Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa, Apa Saja Format dan Fungsinya?

614487574 e1584023550899 - Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa, Apa Saja Format dan Fungsinya?

Contoh surat keterangan kerja untuk visa seringkali dicari oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau bahkan perusahaan untuk dijadikan referensi. Namun, sebelum melihat contoh surat keterangan kerja yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, penting bagi Anda untuk memahami terlebih dahulu apa itu surat keterangan kerja untuk visa. Secara sederhana, surat keterangan kerja untuk visa bisa didefinisikan sebagai surat yang berisi pernyataan bahwa pihak atau orang yang diterangkan dalam surat tersebut adalah orang yang memang sudah atau pernah bekerja. Simak rangkuman berikut ini untuk mengetahui secara lengkap surat keterangan kerja untuk visa beserta contohnya.

Fungsi Surat Keterangan Kerja

business job interview concept 1421 77 - Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa, Apa Saja Format dan Fungsinya?

Surat keterangan kerja memiliki fungsi sebagai dokumen yang menerangkan kebenaran informasi riwayat pekerjaan seseorang. Selain diperlukan untuk membuat dan mengurus visa, surat keterangan kerja ini dapat digunakan untuk kebutuhan lain, seperti yang dirangkum berikut ini.

1. Membuat Rekening

Jika Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berdomisili di daerah yang berbeda dari tempat kerja, maka saat mengajukan pembuatan rekening, pihak bank biasanya akan meminta surat keterangan kerja.

2. Pengajuan Beasiswa

Tak hanya untuk mengurus visa, surat keterangan kerja ini dapat Anda gunakan untuk mengajukan beasiswa. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran positif serta prestasi kerja Anda kepada universitas atau pihak yang membuka beasiswa.

3. Melamar Pekerjaan

Surat keterangan kerja untuk visa bagi TKI juga digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan. Dari surat keterangan kerja ini perusahaan akan mengetahui riwayat kerja dan seberapa profesional Anda dalam pekerjaan.

Format Surat Keterangan Kerja untuk Visa

visa application form travel immigration 36325 171 - Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa, Apa Saja Format dan Fungsinya?

Membuat surat ini tak boleh dilakukan asal-asalan karena surat keterangan kerja termasuk surat penting. Berikut adalah beberapa format dalam surat keterangan kerja untuk visa yang dapat Anda jadikan panduan.

  1. Kop surat, isi disesuaikan dengan perusahaan yang menerbitkan surat. Umumnya berisi logo, nama, alamat, dan nomor telepon perusahaan;
  2. Kepada siapa surat tersebut dibuat;
  3. Perihal surat;
  4. Tempat dan tanggal surat dibuat;
  5. Biodata pribadi, termasuk informasi rentang waktu kerja, jenis pekerjaan, dan jabatan kerja;
  6. Tujuan surat tersebut dibuat;
  7. Penutup surat;
  8. Tanda tangan dan nama terang.

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja untuk Visa

Dengan mengetahui format surat, Anda tentu telah memiliki gambaran bagaimana surat keterangan kerja untuk visa. Dalam beberapa hal, perusahaan tempat Anda bekerja terkadang secara sukarela membuatkan surat keterangan kerja tersebut lengkap untuk Anda, dengan syarat melampirkan surat pengajuan ke perusahaan tersebut. Namun, jika Anda harus membuat surat keterangan kerja sendiri, Anda bisa mengikuti cara membuat surat keterangan kerja untuk visa berikut ini.

  1. Pertama, mengisi bagian awal surat yang berisikan kop perusahaan atau instansi yang menerbitkan surat.
  2. Berikan keterangan secara singkat dan jelas tujuan surat tersebut dibuat pada bagian perihal.
  3. Jangan lupa untuk menuliskan judul surat dengan jelas dan menggunakan huruf kapital. Dalam hal ini judul surat adalah surat keterangan kerja.
  4. Isikan dengan benar data-data yang harus termuat dalam isi surat. Misalnya, nama, NIK, jabatan, dan data lain. Sertakan tujuan surat tersebut dibuat secara detail dan lugas.
  5. Tutup surat dengan kalimat penutup yang santun. Jika perlu, tambahkan sedikit kalimat yang menjelaskan peruntukan surat tersebut. Anda bisa menggunakan kalimat penutup seperti: “Demikian surat keterangan kerja ini dibuat untuk permohonan visa”.
  6. Jangan lupa untuk menuliskan tempat dan tanggal dibuat, serta tanda tangan dan nama terang pembuat surat.

Berikut Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa

blank passport with us dollars wood table travel aviation insurance application form 1232 4844 - Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa, Apa Saja Format dan Fungsinya?

Setelah mengetahui lebih banyak terkait surat keterangan kerja, berikut adalah contoh surat keterangan kerja untuk visa yang bisa Anda jadikan petunjuk atau pembanding saat membuat surat tersebut.

Contoh:

PT. Gas Silver
Jl. Gatot Subroto No. 50
Jakarta Pusat
Mail: gassilverofficial@oilgas.com
Telp/Fax: (021) 6768000/ (021) 575700

Jakarta, January 10th, 2020

To:
The Embassy of Malaysia
Visa Section
Jl. H. R. Rasuna Said Kav.X/6 No.1-3, Kuningan
Jakarta

Subject: Recommendation Letter for Visitor Visa Application

To whom it may concern,
Herewith to certify that:

  • Name: Agus Salim
  • Date of Birth: June, 9th 1985
  • Address: Jl. Kalibaru Timur VI no. 27 Rt.6/Rw.9, Kemayoran, Jakarta Pusat
  • No. Passport: A 8500906

He is a permanent employee of PT. GAS SILVER since 3th Mei 2018 as Administration & Accounting Staff with an employee no: 400050. He will be going to Malaysia for work exchange from Friday, August 30th, 2020, will be returned back to Indonesia and start work again on Monday, October 3th 2022.
It would be very appreciated if you could grant her the necessary visa to enter your country at your earliest convenience.

Thank you for your kind attention and corporation.
Yours sincerely,
PT. GAS SILVER
Michael Stuart
Branch Manager

Demikian contoh surat keterangan kerja untuk visa yang bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk memenuhi persyaratan beberapa keperluan. Penting untuk mengetahui pedoman pembuatan surat keterangan untuk visa agar urusan administratif berjalan dengan lancar.

Tak hanya memastikan dokumen untuk hidup di luar negeri lancar, Anda juga perlu memastikan pengiriman uang atau pembayaran dana ke Indonesia juga bisa dilakukan dengan aman dan mudah. Saat berada di Malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Melalui Qelola, Anda bisa melakukan pengiriman uang dan banyak pembayaran dari Malaysia ke Indonesia hanya dengan satu aplikasi secara mudah, cepat, dan murah. Tak perlu repot antre di bank, Anda bisa mengirim uang dan membayar tagihan ini-itu hanya dengan aplikasi Qelola di smartphonemu. Yuk, unduh aplikasi Qelola sekarang juga!

Tags: , , , , ,