Panduan Penggunaan Malaysian Ringgit untuk Traveller

malaysian ringgit - Ringgit Malaysia

Berurusan dengan mata uang asing adalah salah satu tantangan unik sehari-hari yang dihadapi oleh para traveller. Tidak terkecuali para traveller yang ingin bepergian ke Malaysia dan ingin menukarkan uang dalam Malaysian ringgit. 

Untuk menukarkan ke mata uang asing, pertama, Anda harus mencari cara terbaik untuk mendapatkan mata uang lokal tanpa melalui banyak perantara. Kedua, pada saat membayar, Anda juga harus menghitungnya di kepala, lalu mencari-cari mata uang yang Anda bawa untuk ditukarkan dengan mata uang negara tujuan Anda. Hal ini tentunya sedikit menantang dan cukup memakan waktu.

Untungnya, mata uang di Malaysia lebih mudah dikenali daripada mata uang di India, Myanmar (Burma), dan tempat-tempat lain dengan nilai mata uang yang agak membingungkan dan terlihat sama. Salah satu hal pertama yang para traveller perlu perhatikan tentang mata uang Malaysia adalah warna setiap nilai mata uang mereka sangat berbeda. Warna dan ukuran yang bervariasi dari Malaysian ringgit bukan hanya bernilai seni, namun memiliki tujuan yang bermanfaat. Anda akan cepat mengenali nilai nominal mata uang Malaysia dan mengetahui jumlahnya melalui warna dan ukurannya.

Dibandingkan dengan dolar AS yang seragam dalam warna dan ukuran, uang kertas Malaysian ringgit cukup berwarna-warni, terlihat kreatif, dan menerapkan langkah-langkah anti-pemalsuan yang canggih. Bahkan orang-orang tunanetra dapat menilai jumlah uang Malaysia yang diterimanya berdasarkan ukuran mata uangnya. Hal ini berbeda dengan dolar AS yang memiliki ukuran sama dalam setiap nominalnya.

Mata uang ringgit Malaysia dikeluarkan oleh Bank Negara Malaysia (National Bank of Malaysia). Inilah beberapa fakta tentang ringgit Malaysia

  • Kode Mata Uang: MYR
  • Singkatan Lokal: RM (untuk ringgit Malaysia)
  • Penggunaan Umum: kata RM digunakan sebelum angka nominalnya (RM5.50, RM15 …)
  • Uang Pecahan: 1 MYR = 100 sen (sen)

Apa itu Malaysian Ringgit?

rm e1584003649794 - Panduan Penggunaan Malaysian Ringgit untuk Traveller

Malaysian ringgit atau ringgit Malaysia berasal dari bahasa melayu. Kata ringgit sebenarnya berarti “bergerigi” dalam bahasa Melayu. Kata ini mengacu pada koin dolar perak Spanyol dengan tepi kasar yang pernah digunakan di Malaysia pada masa kolonial. Sebelum tahun 1975, mata uang di Kuala Lumpur adalah dolar Malaysia. Ringgit dipatok berdasarkan nilai dolar AS hingga 2005. Setelah tahun 2005, Malaysia mengikuti jejak China dengan menghapus hubungan antara mata uang ringgit dan dolar. Saat ini, nilai nominal ringgit Malaysia tidak mengikuti nilai dolar AS. Mata uang Malaysian ringgit atau ringgit Malaysia tidak diperdagangkan secara internasional.

Cara Menggunakan Mata Uang Malaysian Ringgit 

1 ringgit berapa rupiah 4 - Panduan Penggunaan Malaysian Ringgit untuk Traveller

Malaysian ringgit tersedia dalam denominasi RM1, RM5, RM10, RM20, RM50, dan RM100. Pada tahun 1990-an, pemerintah mendemonstrasikan penggunaan mata uang dengan nominal RM500 dan RM1000 untuk menghindari terjadinya pencucian uang. Oleh karena itu penggunaan uang dengan nominal tersebut sering dihindari di Malaysia! 

Setiap mata uang ringgit memiliki warna yang unik untuk memudahkan identifikasi. Nilai nominalnya dicetak dalam gambar besar dan mudah dibaca. Malaysian ringgit menerapkan beberapa fitur teknologi tinggi untuk membuat penyalinan dan pemalsuan menjadi sulit. Seperti di Singapura, mata uang dicetak pada kertas berkualitas lebih tinggi daripada uang yang ditemukan di Thailand, Indonesia, dan negara-negara tetangga.

