4 Tips Sederhana Mengirim dan Menukar Ringgit Malaysia untuk Keluarga di Tanah Air

ringgit malaysia - Fotografi stok

Jika Anda merupakan tenaga kerja di negara Malaysia, mata uang ringgit Malaysia tentu sudah tak asing lagi. Ya, mata uang resmi negeri Jiran ini menjadi sarana yang digunakan untuk memberikan pembayaran atas jasa atau pekerjaan yang sudah Anda lakukan. Ketika mengirimkannya ke Indonesia, pernahkan Anda bertanya, bagaimana agar yang diterima oleh keluarga menjadi sedikit lebih besar?

Mungkin pertanyaan ini pernah terbersit dalam benak Anda, namun kemudian dikesampingkan mengingat selisihnya nilai tukar uang yang cukup merepotkan jika diperhitungkan. Namun demikian jangan salah, dengan perhitungan dan beberapa hal sederhana yang akan Anda temukan dalam artikel ini, jumlah rupiah yang dihasilkan dari penukaran ringgit Malaysia yang Anda kirimkan akan sedikit meningkat. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Simak beberapa tipsnya di bawah ini!

Tukarkan Ringgit Malaysia dengan Nilai Lebih Besar

businessman hand holding thai baht banknote stack 42256 1602 - 4 Tips Sederhana Mengirim dan Menukar Ringgit Malaysia untuk Keluarga di Tanah Air

Hal ini diartikan bahwa sebelum menukarkan uang yang Anda miliki ada baiknya Anda melihat terlebih dahulu nilai tukar atau harga yang ada di pusat penukaran uang. Terdapat sedikit selisih jika Anda memperhatikan, sehingga hal ini perlu dicermati agar nilai rupiah yang diterima keluarga Anda di tanah air menjadi lebih besar.

Besar di sini memang tidak kemudian terpaut sangat banyak. Namun jika selisih yang berjumlah tidak besar ini terus menerus didapatkan, tentu Anda akan dapat mengirimkan jumlah uang yang lebih besar untuk keluarga di Indonesia. Sedikit repot tidak masalah bukan demi keluarga tercinta di tanah air?

Pilih Tempat Pengiriman

Terdapat beberapa cara untuk mengirim pendapatan yang Anda peroleh ketika bekerja di negara tetangga. Nah, tentu setiap cara ini akan memiliki perbedaan atau selisih nilai tukar. Sekali lagi, meski tidak besar, selisih ini sebenarnya berjumlah cukup lumayan jika diakumulasikan. Jangan terburu-buru untuk menggunakan satu cara saja tanpa melihat terlebih dahulu cara lainnya.

Tukarkan Ringgit Malaysia Pada Tempat Penukaran Resmi

malaysian money counting machine 52793 989 - 4 Tips Sederhana Mengirim dan Menukar Ringgit Malaysia untuk Keluarga di Tanah Air

Penukaran uang ringgit Malaysia atau valuta asing lain harus dilakukan pada tempat penukaran mata uang resmi yang telah memiliki izin perdagangan valuta asing. Mengapa hal ini penting? Karena dengan menukarkan di tempat penukaran resmi transaksi yang Anda lakukan dapat lebih terjamin. Lagipula kredibilitas tempat penukaran tersebut juga lebih dapat dipercaya karena memiliki izin dagang yang resmi pula.

Jangan sampai Anda menukarkan pendapatan Anda di Malaysia kepada oknum orang atau tempat penukaran yang kurang jelas asal-usulnya. Selain beresiko besar untuk mengurangi nilai tanpa perhitungan resmi, hal ini juga membuka resiko baru bahwa oknum tersebut membawa uang palsu dalam transaksi yang dilakukan. Tentu hal ini akan menjadi kerugian besar untuk Anda.

Pastikan ‘Kanal’ Pengiriman yang Valid

Mungkin Anda akan menemukan banyak kanal pengiriman mata uang ringgit Malaysia ke Indonesia untuk diberikan pada keluarga. Jika Anda mencari kanal pengiriman yang valid dan terpercaya, ada baiknya Anda melihat secara cermat apa-apa saja fitur yang dimiliki oleh kanal tersebut. Jangan sampai Anda salah memilih kanal dan justru uang kiriman yang Anda tujukan ke keluarga terpotong banyak untuk berbagai biaya.

Qelola, dalam hal ini, merupakan kanal pengiriman uang yang dapat Anda percaya. Qelola menawarkan pengiriman uang langsung ke tangan keluarga Anda di rumah, untuk kemudian digunakan sesuai pos-pos pengeluaran yang diperlukan. Keluarga Anda di tanah air tak lagi perlu membagi pengeluaran yang harus dialokasikan, karena dengan Qelola pos pengeluaran seperti pembayaran tagihan rekening listrik, tagihan pendidikan dan lain sebagainya dapat secara otomatis terpotong dari uang yang Anda kirimkan. Biaya administrasi yang diperlukan juga sangat kecil, sehingga tidak akan menjadi beban untuk uang yang Anda kirimkan.

Hasil jerih payah yang sudah Anda dapatkan tentu selalu dinantikan oleh keluarga di tanah air untuk menopang kehidupan sehari-hari. Ini mengapa, dalam penukaran atau pengiriman hasil jerih payah tersebut perlu dilakukan dengan cermat. Memang tidak salah menggunakan media pengiriman atau penukaran yang mungkin sudah digunakan oleh banyak tenaga kerja lain. Namun dengan sedikit ketelitian, Anda mungkin saja mendapatkan nilai yang sedikit lebih besar. Jadi kenapa tidak?

Untuk layanan Qelola sendiri, Anda secara langsung dapat mengunduh aplikasinya pada tautan dengan klik di sini. Selain mudah digunakan, Qelola juga merupakan jasa resmi sehingga tidak perlu lagi diragukan kredibilitasnya. Dengan layanan ini, uang yang Anda kirimkan dapat langsung digunakan ke pos pengeluaran krusial, sehingga tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Penukaran dan pengiriman ringgit Malaysia pada dasarnya bukanlah transaksi yang rumit. Terlebih dengan kehadiran Qelola, semua akan terasa jauh lebih ringkas dan cepat. Uang yang dikirimkan terjaga nilainya, serta keperluan yang harus dipenuhi juga akan dipastikan selesai sesuai prosedur.

Tags: , , , , ,