Tips Mendapatkan Rumah Sewa Murah di Kuala Lumpur Malaysia

rumah sewa murah

Kuala Lumpur (KL) adalah ibu kota Malaysia yang dikenal juga sebagai kota dengan rumah sewa termurah di dunia. Bagaimana tidak, Anda yang ingin tinggal di kota ini dan membutuhkan rumah sewa murah, Anda hanya perlu merogoh setidaknya 20% dari pendapatan Anda. Hal ini menjadi salah satu alasan utama kenapa kota ini menjadi tujuan favorit tenaga kerja dari Indonesia untuk mengais rejeki.

Nah, setelah Anda sukses mendapatkan visa dan izin kerja di Malaysia, maka langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari tempat tinggal. Pada umumnya, di wilayah Kuala Lumpur dan Selangor orang akan lebih memilih tinggal di rumah susun atau di apartemen/kondominium daripada di rumah tapak (landed house). Alasan utamanya adalah karena rumah susun lebih murah jika dibandingkan dengan rumah tapak, dan lokasinya pun lebih strategis.

Baca juga: Pilihan Universitas di Malaysia yang Murah, Ini Dia Opsinya!

Tipe Rumah Sewa di Malaysia

rumah sewa murah 1 - Tips Mendapatkan Rumah Sewa Murah di Kuala Lumpur Malaysia

Sebelum memutuskan untuk memilih rumah sewa murah di Kuala Lumpur, sebaiknya Anda mengenal tipe rumah yang umum digunakan di Malaysia terlebih dahulu. Diantaranya yaitu:

1. Tipe Flat

Tipe ini paling sederhana dan murah. Flat setara dengan rumah susun atau rusun seperti yang ada di Indonesia pada umumnya. Ukuran luas biasanya sekitar 550 sqf ke 800 sqf. Rumah tipe ini pada umumnya memiliki 2–3 kamar, kamar mandi, dan WC. Biasanya akses ke lantai atas hanya berupa tangga umum, jarang yang dilengkapi dengan lift. Selain itu, ada koridor panjang di depan unit yang lebih terbuka dan privasi kurang terjaga.

Pada umumnya, mobil hanya diparkirkan di lapangan atau pinggir jalan saja karena tidak ada slot parkir khusus. Dan tidak ada pihak keamanan atau security yang berjaga di sana. Suasana di rumah tipe Flat ini cukup padat penghuni dan cenderung bising. Harga rumah sewa murah yang satu ini berkisar antara RM400 sampai dengan RM1.000 untuk masa 1 bulan.

2. Tipe Apartemen

Apartemen yang umum di Malaysia biasanya berukuran sekitar 750 sqf–1.000 sqf. Terdiri dari 3 kamar dan wajib ada 2 kamar mandi dengan WC. Ada akses lift, namun terbatas dan cenderung mengantri pada saat jam sibuk. Di apartemen tidak ada koridor panjang di depan unit sehingga privasi unit lebih terjaga.

Setidaknya, apartemen pasti memiliki minimal 1 slot parkir khusus meskipun belum tentu tertutup. Dan ada pihak keamanan sehingga lebih terjaga meskipun terkadang tingkat keamanannya cenderung longgar. Harga sewa berkisar antara RM600 sampai dengan RM1.500 per bulan.

3. Tipe Kondominium

Yaitu tipe yang paling mewah dan tentunya paling mahal. Tipe ini berukuran lebih dari 1.000 sqf dan umumnya memiliki 3 kamar atau lebih. Kalau 2 kamar saja berarti ruang tamunya lebih luas. Tipe ini juga wajib ada 2 kamar mandi dengan WC. Ada banyak akses lift, sehingga Anda tidak akan mengantri meskipun saat jam sibuk.

Minimal ada 1 slot parkir khusus yang biasanya tertutup. Selain itu ada juga ekstra slot parkir untuk unit yang besar. Dan yang pasti, ada pihak keamanan yang ketat. Jika ada tamu dari luar, biasanya akan diizinkan masuk jika sudah mendapatkan izin dari Anda sebagai penghuninya. Menariknya lagi, ada fasilitas kolam renang atau swimming pool dan gym. Rumah tipe ini biasanya dibanderol dengan harga di atas RM1.500 untuk masa sewa 1 bulan.

