Mengenal Lebih Dekat Istilah Diaspora Indonesia

Ep 6 3 - Mengenal Lebih Dekat Istilah Diaspora Indonesia

Mengertikah Anda dengan istilah Diaspora Indonesia? Atau, ini adalah kali pertama Anda mendengar kata-kata Diaspora Indonesia? Istilah Diaspora Indonesia memang masih jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari di kalangan masyarakat. Wajar jika masih banyak masyarakat awam yang belum mengetahui apa sebenarnya arti dari istilah ini. Padahal Diaspora Indonesia telah memiliki organisasi sendiri yang menampung para anggotanya yang terbilang cukup banyak. Lalu apa sebenarnya pengertian dari Diaspora Indonesia? Mari kita lihat satu persatu di bawah ini.

Diaspora

EP 6 4 - Mengenal Lebih Dekat Istilah Diaspora Indonesia

Sumber: https://memoirofutama.wordpress.com/

Istilah ‘diaspora’ sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno. Diaspora berasal dari dua kata, dias yang artinya melalui dan speiren yang artinya menyebar atau menabur. Dari dua kata itu sehingga bisa diartikan sebagai penyebaran, atau proses pendistribusian benda-benda atau manusia ke wilayah yang luas, atau penyebaran manusia yang berasal dari satu bangsa atau yang mempunyai persamaan kebudayaan. Dahulu, istilah ini dialamatkan pada persebaran orang-orang Yahudi setelah penaklukan Babilonia serta Romawi dan sebelum terbentuknya negara Israel pada tahun 1948. Dan kini diaspora ditujukan untuk menjelaskan kelompok etnis atau bangsa yang tinggal jauh dari kampung halaman.

Diaspora Indonesia

EP 6 2 - Mengenal Lebih Dekat Istilah Diaspora Indonesia

Sumber: https://nasional.tempo.co/

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya Diaspora Indonesia sendiri telah memiliki organisasi dengan banyak anggota. Organisasi tersebut diberi nama Indonesian Diaspora Network atau disingkat dengan IDN. Dalam situs yang dimiliki Indonesian Diaspora Network, dijelaskan bahwa istilah Diaspora Indonesia ditujukan pada warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri. Warga negara Indonesia ini dibagi menjadi empat kelompok yang antara lain:

  1. Warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri dan masih memegang paspor Indonesia secara sah,
  2. Warga Indonesia yang telah menjadi warga negara asing karena proses naturalisasi dan tidak lagi memiliki paspor Indonesia,
  3. Warga negara asing yang memiliki orang tua atau leluhur yang berasal dari Indonesia, dan
  4. Warga negara asing yang tidak memiliki pertalian leluhur dengan Indonesia sama sekali namun memiliki kecintaan yang luar biasa terhadap Indonesia.

Indonesian Diaspora Network (IDN)

 

EP 6 - Mengenal Lebih Dekat Istilah Diaspora Indonesia

Sumber: https://sayacintaindonesia.com/

Indonesian Diaspora Network pertama kali berdiri pada tanggal 6 Juli 2012. Melalui kongres yang diprakarsai oleh Duta Besar RI untuk Amerika Serikat pada waktu itu, Dino Patti Djalal, pada tanggal 6-8 Juli 2012 lebih dari 2000 Diaspora Indonesia bertemu dalam satu forum khusus di Los Angeles. Forum ini membahas berbagai topik terkait diaspora dan melahirkan “Declaration of Indonesian Diaspora” yang mencakup visi dan masa depan Diaspora Indonesia.

Diaspora Indonesia sendiri terbentuk karena keterkejutan Dino Patti Djalal atas fakta bahwa banyak dari pelajar, sarjana ataupun pengusaha Indonesia di luar negeri yang tidak saling mengenal. Padahal warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri tanpa sanak saudara sangat membutuhkan jejaring dan dorongan dari orang-orang yang mempunyai asal yang sama, yakni Indonesia. Dari sinilah akhirnya muncul sebuah ide untuk menyatukan orang-orang ini menjadi sebuah jejaring global.

Berdirinya Indonesian Diaspora Network ini mempunyai visi dan misi yang sangat mulia untuk keberlangsungan hubungan warga negara Indonesia, keturunan Indonesia dan orang-orang yang mencintai Indonesia. Seperti yang tertuang dalam situs resminya, IDN mempunya visi sebagai berikut:

  1. Meningkatkan hubungan multilateral antara Indonesia dengan chapter IDN di seluruh dunia maupun negara yang belum memiliki chapter.
  2. Mengintegrasikan beragam ide, solusi serta jaringan sumber daya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Memberikan sumbangsih bagi masyarakat Indonesia melalui ide dan kegiatan seperti halnya yang tercermin dalam misi program yang diselenggarakan.
  4. Menjalankan fungsi dan tugasnya berkaitan dengan visi yang dibangun.

Dan untuk mewujudkannya, IDN mempunyai misi berikut:

a. IDN Global berupaya mewujudkan visi yang ada dengan:

    • Menyelenggarakan kegiatan yang terkait pembinaan, sosial budaya dan sejumlah bidang lainnya.
    • Bekerjasama dengan organisasi lain ataupun pihak-pihak yang turut berkontribusi dalam mewujudkan visi IDN Global.

b. Memfasilitasi dan menyebarkan pengetahuan di Indonesia dan seluruh masyarakat dunia.

c. Meningkatkan kesejahteraan penduduk baik oleh masyarakat Indonesia yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri.

Diaspora Indonesia di Malaysia

EP 6 1 - Mengenal Lebih Dekat Istilah Diaspora Indonesia

Sumber: https://www.indosport.com/

Diaspora Indonesia tersebar di berbagai negara termasuk Malaysia, tempat dimana jumlah terbesar TKI berada. Persebaran di berbagai tempat dan lamanya durasi para TKI ini berada di Malaysia tidak pernah menyurutkan mereka untuk mempertahankan identitas kebangsaan Indonesia dalam diri. Ada 6,2 juta TKI di Malaysia yang tetap aktif menjaga keindonesiaan. Mereka memiliki semangat komunal untuk terus melestarikan budaya Indonesia melalui berbagai kegiatan. Selain satu organisasi besar Indonesian Diaspora Network, para TKI ini pun dipertemukan dan disatukan oleh berbagai organisasi etnis seperti organisasi Forum Banyuwangi, Forum Madura, Arek Jawa Timur, Forum Malang, Forum Lombok, Forum NTT, Forum Aceh, Forum Bugis, dan lain-lain.

Pekerjaan mempersatukan warga negara Indonesia yang berada di luar negeri telah dilakukan oleh oraganisasi Diaspora Indonesia. Kini giliran mempersatukan berbagai kemudahan urusan finansial warga negara Indonesia yang juga berada di luar negeri. Layaknya IDN dan organisasi etnis lainnya dalam mempersatukan bangsa, Qelola juga bekerja keras untuk menyatukan berbagai kemudahan pengiriman uang, pengelolaan finansial dan pembayaran berbagai tagihan dalam satu aplikasi. Bisa dikatakan, Qelola merupakan aplikasi wajib bagi TKI maupun warga Indonesia lain yang berada di Malaysia. Download aplikasinya dengan mudah di sini!

Tags: , , , , , ,