Transfer Uang dari Luar Negeri Tanpa Risau dengan Cara Berikut Ini!

transfer uang dari luar negeri

Malaysia adalah salah satu negara yang banyak dilirik oleh para calon tenaga kerja atau buruh migran dari Indonesia. Iming-iming gaji yang besar tentu adalah faktor utama yang menyebabkan para calon tenaga kerja Indonesia memilih mengadu nasib ke negeri jiran tersebut. Dengan menjadi pekerja migran, mereka berharap akan mampu meningkatkan perekonomian dan juga taraf hidup keluarga. Saat tiba waktunya pembayaran upah kerja, banyak tenaga kerja Indonesia yang menyisihkan sebagian penghasilan mereka untuk dikirimkan ke kampung halaman. Biasanya, mereka akan melakukan transfer uang ke Indonesia melalui perusahaan jasa layanan pengiriman uang antar negara. Ada beberapa layanan yang sudah cukup populer di kalangan TKI untuk transfer uang dari luar negri. Apa saja dan bagaimana cara transfer uang dari luar negeri dapat Anda simak berikut ini.

4 Cara Transfer Uang dari Luar Negeri yang Bisa Anda Coba

Moneygram

Layanan transfer uang dari luar negeri yang pertama akan dibahas adalah Moneygram. Bagi para tenaga kerja asing, layanan pengiriman dan penerimaan uang Moneygram ini sudah cukup familiar. Moneygram banyak diminati untuk transaksi transfer uang ke luar negeri karena menawarkan berbagai keunggulan. Banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk transfer uang melalui Moneygram yaitu melalui rekening bank, e-wallet, dan diambil tunai secara langsung melalui agen yang menjadi mitra Moneygram.

MoneyGram investment Brinks earnings shares 1 scaled - Transfer Uang dari Luar Negeri Tanpa Risau dengan Cara Berikut Ini!

Sumber: pymnts.com

Dengan transfer uang ke luar negeri melalui MoneyGram ternyata status pengirimannya pun dapat Anda lacak. Bagaimana caranya? Mudah saja, Anda hanya perlu mengisikan nomor otorisasi dan nama belakang pengirim pada halaman website MoneyGram kemudian klik “Lacak”. Secara otomatis informasi transfer uang pun akan ditampilkan. Perlu Anda tahu juga bahwa saat ini tercatat ada 350 ribu agen MoneyGram yang tersebar di seluruh dunia. Perlu menjadi perhatian juga jika Anda ingin melakukan transfer uang ke luar negeri dengan MoneyGram, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Apa saja ya persyaratannya? Simak ulasannya berikut ini:

  • Persyaratan bagi Pengirim

  1. Bukti identitas berupa KTP atau paspor.
  2. Nama lengkap penerima sesuai dengan bukti identitas (KTP dan paspor).
  3. Untuk pengiriman ke rekening, sediakan nomor rekening dan nama serta cabang dari bank tujuan.
  4. Untuk pengiriman ke e-wallet, sediakan nomor ponsel serta kode telepon internasional penerima.
  5. Isi formulir pengiriman uang dengan lengkap.
  6. Simpan bukti pengiriman uang, dan informasikan nomor referensi kepada penerima.
  • Persyaratan bagi Penerima

  1. Untuk penerimaan tunai atau langsung di agen, penerima bisa datang ke agen MoneyGram terdekat.
  2. Isi formulir penerimaan uang, serta masukkan nomor referensi yang diberikan oleh pengirim uang.
  3. Serahkan formulir dan bukti identitas dengan foto pada agen. Setelah lengkap, Anda bisa menerima uang yang dikirimkan secara tunai.
  4. Untuk penerimaan melalui bank atau e-wallet, uang yang dikirimkan bisa langsung dicek pada akun Anda.

Western Union

Layanan transfer uang ke luar negeri selanjutnya yang tak kalah populer adalah Western Union. Bahkan, Western Union disebut-sebut adalah saingan berat dari MoneyGram. Di Indonesia sendiri, Western Union sudah ada sejak lama. Kerjasama Western Union sendiri melibatkan banyak perusahaan seperti bank, jasa kurir JNE, dan kantor pos serta pegadaian. Dalam perkembangannya, layanan Western Union sekarang juga dapat Anda jumpai di gerai Indomaret berlogo Western Union.

Western Union Canada TD money transfer scaled - Transfer Uang dari Luar Negeri Tanpa Risau dengan Cara Berikut Ini!

