1 Ringgit Berapa Rupiah: Fakta Menarik Mata Uang Malaysia

1 ringgit berapa rupiah

Siapa yang sudah tidak asing dengan negara Malaysia? Malaysia adalah satu negara tetangga yang berbatasan secara langsung dengan Indonesia dan merupakan negara federal yang memiliki 13 negara bagian. Negara Malaysia memang memiliki daya tarik tersendiri dalam dunia wisata. Selain itu, Malaysia juga menjadi salah satu negara tujuan TKI yang banyak diminati orang Indonesia. Anda berniat untuk pergi ke Malaysia? Sebelum berwisata atau bekerja ke Malaysia, sebaiknya kenali terlebih dahulu 1 ringgit Malaysia berapa rupiah. Karena di Malaysia hanya akan memberlakukan mata uang sah asal negaranya yaitu ringgit Malaysia. Jika Anda ingin melakukan suatu transaksi di Malaysia, maka Anda harus menukarkan uang rupiah Anda menjadi uang ringgit terlebih dahulu, agar bisa digunakan selama Anda di sana.

Fakta Menarik Tentang Mata Uang Malaysia

1 ringgit berapa rupiah 1 - 1 Ringgit Berapa Rupiah: Fakta Menarik Mata Uang Malaysia

Sumber: www.istockphoto.com

Malaysia merupakan negara yang terdekat dengan Indonesia. Meskipun hubungan politik kedua negara pasang surut, namun kesamaan budaya masyarakat tidak dapat dipisahkan. Turis Malaysia banyak yang berasal dari Indonesia. Tahukan Anda beberapa fakta menarik tentang mata uang Malaysia?

  • Menggunakan mata uang rupee hingga tahun 1837.
  • Menggunakan mata uang terbitan Inggris yaitu dolar selat.
  • Jepang masuk ke Malaysia pada tahun 1941, dan menerbitkan mata uangnya sendiri untuk di gunakan di Malaysia. Uang tersebut kemudian tetap populer meskipun Inggris kembali mengambil kekuasaan di Malaysia.
  • Sepuluh tahun setelah kemerdekaan Malaysia dari Inggris, Bank Negara Malaysia sebagai otoritas keuangan negara tersebut menerbitkan ringgit sebagai mata uang resmi negara mereka, yaitu pada tanggal 12 Juni 1967.
  • Ringgit berasal dari Bahasa Spanyol. Hal ini merujuk pada koin mata uang Spanyol yang sempat beredar yang memiliki gerigi di sampingnya. 
  • Hingga tahun 1970, ringgit digunakan di Indonesia. Nilai 1 ringgit berapa rupiah yang berlaku saat itu? 1 ringgit setara dengan 2,5 rupiah saat itu, dan beredar pecahannya.
  • Semua lembaran ringgit hanya memiliki satu gambar tokoh yang sama di setiap pecahannya yaitu Tuanku Abdul Rahman, Yang Dipertuan Agung yang pertama pasca kemerdekaan Malaysia dari Inggris.
  • Meskipun tidak menggunakan dolar, namun ringgit Malaysia pernah menggunakan simbol $ di terbitan pertama ringgit.
  • Pada masa awal penerbitan Malaysia mempercayakan percetakan ringgit kepada Australia.
  • Malaysia mulai mencetak uang ringgit sendiri pada tahun 1971.
  • Ringgit juga banyak beredar di perbatasan Indonesia, Filipina, dan Thailand. 
  • Bank Malaysia juga menerbitkan koin khusus bernilai RM50, RM100, dan RM200 yang terbuat dari emas.
  • Pada tahun 2007, seri ringgit khusus diedarkan dalam jumlah terbatas.
  • Terdapat tulisan Arab pada lembaran uang ringgit.

Uang Ringgit Malaysia

1 ringgit berapa rupiah 2 - 1 Ringgit Berapa Rupiah: Fakta Menarik Mata Uang Malaysia

Sumber: www.economy.okezone.com

Uang ringgit Malaysia digunakan sebagai mata uang yang sah dan resmi negara Malaysia. Pecahan uang ringgit terdiri atas pecahan uang kertas ringgit dan uang koin. Untuk pecahan uang kertas, uang ringgit Malaysia terdiri dari RM50, RM10, RM20, RM5 dan RM2. Sementara untuk pecahan uang koin ringgit Malaysia, terdiri dari 1 sen, 5 sen, 10 sen, 20 sen dan 50 sen. Lalu yang sering kali menjadi pertanyaan kebanyakan orang adalah 1 ringgit berapa rupiah? Sementara pada tanggal 14 Maret 2020, nilai tukar ringgit ke rupiah yaitu sebesar Rp 3.423,42/MYR.

