Bagaimana Cara Bekerja di Luar Negeri? Ini Tahapannya!

cara bekerja di luar negeri

Ada ungkapan yang mengatakan “Lebih baik hujan batu di negeri sendiri dibandingkan hujan emas di negeri orang”. Ungkapan tersebut sering digunakan untuk membatasi langkah seseorang untuk mengejar kesempatan lebih luas ketika hendak bekerja ke luar negeri. Padahal apabila dipertimbangkan dengan matang, bekerja di luar negeri mempunyai banyak kelebihan yang bisa didapatkan. Mulai dari mendapatkan gaji yang lebih besar, pengalaman bertemu banyak orang dari budaya yang berbeda, dan bisa lebih lancar berbahasa asing. Namun yang menjadi pertanyaan adalah “Bagaimana cara bekerja di luar negeri?”

Setidaknya ada 5 langkah yang harus diperhatikan sebelum Anda dapat bekerja di luar negeri dan meraih kesuksesan dari sana. Ingatlah bahwa, emas di mana pun ia berada, akan selalu menjadi emas dan jauh lebih berharga dibandingkan batu biasa.

Bagi Anda yang ingin bekerja di luar negeri, ada baiknya untuk terlebih dahulu menyimak beberapa tips penting di bawah ini.

Pilih Negara Tujuan

destinasi negara 700x369 - Bagaimana Cara Bekerja di Luar Negeri? Ini Tahapannya!

Sumber: Reddit

Ada banyak destinasi negara yang bisa menjadi pilihan ketika Anda ingin bekerja di luar negeri. Pada umumnya negara yang bisa dipilih adalah Korea, Jepang, Singapura, Malaysia, Taiwan, Amerika, dan juga Jerman. 

Negara-negara di Asia biasanya menjadi tujuan untuk bekerja bidang domestik, meskipun belakangan ini banyak juga masyarakat Indonesia yang bekerja di bidang profesional di Asia. Sementara untuk negara-negara di luar Asia memang lebih identik pekerjaan-pekerjaan di bidang profesional. 

Ketika memilih negara tujuan, Anda bisa memperhatikan beberapa faktor penting. Mulai dari memilih negara yang aman, menyediakan lapangan kerja yang diinginkan, atau karena menyukai bahasa dan kebudayaan dari negara tersebut. 

Cara Mendapatkan Pekerjaan di Luar Negeri

Langkah kedua setelah memilih negara tujuan adalah dengan mencari lowongan pekerjaan yang tersedia. Selanjutnya Anda perlu mencari tahu informasi mengenai kesempatan kerja di negara yang diinginkan. Berikut adalah cara mencari peluang agar bisa mendapatkan pekerjaan di luar negeri: 

  • Pertama, Anda dapat mencari informasi lowongan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Tempat ini merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan informasi peluang bekerja di luar negeri.
  • Kedua, Anda bisa menjalin komunikasi yang baik dengan headhunter. Anda dapat menggunakan media sosial khususnya LinkedIn untuk terhubung dengan headhunter yang sedang mencari kandidat untuk bekerja di perusahaannya.
  • Ketiga, Anda dapat mencari lowongan pekerjaan secara online di platform pencarian pekerjan yang aman dan terpercaya, misalnya JobStreet, Kalibrr, Urbanhire, dll.
  • Terakhir, Anda bisa mengakses situs perusahaan global yang menyediakan lowongan pekerjaan di luar negeri secara langsung. Website perusahaan biasanya menyediakan halaman khusus yang berisi informasi lowongan pekerjaan.

Memiliki Skill yang Diperlukan

Ketika akan bekerja di luar negeri, Anda harus memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan pihak penyedia lapangan kerja, terutama bagi Anda yang ingin bekerja di bidang profesional. 

Baca setiap informasi dengan teliti, pastikan Anda telah memenuhi ketentuan yang disyaratkan, baik itu skill maupun riwayat pengalaman pekerjaan sebelumnya.

Jika Anda memang belum memiliki skill yang diperlukan oleh perusahaan keinginan Anda, ada baiknya Anda mengikuti kursus terlebih dahulu untuk meningkatkan kemampuan Anda.

Ingatlah bahwa niat saja tidak cukup. Dalam dunia kerja, meski Anda telah bertekad, sangat kecil kemungkinan untuk bisa diterima di perusahaan luar negeri jika skill Anda tidak memenuhi persyaratan.

Perhatikan Kemampuan Bahasa

woman speaking up 700x401 - Bagaimana Cara Bekerja di Luar Negeri? Ini Tahapannya!

Sumber: CU Management

Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah, Anda harus mempunyai kemampuan bahasa yang mumpuni. Kemampuan menguasai bahasa asing diperlukan karena ini merupakan cara untuk berkomunikasi dengan rekan atau atasan di tempat Anda bekerja, sehingga pekerjaan Anda dapat diselesaikan dengan baik.

Perusahaan di luar negeri tentu tidak akan menerima calon pekerja yang tidak mempunyai kemampuan bahasa yang baik karena akan menghalangi proses komunikasi dan menghambat pekerjaan. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan latihan kemampuan berbahasa asing sesuai dengan negara tujuan.

Beberapa negara memiliki syarat khusus berkaitan dengan kebahasaan. Anda bahkan harus melakukan uji kompetensi dan mendapatkan nilai yang baik sebelum bisa bekerja di negara tersebut. Ini memang sulit, tapi bukan sesuatu yang mustahil untuk dicapai.

Siapkan Biaya yang Cukup

OAII2U0 700x465 - Bagaimana Cara Bekerja di Luar Negeri? Ini Tahapannya!

Untuk bisa bekerja di luar negeri, Anda memerlukan banyak pengeluaran baik tenaga, usaha, dan juga biaya. Selain harus belajar bahasa baru dan mencari informasi pekerjaan, hal penting yang harus diperhatikan adalah dari masalah biaya yang harus dikeluarkan.

Bekerja di luar negeri akan menghabiskan waktu yang panjang, sehingga Anda membutuhkan biaya untuk bulan-bulan pertama ketika bekerja di luar negeri. Selain itu, Anda juga perlu mengeluarkan biaya untuk pengurusan kelengkapan dokumen, tiket pesawat, menyewa tempat tinggal, dan biaya hidup sehari-hari sebelum akhirnya mendapatkan gaji untuk pertama kali.

Setelah mendapat gaji pertama, Anda sudah bisa tenang. Anda mungkin ingin mengirimkan sebagian dari gaji tersebut ke sanak saudara di Indonesia. Tetapi bagaimana caranya? Tenang, ada aplikasi Qelola.

Qelola merupakan aplikasi yang salah satu fungsinya adalah mentransfer uang baik itu lokal maupun internasional. Jadi, tunggu apa lagi, download aplikasinya sekarang di Google Play dan dapatkan semua manfaatnya.

Ingin lebih tahu lebih banyak tentang Qelola? Pelajari selengkapnya di sini.

Tags: