KJRI Penang, Apa Saja Tugas dan Fungsinya?

KJRI PENANG - KJRI Penang, Apa Saja Tugas dan Fungsinya?

KJRI Penang adalah singkatan dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia yang berada di Penang, Malaysia. KJRI merupakan kantor perwakilan konsuler Indonesia pada wilayah tertentu di negara asing yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Kantor perwakilan konsuler ini dikepalai oleh seorang Konsulat Jenderal yang biasa disingkat “Konjen”. Kantor KJRI terletak di Jalan Burma, No. 467, Penang, Malaysia. Visi dari kantor perwakilan ini di Penang adalah “Menjadi ujung tombak dalam mewujudkan wibawa diplomasi Indonesia di wilayah utara Malaysia bagi Kepentingan Nasional”. Agar Anda dapat mengetahui secara lengkap tentang KJRI di Penang dan fungsinya simak rangkuman berikut ini.

Tugas dan Fungsi KJRI Penang

Berdasarkan Lampiran II-48 Keputusan Menteri Luar Negeri RI No. SK.06/A/OT/VI/2004/01 tertanggal 1 Juni 2004, tugas dan fungsi pokok KJRI di Penang antara lain:

  1. Melaksanakan hubungan diplomatik dan memperjuangkan kepentingan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Melakukan promosi citra Indonesia, segala upaya dilakukan KJRI untuk meningkatkan citra positif Indonesia di Malaysia, khususnya di Penang. Tak hanya itu, KJRI bertugas untuk melakukan kerja sama dengan instansi setempat, masyarakat Indonesia, organisasi sektor swasta, artis, serta kalangan jurnalistik di Penang. Umumnya dilakukan melalui penyelenggaraan kegiatan seni dan budaya.
  3. Melindungi Warga Negara Republik Indonesia. Salah satu fungsi penting KJRI Penang adalah memberikan pelayanan dan perlindungan kepada WNI. Fungsi Konsuler yang tergabung dalam Satgas PPWNI (Satuan Tugas Pelayanan & Perlindungan WNI) KJRI Penang adalah berkoordinasi dan memberikan akses kepada kalangan media menyangkut pelaksanaan tugas pelayanan dan perlindungan yang dilakukan Satgas. Khususnya terkait upaya penyelesaian kasus-kasus Tenaga Kerja Indonesia.
  4. Sebagai badan hukum Indonesia di wilayah Pulau Pinang, Kedah Darul Aman, dan Perlis Indera Kayangan. Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
rsz b1f2mjuu - KJRI Penang, Apa Saja Tugas dan Fungsinya?

Sumber: Akun Twitter KJRI Penang

Visi dan Misi 

Visi Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Penang berkaitan dengan visi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang mendorong perwujudan visi pembangunan negara. Dalam visi KJRI yaitu “Menjadi ujung tombak dalam mewujudkan wibawa diplomasi Indonesia di wilayah utara Malaysia bagi kepentingan nasional”, terdapat beberapa komponen yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Menjadi ujung tombak, memiliki makna KJRI berada di garis terdepan dalam memperjuangkan kepentingan nasional dan misi diplomasi Indonesia di wilayah akreditasi.
  2. Mewujudkan wibawa diplomasi, berarti terlaksananya penyelenggaraan hubungan Indonesia dengan negara lain yang disegani dan dihormati karena peran aktif dan kepemimpinan Indonesia dalam berbagai kerja sama Internasional.
  3. Wilayah utara Malaysia, dalam hal ini, visi KJRI mencakup 3 wilayah kerja, yaitu Pulau Pinang, Kedah, dan Perlis.
  4. Kepentingan nasional, hal ini berkaitan dengan pemenuhan tujuan yang ingin dicapai dalam kerangka hubungan kerja sama yang dilakukan dengan negara lain. Pemenuhan ini sesuai dengan amanat yang telah tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945, yaitu mencapai Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan.