Tips Memilih Tempat Penukaran Uang

1 ringgit berapa rupiah 3 - 1 Ringgit Berapa Rupiah: Fakta Menarik Mata Uang Malaysia

Sumber: www.commons.wikimedia.org

Jika Anda ingin pergi ke luar negeri, daripada Anda menukar uang di luar negeri, lebih baik tukar di Indonesia saja. Sebagai orang Indonesia, tentu Anda lebih akrab dengan kondisi, bahasa, dan kebiasaan di Indonesia, sehingga akan lebih nyaman dan mudah saat menukarkan uang. Jika terpaksa harus menukarkan uang di luar negeri, maka utamakan untuk menukar uang melalui mesin ATM. Karena beberapa bank dengan jaringan internasional memungkinkan Anda untuk menarik uang dari ATM. Meskipun uang Anda dalam bentuk rupiah, penarikan nantinya berupa mata uang negara tempat Anda menarik uang tersebut, misalnya di Malaysia maka Anda akan mendapatkan mata uang ringgit.

Selain itu, Anda dapat memilih tempat untuk menukar uang di Authorized Money Changer, atau money changer yang berizin. Dibandingkan dengan tempat lain, biasanya money changer akan menawarkan nilai tukar tertinggi. Pilihan tempat penukaran uang lainnya adalah di bank atau di bandara. Menukarkan uang di bank adalah pilihan lain yang umum dipilih oleh kebanyakan orang. Namun, nilai tukar di bank bisa lebih rendah daripada di money changer. Selain itu, bank biasanya meminta surat-surat atau identitas seperti KTP dan NPWP. Pastikan Anda tidak menukarkan uang di tempat atau pada individu tertentu yang tidak memiliki izin resmi. Selain karena resiko terjadinya penipuan, Anda juga rentan mendapatkan uang palsu. Biasanya, money changer yang resmi di Indonesia telah mengantongi izin dari Bank Indonesia dan memasang logo PVA berizin.

Baca juga: Liburan dengan Nuansa Berbeda? Simak 5 Kota di Malaysia Berikut Ini!

Menyiapkan Uang Ringgit Sebelum ke Malaysia

Jika Anda akan mengunjungi Malaysia baik untuk pergi berwisata atau akan bekerja di sana, maka pastikan Anda sudah menukarkan uang rupiah Anda ke mata uang ringgit. Untuk mendapatkan mata uang ringgit Malaysia, Anda dapat melakukan penukaran uang di money changer, bank, dan tempat penukaran lainnya. Anda harus membayarkan sejumlah uang rupiah untuk mendapatkan uang ringgit. Besaran uang rupiah yang Anda bayarkan bervariasi tergantung dengan nilai kurs yang berlaku pada saat Anda menukarkan atau membeli uang ringgit tersebut. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk mengetahui 1 ringgit berapa rupiah? Untuk mendapatkan harga yang paling bagus, sebaiknya Anda melakukan riset dengan membandingkan antara nilai tukar di satu tempat dengan tempat lainnya. Misalnya, sebelum Anda menukar rupiah di bank, Anda dapat memperhatikan kurs jual dan kurs beli yang biasanya ditampilkan di dinding.

Untuk memudahkan Anda dalam mengatasi persoalan tersebut, sebaiknya Anda mulai melakukan download aplikasi Qelola di smartphone Anda sekarang juga. Aplikasi Qelola merupakan aplikasi mobile yang menawarkan berbagai fitur lengkap untuk urusan keuangan Anda. Beberapa fitur yang ditawarkan seperti e-wallet, transfer internasional & domestik, pembayaran multi billing, dan berbagai pilihan produk keuangan seperti deposito, reksa dana, dan instrumen investasi lainnya. Anda dapat langsung mengunduh aplikasinya di sini.

Tags: , , , , , , , ,