Bayar PBB Online dari Malaysia Tanpa Repot

bayar pbb online

Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB merupakan sebuah pungutan yang diberikan atas kepemilikan tanah dan bangunan baik untuk perorangan maupun instansi atau badan. Membayar pajak PBB bersifat wajib bagi seluruh wajib pajak. Dan apabila diabaikan, maka akan ada sanksi yang diberikan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Pembayaran PBB sendiri harus dilunasi paling lambat 30 hari setelah Surat Pemberitahuan Pajak Terutang atau SPPT PBB diterbitkan.

Kini membayar pajak tidak perlu repot, karena dapat dilakukan secara online. Tentu saja Anda dapat melakukan bayar pajak PBB online dimanapun Anda berada. Layanan bayar PBB online ini sangat memudahkan bagi Anda yang sedang berada di Malaysia untuk bekerja sebagai TKI.

Baca juga: Cara Mudah Transfer Uang Dari Malaysia Secara Online

bayar pbb online 1 - Bayar PBB Online dari Malaysia Tanpa Repot

Sumber: www.dream.co.id

Aspek-Aspek Pajak Bumi dan Bangunan

  • Subjek PBB adalah mereka yang secara nyata memiliki hak, memperoleh manfaat, menguasai, serta memperoleh manfaat atas tanah dan bangunan.
  • Tanah dan bangunan yang digunakan untuk kepentingan umum (seperti untuk sarana pendidikan, ibadah, kesehatan, lahan pemakaman, dan sejenisnya) tidak termasuk objek pajak PBB. Kriteria objek PBB telah tercantum di dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan.
  • Sebelum menghitung PBB yang harus dibayarkan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Karena hal tersebut berpengaruh terhadap penghitungan pajak PBB. Diantaranya adalah Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), harga bangunan, harga tanah dan bangunan (harga keseluruhan), Nilai Jual Objek Tidak Kena Pajak (NJOPTKP), serta Nilai Jual Kena Pajak (NJKP).

Panduan Cek PBB Online

Bagi Anda yang belum tahu cara mengecek PBB secara online, maka Anda bisa cari tahu lewat website atau aplikasi smartphone yang sudah disediakan. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Cek PBB Online Melalui Website

Situs resmi untuk pengecekan PBB online berbeda-beda untuk setiap daerah. Untuk mengetahui situs pajak resmi di daerah Anda, maka Anda harus membuka browser dan tuliskan kata pencariannya dengan format: “pbb online (nama daerah Anda)”. 

2. Cek PBB Online Melalui Aplikasi

Layanan pengecekan PBB online menggunakan aplikasi sebenarnya sudah tersedia. Hanya saja masih mencakup daerah-daerah tertentu, dan hanya untuk pengguna smartphone bersistem operasi Android saja. Untuk mengunduh iPBB, Anda bisa mendapatkannya di Google Playstore.

Panduan Cek Tagihan PBB Online

bayar pbb online 3 - Bayar PBB Online dari Malaysia Tanpa Repot

Sumber: www.bitcoinnewsindo.com

Setelah menemukan laman cek PBB online di website sesuai dengan tempat tinggal atau mengunduh aplikasi iPBB di smartphone Anda, maka cek tagihan PBB online Anda kini akan menjadi lebih mudah.

1. Cek Tagihan PBB Online Melalui Website

Dasar pengenaan pajak dalam PBB adalah Nilai Jual Objek Pajak, dimana ketentuan nilai tersebut berdasarkan harga pasar per wilayah dan ditetapkan setiap tahun oleh menteri keuangan. Besarnya PBB yang tertuang diperoleh dari perkalian antara tarif 0,5% dengan Nilai Jual Kena Pajak (NJKP). NJKP ditetapkan sebesar 20% dari NJOP (jika NJOP kurang dari Rp1 miliar). Atau sebesar 40% dari NJOP (jika NJOP senilai Rp1 miliar  atau lebih).

Kemudian, setelah menemukan situs untuk cek PBB online sesuai dengan tempat tinggal Anda, Anda akan diarahkan ke laman untuk mengecek pajak Anda. Langkah selanjutnya adalah memasukkan Nomor Objek Pajak (NOP) dan tahun pajak. Di sini Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi sebelum informasi yang dicari muncul.

2.Cek Tagihan PBB online Menggunakan Aplikasi

Jika Anda sudah menginstal aplikasi iPBB di smartphone Anda, maka cara untuk cek tagihan PBB online adalah seperti berikut ini. Yang pertama, masukkan NOP dan tahun pada kolom yang tersedia, lalu klik “Kirim”. Setelah itu, data akan muncul pada layar smartphone Anda. Jika data sudah ditemukan, maka Anda dapat melakukan pembayaran sesuai dengan tagihan.

Jika sudah melakukan pengecekan dengan dua cara seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka selanjutnya Anda sudah bisa melakukan bayar PBB online.

bayar pbb online 2 - Bayar PBB Online dari Malaysia Tanpa Repot

Sumber: www.pointintensive.hatenablog.com

Langkah-Langkah Bayar PBB Online

Untuk meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak, bayar PBB online juga dapat dilakukan melalui tempat pembayaran elektronik yang sudah disediakan oleh bank seperti ATM/teller/fasilitas lainnya. Keuntungan bayar PBB online melalui mesin elektronik diantaranya adalah melayani pembayaran PBB atas objek pajak di seluruh Indonesia, tidak terikat pada hari kerja dan jam operasional bank untuk pembayaran PBB, serta terhindar dari antrian di bank pada saat pembayaran PBB.

Tahapan Pembayaran PBB Melalui Mesin ATM

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari menu pembayaran.
  2. Kemudian pilih menu pajak.
  3. Selanjutnya, masukkan Nomor Objek Pajak dan masukkan tahun pembayaran PBB.
  4. Kemudian akan muncul informasi tentang objek pajak, tagihan, lengkap dengan namanya. Periksa dengan teliti identitas dan jumlah pokok pajak yang harus dibayarkan. Jika sudah sesuai, lalu tekan tombol bayar.
  5. Jangan lupa untuk menyimpan bukti bayar Anda.

SPPT PBB Online

SPPT sekadar untuk menentukan besaran utang yang perlu dibayarkan subjek pajak terhadap objek pajaknya. Selain itu, SPPT PBB bukan merupakan suatu bukti kepemilikan objek pajak. Oleh karena itu, Anda akan menemukan bahwa nama yang tercantum di dalam sertifikat bisa jadi berbeda dengan nama yang tercantum di dalam SPPT PBB. Hal tersebut dapat terjadi karena pemilik tidak melakukan balik nama atas SPPT PBB setelah terjadi peralihan hak atau balik nama sertifikat atas suatu tanah dan bangunan. Di dalam pembayaran PBB, Anda perlu menyesuaikan Nomor Objek Pajak (NOP).

Itulah beberapa informasi tentang PBB dan panduan cara bayar PBB online. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda untuk mengetahui tagihan dan segera bayar PBB online dengan lebih mudah dan nyaman. Anda tidak perlu khawatir, karena di manapun dan kapanpun, Anda dapat melakukan pembayaran melalui online dengan proses yang cepat. Sementara untuk urusan pengelolaan dana Anda, percayakan pada aplikasi Qelola yang bisa Anda unduh secara gratis di Google Playstore. Aplikasi ini sangat cocok untuk para TKI maupun wisatawan yang berada di Malaysia dan ingin melakukan berbagai jenis transaksi. Qelola dilengkapi dengan banyak fitur yang praktis Anda gunakan lho! Jangan ragu untuk mencobanya sekarang juga!

Tags: , , , , , , , ,