Currency Exchange Malaysia: Mengenal Ringgit Malaysia

currency exchange malaysia

Berurusan dengan mata uang asing merupakan salah satu tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh para wisatawan. Pertama, Anda harus mencari tahu bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan dan menukar mata uang lokal dengan mudah. Ternyata, berurusan dengan mata uang di Malaysia lebih mudah daripada di India, Myanmar, dan negara lainnya. Ketahui lebih lengkap tentang mata uang Malaysia dan apa itu currency exchange Malaysia berikut ini.

Mengenal Mata Uang Malaysia

 

 

currency exchange malaysia - Currency Exchange Malaysia: Mengenal Ringgit Malaysia

Dalam bahasa Melayu, kata ringgit sebenarnya diartikan “bergerigi”. Hal ini mengacu pada koin dolar perak negara Spanyol dengan tepi kasar yang pernah digunakan di Malaysia pada zaman kolonial. Salah satu hal yang perlu diperhatikan tentang mata uang Malaysia adalah bagaimana warna-warnanya. Warna dan ukuran pada mata uang Malaysia ternyata tidak hanya seni belaka, tetapi memiliki tujuan yang penting. Jika dibandingkan dengan dolar AS yang seragam dalam warna dan ukuran, uang kertas Malaysia lebih berwarna-warni, kreatif, dan mengimplementasikan upaya anti-counterfeiting measures. Selain itu, mata uang Malaysia berbeda dengan mata uang lainnya. Tidak seperti dolar AS, orang yang tunanetra dapat dengan mudah dalam menilai jumlah mata uang Malaysia berdasarkan ukuran denominasi.

Mata uang di Malaysia dikeluarkan oleh Bank Negara Malaysia (National Bank of Malaysia). Berikut ini adalah informasi tentang mata uang Malaysia yang perlu Anda ketahui:

  • Kode mata uang: MYR (Malaysian ringgit)
  • Singkatan lokal: RM (ringgit Malaysia)
  • Penggunaan umum: RM sebelum jumlah (RM5, RM15, dan seterusnya) 
  • Pengucapan: “Ring-it” kata yang sama untuk tunggal atau jamak (misalnya; 1 ringgit, 10 ringgit, dan seterusnya)
  • Perincian: 1 MYR adalah 100 sen.

Currency Exchange Rates untuk Ringgit

currency exchange malaysia 2 - Currency Exchange Malaysia: Mengenal Ringgit Malaysia

Sumber: www.news.ddtc.co.id

Sebelum membahas lebih lanjut tentang apa itu currency exchange Malaysia, sebaiknya Anda apakah Anda sudah mengetahui apa itu currency? Currency merupakan berbagai bentuk uang yang diterbitkan oleh pemerintah suatu negara dan telah beredar dalam perekonomiannya. Currency digunakan sebagai suatu alat pertukaran barang dan jasa, sekaligus merupakan sebuah landasan terjadinya perdagangan. Pada umumnya, setiap negara memiliki currency-nya sendiri, termasuk Malaysia. Lalu apa yang disebut dengan currency exchange Malaysia?

Sejak tahun 2000, salah satu dolar AS telah setara dengan antara 3 sampai 4,50 ringgit (RM3–RM4,50). Sementara nilai tukar mata uang saat ini yang disediakan oleh Google adalah sebagai berikut ini:

  • Nilai tukar untuk MYR ke dolar Amerika Serikat (USD)
  • Nilai tukar untuk MYR ke Euro (EUR)
  • Dan nilai tukar untuk MYR ke dolar Kanada (CAD)
  • Nilai tukar untuk MYR ke Pound Sterling Inggris (GBP)
  • Nilai tukar untuk MYR ke dolar Australia (AUD)

Biasanya, Anda akan menemukan banyak kios currency exchange Malaysia di bandara di Kuala Lumpur dan juga di mall-mall dan tempat umum yang banyak dikunjungi oleh turis. Meskipun melakukan penukaran uang di tempat tersebut terkadang menjadi pilihan yang terbaik, namun ternyata ATM juga menawarkan proses penukaran uang dengan tingkat keamanan yang lebih baik.