Meskipun uang kertas RM60 dan RM600 dicetak pada bulan Desember 2017 untuk memperingati peringatan 60 tahun penandatanganan Perjanjian Kemerdekaan Malaysia, Anda sebagai seorang traveller mungkin tidak akan pernah melihatnya. Kelangkaan mata uang ringgit Malaysia dengan nominal 60 dan 600 ini dikarenakan uang kertas dengan nilai khusus tersebut banyak diburu oleh para kolektor dan dinilai lebih tinggi dari nilai nominalnya.

Koin Malaysia

malaysian coins - Panduan Penggunaan Malaysian Ringgit untuk Traveller

Mata uang Malaysian ringgit selanjutnya dengan niai 100 sen di bagi dalam bentuk koin dengan nilai 1, 5, 10, 20, dan 50 sen. Beberapa koin dari mata uang Malaysia ini sangat ringan sehingga tampak palsu! Koin 1 sen sangat jarang digunakan di Malaysia. Tidak seperti di Thailand dimana koin cenderung menumpuk dengan cepat,di Malaysia biasanya wisatawan tidak terlalu ingin menggunakan uang koin. Para penjual disana seringkali sengaja membulatkan harga ke nilai ringgit terdekat. Dalam beberapa kasus, pemilik supermarket bahkan tidak ingin berurusan dengan koin bernilai rendah. Jadi sebenarnya Anda tidak akan terlalu membutuhkan keberadaan uang koin di Malaysia.

Nilai Tukar Mata Uang untuk Malaysian Ringgit 

ringgit baru - Panduan Penggunaan Malaysian Ringgit untuk Traveller

Sejak tahun 2000, satu dolar AS kira-kira setara dengan antara 3–4,50 ringgit (RM3–RM4,50). Sedangkan jika Anda menghitungnya dalam nilai rupiah maka RM1 setara dengan Rp3.400.

Seperti biasa, Anda akan menjumpai banyak kios penukaran mata uang di bandara Kuala Lumpur serta di mal dan tempat yang banyak dikunjungi wisatawan lainnya. Tempat penukaran uang kadang-kadang merupakan pilihan terbaik. Namun ada kalanya ATM biasanya menawarkan tingkat penukaran yang lebih baik, dengan asumsi jika bank Anda tidak membebani dengan biaya administrasi terlalu banyak untuk transaksi internasional.  Sisi positif lain jika Anda menukar uang melalui ATM adalah Anda tidak akan tertipu dengan pemberian harga nilai tukar yang tidak mengikuti pasar.

Jika Anda ingin menukar uang rupiah ke dalam ringgit Malaysia di tempat penukaran uang. Bandingkan nilai tukar saat ini dengan nilai tukar “jual” ringgit yang ditawarkan oleh tempat penukaran uang (money changer). Jangan lupa, hitung uang Anda di depan petugas sebelum berjalan meninggalkan tempat penukaran. Kesalahan penghitungan yang terjadi, tidak akan dilayani jika Anda sudah meninggalkan tempat penukaran. 

Menggunakan Uang dengan Cara Cerdas di Malaysia

Seperti negara-negara lain di Asia Tenggara, perubahan kecil kadang-kadang sulit diterima oleh bisnis lokal. Jika Anda tiba-tiba ingin membeli sesuatu di pedagang kaki lima, maka Anda tetap membutuhkan uang ringgit Malaysia dengan nominal kecil. Membayar mie seharga 5 ringgit Malaysia di jalanan dengan uang kertas RM50 adalah sesuatu yang kurang baik untuk dilakukan. Pastikan Anda tidak melakukannya. Biasakan untuk menghitung dan mengumpulkan uang ringgit Malaysia dengan nominal kecil untuk membayar pedagang kaki lima. Simpan uang kertas RM50 dan RM100 untuk membayar di hotel, bar, rantai mini-mart, atau perusahaan lain yang membutuhkan pembayaran dengan jumlah besar.

Dengan membaca ulasan tentang penggunaan uang ringgit Malaysia di atas, sebagai traveller Anda tidak perlu bingung lagi jika memutuskan untuk bepergian ke negeri tetangga tersebut. Satu hal yang perlu Anda perhatikan, adalah memastikan anggaran keuangan dengan baik sebelum memutuskan pergi ke suatu tempat. Berapa uang yang Anda butuhkan akan bergantung pada destinasi wisata apa yang ingin Anda kunjungi, berapa lama Anda akan tinggal, beserta fasilitas yang ingin Anda dapatkan.

Saat ini, telah tersedia platform keuangan Qelola yang dapat Anda Andalkan ketika bepergian ke Malaysia. Cukup instal aplikasi Qelola melalui smartphone Anda. Manfaatkan fitur kemudahan pengiriman uang dan transaksi pembayaran ke luar negeri melalui Qelola tanpa harus takut tidak memiliki Malaysian ringgit di kantong Anda nanti.

Tags: , , , , ,