dalam negeri maupun luar negeri. Hampir sama dengan rekening virtual, transaksi keuangan dengan e-wallet dapat Anda lakukan melalui layar ponsel. Biasanya Anda akan diminta untuk mengunduh aplikasi e-wallet tersebut ke dalam smartphone dan melakukan pendaftaran sesuai instruksi yang ada di aplikasi. Di Indonesia sendiri sudah banyak e-wallet yang berkembang cukup pesat seperti Go-Pay, OVO, Dana, Link dan lain-lainnya.

E-wallet bahkan saat ini menjadi primadona dalam melakukan transaksi keuangan cashless. Tak hanya untuk tujuan transfer uang saja, e-wallet juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik lainnya. Fitur-fitur tersebut antara lain sebagai alat pembayaran non-cash di offline store, untuk membeli pulsa, membayar tagihan listrik dan air serta pembelian voucher game.

phone1 - Transfer Dana Anti Ribet ke Luar Negeri dengan 5 Cara Ini, Cek Disini!

Selain Go-Pay, OVO, Dana dan Link, ada lagi e-wallet yang khusus didesain untuk para TKI di Malaysia yaitu Qelola. Aplikasi Qelola sama halnya dengan e-wallet lainnya dapat dimanfaatkan untuk transfer dana terutama dari Malaysia ke Indonesia. Selain itu, Qelola juga bisa Anda pakai untuk membeli pulsa, menebus voucher game, juga membayar berbagai tagihan ditanah air seperti listrik, air dan BPJS. Untuk bisa menikmati layanan dari Qelola cukup mudah, Anda bisa mengunduh aplikasi Qelola melalui Playstore atau Appstore. Tidak percaya? Unduh aplikasi Qelola sekarang juga dan buktikan sendiri!.

 

Tags: , , , , , , ,