Sumber: pymnts.com

Western Union juga memberikan beberapa nilai plus dalam pelayanannya. Jika Anda melakukan transfer uang ke luar negeri dengan Western Union waktu yang dibutuhkan sangat cepat dan tidak sampai sehari. Selain itu Western Union dilengkapi dengan fitur pengiriman dan pengeluaran uang dalam pecahan rupiah dan mata uang asing.

Bagi pekerja migran yang ingin melakukan transfer uang ke Indonesia misalnya, tidak diharuskan memiliki rekening bank tertentu. Jadi Anda dapat langsung mendatangi tempat-tempat pelayanan uang dengan membawa syarat-syarat yang dibutuhkan. Berikut syarat-syarat bagi Anda yang ingin transfer uang melalui Western Union.

  • Persyaratan bagi Pengirim

  1. Menunjukkan bukti identitas yang berlaku seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor.
  2. Mengisi aplikasi pengiriman uang dengan lengkap, formulir bisa didapatkan di tempat-tempat layanan Western Union.
  3. Membayar minimal nominal pengiriman serta biaya administrasi pengirimannya.
  • Persyaratan bagi Penerima

  1. Menunjukkan bukti identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor.
  2. Melengkapi formulir penerimaan uang.
  3. Mengetahui nama pengirim serta jumlah uang yang dikirimkan.
  4. Mengetahui kode transfer yang diinformasikan dari pihak pengirim.

PayPal

PayPal GoPay acquisition payments scaled - Transfer Uang dari Luar Negeri Tanpa Risau dengan Cara Berikut Ini!

Sumber: pymnts.com

Layanan transfer uang selanjutnya yang pamornya cukup tinggi adalah PayPal. Umumnya, PayPal ini digunakan untuk pembayaran belanja online di luar negeri. Selain itu, PayPal juga banyak dimanfaatkan oleh tenaga freelance yang melakukan pekerjaan lintas negara dalam pembayarannya. Kelebihan PayPal dari dua layanan sebelumnya adalah dapat dilakukan secara online dari smartphone Anda. Namun, untuk bisa mengaksesnya, Anda diwajibkan memiliki akun PayPal terlebih dahulu dan rekening bank. Untuk bisa melakukan transfer uang ke luar negeri, Anda juga harus menghubungkan kartu debit atau kartu kredit Anda ke website.

Qelola

Alternatif kirim uang ke luar negeri lainnya adalah melalui aplikasi Qelola. Aplikasi ini cukup populer di Malaysia karena memang dirancang bagi TKI yang ada di Malaysia yang ingin mengirimkan uang ke Indonesia secara online. Saat ini, bagi Anda yang akan bertransaksi melalui aplikasi Qelola tidak akan dipungut biaya alias gratis. Untuk bisa menikmati layanan transfer uang gratis lewat aplikasi Qelola ini sangat mudah. Anda hanya perlu men-download aplikasi Qelola melalui Playstore atau Appstore.

qelola 3 700x342 - Transfer Uang dari Luar Negeri Tanpa Risau dengan Cara Berikut Ini!

Selanjutnya Anda bisa mendaftarkan nomor Anda ke aplikasi untuk bisa menikmati layanan transfer uang yang ada di dalamnya. Transaksi kirim uang ke keluarga atau kerabat di Indonesia dapat Anda lakukan lewat ponsel pribadi dengan mengikuti petunjuk yang ada di aplikasi. Selain untuk transfer uang, aplikasi Qelola juga dapat Anda nikmati untuk membayar tagihan listrik, air dan BPJS keluarga Anda di tanah air. Pembelian pulsa dan juga voucher game juga dapat Anda lakukan lewat aplikasi ini.

Bagi para pekerja imigran yang berada di luar negeri, layanan pengiriman dan penerimaan uang seperti MoneyGram dan juga Western Union dianggap sangat penting. Dengan adanya layanan tersebut, mereka dapat dengan mudah melakukan transfer uang ke sanak saudara di tempat asal masing-masing. Nah, untuk menjawab kebutuhan para tenaga kerja Indonesia yang ada di luar negeri khususnya Malaysia kini telah hadir aplikasi Qelola yang akan memudahkan Anda dalam transfer uang ke luar negeri. Aplikasi Qelola adalah layanan pengiriman uang yang sengaja dibuat untuk memudahkan para TKI yang ada di Malaysia untuk bisa mengirim uang ke Indonesia secara online. Dengan mengunduh aplikasi Qelola melalui Playstore atau Appstore di smartphone, transaksi transfer uang ke keluarga atau kerabat kini dapat Anda lakukan langsung dari ponsel Anda. Informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ini dapat Anda lihat pada website Qelola, klik untuk melihat.

Tags: , , ,