Memilih Rumah Sewa di Malaysia

rumah sewa murah 2 - Tips Mendapatkan Rumah Sewa Murah di Kuala Lumpur Malaysia

Jika Anda sudah mendapatkan pilihan rumah sewa murah yang Anda inginkan, maka langkah selanjutnya adalah menghubungi agen pemasang iklan properti tersebut. Pada umumnya, property di Malaysia selalu disewakan melalui agen, dan sangat jarang yang disewakan secara langsung oleh pemiliknya. Di sini, whatsapp sudah sangat umum digunakan para agen untuk komunikasi. Jadi, jika Anda kesulitan untuk melakukan telepon atau tidak paham dengan percakapan mereka, maka gunakan saja whatsapp.

Selanjutnya, Anda perlu melihat unit yang disewakan. Biasanya, unit sudah dalam kondisi fully furnished alias semua furniture beserta alat elektronik sudah tersedia. Anda hanya tinggal cek unit, melihat kondisi furniture dan peralatan di dalamnya, lalu bandingkan dengan harga yang ditawarkan. Seringnya, agen juga memegang kunci unit lainnya. Dengan begitu, Anda bisa meminta agen untuk menunjukkan unit yang lain. Dan cobalah bandingkan fasilitas serta harga satu unit dengan unit lainnya. Setelah itu baru ambil keputusan untuk memilih unit rumah yang mana. Harga sewa yang ditawarkan oleh agen biasanya masih bisa ditawar, tergantung dari pemiliknya. Setelah Anda sepakat dengan harga dan durasi sewa, maka saatnya Anda melakukan pembayaran. Pembayaran pertama biasanya berupa tanda jadi, dan tidak ada patokan khusus. Setelah pembayaran tanda jadi sudah beres, selanjutnya Anda akan diminta menandatangani perjanjian sewa-menyewa. Perjanjian tersebut bukan sekedar formalitas, jadi Anda harus membacanya baik-baik.

Tips Cerdas Menyewa Rumah

rumah sewa murah 3 700x449 - Tips Mendapatkan Rumah Sewa Murah di Kuala Lumpur Malaysia

Berikut adalah tips-tips yang perlu Anda coba jika Anda hendak mencari rumah sewa murah di Malaysia, khususnya Kuala Lumpur:

  1. Sesuaikan harga sewa rumah dengan pendapatan Anda. Panduannya adalah biaya sewa maksimal harus sepertiga dari penghasilan Anda.
  2. Sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang akan tinggal dalam satu rumah. Jika Anda hanya tinggal sendiri saja, Anda tidak perlu mencari rumah dengan 3 kamar.
  3. Carilah lokasi rumah sewa yang dekat dengan tempat kerja Anda. Jika tempat kerja Anda mudah terjangkau dengan kereta, baik LRT maupun KTM, maka Anda bisa lebih fleksibel dengan mencari rumah yang dekat dengan stasiun kereta.
  4. Bagi Anda yang punya anak usia sekolah, maka pertimbangan lainnya adalah lokasi yang terjangkau oleh bus antar-jemput sekolah atau lokasi yang dekat sekolah anak.
  5. Pertimbangkan komunitas di lingkungan rumah yang akan Anda tinggali. Ada apartemen tertentu yang menjadi favorit orang Indonesia di KL, sehingga Anda akan merasa tidak jauh dari negeri sendiri.
  6. Lingkungan dan fasilitas di sekitar rumah, seperti minimarket, halte bus, pom bensin, warung-warung makan, dan apotek yang memudahkan hidup Anda tanpa perlu berjalan jauh.

Itulah beberapa  informasi tentang rumah sewa murah di Kuala Lumpur Malaysia. Sekarang, mencari rumah untuk disewa sudah sangat mudah dengan bantuan internet. Di Malaysia, ada banyak situs yang direkomendasikan yang bisa Anda pilih. Pilihlah situs pencarian yang lengkap, sehingga Anda bisa menyaring properti berdasarkan lokasi, harga, luas, ataupun dengan kata kunci tertentu lainnya. Untuk memudahkan Anda melakukan transaksi, baik transfer uang maupun membayar tagihan, gunakan bantuan aplikasi Qelola. Aplikasi ini sangat mudah Anda gunakan, dan yang pasti biayanya murah. Dengan Qelola, Anda bahkan tidak perlu keluar rumah untuk bayar ini-itu. Unduh sekarang di Google Playstore ya!

Tags: , , , , , ,