Menggunakan Mesin ATM di Malaysia

 

currency exchange malaysia3 - Currency Exchange Malaysia: Mengenal Ringgit Malaysia

Sumber: www.pinterest.com

Mesin ATM merupakan suatu jaringan global yang dapat ditemukan di Malaysia. Biaya untuk melakukan penarikan uang (jika ada) lebih rendah dari Thailand, yaitu sekitar US$7 per transaksi. Berikut ini ada beberapa tips menggunakan mesin ATM di Malaysia:

  • Cobalah untuk mencari mesin ATM yang mengeluarkan uang tunai dalam denominasi RM50. Atau coba Anda memasukkan sejumlah mata uang yang memerintahkan mesin untuk mengeluarkan denominasi kecil. Beberapa mesin ATM biasanya menunjukkan (baik dengan tanda atau pada layar) tentang ukuran maksimum untuk mata uang yang didispensasi.
  • Salah satu cara agar Anda mendapatkan mata uang dengan pecahan yang kecil adalah dengan sengaja meminta jumlah yang memastikan Anda akan mendapatkan denominasi kecil. Misalnya, meminta RM450 daripada RM500, dengan begitu setidaknya Anda akan menerima satu uang kertas RM50, bukan hanya lima uang RM100. Jika mesin memungkinkan kelipatan 10, maka RM490 akan lebih baik untuk Anda minta.
  • Anda dapat memberitahu bank Anda bahwa Anda akan bepergian ke luar negeri. Karena jika hal tersebut tidak Anda lakukan, maka pihak bank dapat menonaktifkan kartu Anda untuk mengantisipasi terjadinya penipuan. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda mungkin tidak memiliki akses yang mudah untuk mengambil uang Anda melalui ATM. Sementara itu, Anda juga perlu mencari tahu tentang biaya transaksi internasional yang akan dikurangi untuk menggunakan ATM sementara di luar negeri.

Baca Juga: Kurs Ringgit Malaysia: Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi

Cerdas Menggunakan Mata Uang di Malaysia

Seperti di negara-negara lain di Asia Tenggara, perubahan kecil terkadang memang sulit ditemukan dan dilakukan. Misalnya, untuk membayar suatu makanan di pinggir jalan senilai RM5 menggunakan uang kertas RM50 merupakan suatu hal yang kurang efektif. Namun cobalah untuk menyimpan uang kertas RM50 dan RM100 yang besar untuk digunakan ketika melakukan pembayaran di Hotel, Bar, Jaringan minimarket, atau instansi lainnya dengan banyak arus kas. Hal ini merupakan suatu permainan mata uang setiap hari. 

Masalah mata uang dan currency exchange Malaysia bisa saja menjadi persoalan yang penting apabila Anda tidak memahaminya dengan baik, padahal Anda akan berkunjung ke negara Malaysia. Karena dimanapun Anda berada, uang merupakan suatu alat tukar yang harus Anda gunakan. Sedangkan jika Anda berada di negara Malaysia, maka otomatis Anda akan menggunakan mata uang ringgit dan bukan mata uang rupiah asal Indonesia atau lainnya. Untuk melakukan berbagai macam transaksi selama berada di Malaysia, Anda akan sangat terbantu jika menggunakan aplikasi khusus. Aplikasi Qelola hadir sebagai solusi terbaik untuk Anda. Aplikasi Qelola yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Playstore, merupakan aplikasi yang tepat untuk urusan pengelolaan keuangan Anda. Atasi rasa penasaran Anda dengan mengunjungi website Qelola sekarang juga! Unduh aplikasinya, nikmati kemudahan dan manfaatnya.

Tags: , , , , , , ,