Sesuai dengan visi di atas, dapat diartikan bahwa KJRI menitikberatkan pada upaya-upaya diplomasi yang berwibawa untuk mendorong dan kepentingan nasional di berbagai bidang. Terlebih, di bidang pelayanan dan perlindungan WNI, ekonomi, dan sosial budaya. Agar visi tersebut dapat tercapai, KJRI menetapkan 2 (dua) misi sebagai pedoman, yaitu:

  1. Memantapkan peran KJRI Penang sebagai penjuru dalam upaya mengoptimalkan pelaksanaan diplomasi di berbagai bidang. Hal ini bertujuan untuk memajukan kepentingan nasional di wilayah utara Malaysia.
  2. Mewujudkan kapasitas KJRI Penang agar menjadi organisasi yang kompeten, profesional, dan mumpuni.

Pelayanan KJRI Penang

asian saleswoman recieving credit card from couple customer when decision buy new car 41418 3148 - KJRI Penang, Apa Saja Tugas dan Fungsinya?

Salah satu peran utama Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Penang adalah memberikan pelayanan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di wilayah kerja KJRI Penang yaitu Penang, Kedah dan Perlis. Adapun bentuk pelayanan yang diberikan oleh KJRI Penang kepada WNI meliputi fasilitas pembuatan dokumen-dokumen penting, seperti:

  1. Surat keterangan izin pemakaman di Malaysia atau di Indonesia;
  2. Pemberian surat rekomendasi pernikahan WNI dengan WN Malaysia;
  3. Surat kelahiran;
  4. Surat pindahan;
  5. Pelayanan kekonsuleran lainnya;
  6. Layanan pembuatan dokumen-dokumen dan pelayanan imigrasi;
  7. Legalisasi dokumen.

Perlindungan untuk WNI

businessman male lawyer judge consult having team meeting with client 28283 252 - KJRI Penang, Apa Saja Tugas dan Fungsinya?

Selain pelayanan, KJRI Penang juga berupaya meningkatkan kualitas perlindungan kepada WNI yang tinggal di Penang, Malaysia. Adapun bentuk perlindungan kepada WNI di antaranya:

  1. Melakukan pendampingan kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang terlibat masalah.
  2. Memberikan penyuluhan kekonsuleran kepada berbagai kelompok masyarakat dan tempat kerja WNI yang tersebar di Pulau Pinang, Kedah, dan Perlis.
  3. KJRI Penang menyediakan shelter bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) wanita termasuk pemenuhan kebutuhan pokok, pemberian keterampilan, dan tausiyah keagamaan.
  4. Pemberian kegiatan pelatihan yang dapat meningkatkan skill keterampilan para Tenaga Kerja Wanita yang berada di shelter penampungan KJRI.
  5. Mengadakan kegiatan senam pagi bersama yang rutin diadakan setiap hari Jumat pagi. Tujuannya sebagai kegiatan refreshing untuk TKW yang berada di shelter dan juga menjaga agar mereka tetap sehat.
  6. KJRI Penang secara rutin melakukan kunjungan ke penjara dan depo imigrasi di wilayah utara Malaysia dalam rangka mengetahui kondisi tempat secara langsung dan memfasilitasi berbagai keperluan.

Itulah informasi yang dapat Anda ketahui tentang Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Penang beserta tugas dan fungsinya. Penting bagi Anda mengetahui informasi ini, khususnya saat Anda berada di Malaysia. Hal ini bertujuan untuk memastikan pelayanan dan perlindungan Anda terjamin saat berada di sana.

Bukan hanya tentang perlindungan, Anda juga perlu memastikan pengiriman uang atau pembayaran dana di Malaysia juga bisa dilakukan dengan lancar. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Melalui Qelola, Anda bisa melakukan pengiriman uang dan banyak pembayaran di Malaysia hanya dengan satu aplikasi secara mudah, cepat, dan murah. Tak perlu repot antre di bank, Anda bisa mengirim uang dan membayar tagihan ini-itu hanya dengan aplikasi Qelola di smartphone. Unduh aplikasinya sekarang juga dengan cara klik di sini

Tags: , , , , ,